Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Snack Makanan Ringan Unik & Begini Cara Menjalankannya

Apakah Anda Tertarik menjalankan Usaha Snack Makanan Ringan yang menguntungkan ini? 

Tenang saja, saya akan bagikan cara memulainya dan juga analisa bisnis snack makanan ringan saat ini. Supaya Anda bisa mempertimbangkan dan memulainya tanpa kesulitan.

Pada saat pademi covid 19, peluang usaha snack makanan ringan menjadi salah satu bisnis paling menguntungkan di saat bisnis lainnya menurun. 

"Ya, snack makanan ringan adalah salah satu makanan favorit semua orang, baik anak-anak , orang dewasa, pria dan wanita semua suka cemilan atau makan-makanan ringan. Sehingga tidak heran kalau usaha snack selalu ramai orderan daripada jualan lainnya.

Mengingat hal tersebut, maka sudah sangat jelas kalau potensi dari bisnis snack makanan ringan ini sangat menjanjikan keuntungan yang besar, dan bukan hanya itu saja.

Bisnis snack makanan ringan termasuk bisnis modal kecil yang mudah di jalankan dan menjanjikan untung yang besar. Sehingga Anda idak perlu bingung tentang cara memulai dan cara pemasarannya.

Anda bisa temukan semua cara memulai usaha snack makanan ringan di sini.

Mungkin Anda sudah sering melihat snack makanan ringan serba 2000ribu atau serba 500ribu, benar begitu? Ya, seperti itu caranya nanti, Anda bisa ikuti cara mereka menjalankan usaha snack makanan ringan serba 2000ribu tersebut.

Yukk cek saja!

Peluang Usaha Snack Makanan Ringan Menguntungkan

Peluang Usaha Snack Makanan Ringan Menguntungkan,bisnis snack kering, bisnis snack kekinian, bisnis snack curah, bisnis snack box, bisnis snack ringan, bisnis snack kiloan, bisnis snack rumahan, bisnis snack kriuk, bisnis snack kemasan, bisnis snack anak sd, bisnis agen snack, bisnis aneka snack, bisnis snack 2000 an, bisnis snack raffi ahmad, usaha aneka snack, analisa bisnis snack, analisa bisnis snack box, bisnis snack box rumahan, bisnis snack berhadiah, bisnis buket snack, usaha snack bal balan, memulai bisnis snack box, bagaimana bisnis snack, bisnis snack sehat, bisnis snack korea, bisnis snack cemilan, bisnis catering snack, usaha snack curah, kursus bisnis snack cemilan, usaha catering snack box, cara bisnis snack, cara bisnis snack rumahan, bisnis snack di rumah, bisnis snack dan kue, bisnis distributor snack, usaha distributor snack, usaha dagang snack, bisnis jualan snack, bisnis snack modal kecil, bisnis snack online, bisnis snack franchise, bisnis snack grosir, peluang bisnis grosir snack, bisnis snack import, ide bisnis snack, ide bisnis snack box, bisnis snack jadul, bisnis snack jogja, bisnis jajanan snack ringan, usaha jualan snack apa yg menguntungkan, usaha jualan snack, usaha jual snack kiloan, usaha jualan snack kiloan, usaha snack kekinian, usaha snack kecil kecilan, ide bisnis snack kekinian, bisnis little snack, usaha snack laris, bisnis snack makanan ringan, bisnis snack murah, bisnis snack makaroni, bisnis makanan snack, bisnis snack yang menjanjikan, usaha makanan snack, usaha membuat snack, memulai bisnis snack, usaha snack nitrogen, nama bisnis snack, cara bisnis snack online, bisnis plan snack, usaha snack pedas, usaha snack pemula, usaha pengemasan snack, contoh bisnis plan snack, peluang bisnis snack kemasan, peluang bisnis snack, peluang bisnis snack kiloan, bisnis snack repacking, usaha snack ringan, usaha snack rumahan modal kecil, bisnis snack serba 2000, bisnis snack surabaya, usaha snack serba 1000, usaha snack seribuan, usaha snack sukses, usaha sampingan snack ringan, bisnis snack ulang tahun, usaha titip snack, usaha toko snack, memulai bisnis toko snack, cara bisnis toko snack, tips bisnis snack, tips bisnis snack kiloan, trik bisnis snack, sukses bisnis snack, bisnis snack unik, bisnis snack ultah, usaha snack unik, usaha snack untuk pemula, usaha snack ultah, snack untuk bisnis, bisnis usaha snack, usaha snack online, bisnis waralaba snack, usaha warung snack, bisnis snack yg menguntungkan, bisnis snack 1000an, usaha snack 2500, bisnis snack 500an, usaha snack 500an.


Usaha Snack adalah salah satu peluang bisnis yang mudah dijalakankan, bisa dimulai dengan modal kecil, jenis bisnis rumahn yang memberikan keuntungan besar serta termasuk bisnis yang memiliki potensi yang sangat besar.

Mengingat banyaknya permintaan akan snack atau cemilan ringan, ini membuktikan kalau usaha ini memiliki potensi yang besar dan menjanjikan. Semua orang suka snack, suka ngemil , tentu ini bisa kita jadikan peluang bisnis yang menguntungkan.

Bukan satu atau dua orang yang sudah membuktikannya, dan dari keberhasilan itu kita semakin yakin kalau bisnis sanack makanan ringan juga memiliki potensi yang besar, walaupun terlihat sepele, tapi bukan berarti ini tidak menggiurkan.

Dari segi keuntungan sudah jelas, karena dengan modal kecil kita bisa untung lebih besar, namun ketika salah dalam melakukan atau memulainya, ini tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan usaha Anda.

....Untuk itu, saya sediakan artikel ini supaya Anda memiliki wawasan atau membuka pikiran Anda tentang cara yang benar dalam memulai dan menjalankan usaha snack makanan ringan rumahan ini. 

Bagaimana cara memulai bisnis snack? Silahkan simak sampai selesai artikel ini.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalankan bisnis snack makanan ringan, dan ini perlu Anda tahu karena memang ini langkah awal ketika Anda menjalani usaha snack cemilan kekinian.

Adapun diantaranya sebagai berikut ini.


  1. Lakukan Riset Jenis Snack Paling Diminati.
  2. Apa saja yang Anda butuhkan
  3. Mencari Distributor snack atau produksi sendiri.
  4. Menentukan Kemasan Snack
  5. Menentukan Harga Jual sNACK
  6. Cara Memasarkan Usaha Snack 


Sedikitnya itu yang perlu Anda ketahui, karena dari situ Anda bisa memulai usaha jualan snack dan bisa mendapatkan hasil yang lebih besar dari usaha Anda tersebut.

Memang masih banyak lagi, dan beberapa hal diatas hanya bagian terpenting kalau Anda ingin memulai usaha snack makanan ringan kecil-kecilan.

Anda tidak perlu memikirkan atau langsung membangun sebuah perusahaan yang besar, awali dengan usaha rumahan dulu. 

Karena memang, perusahaan yang besar pun berawal dari usaha kecil-kecilan, namun seiring dengan perkembangan, usaha tersebut semakin maju hingga pada akhirnya besar dan memberikan pemasukan yang lebih besar serta bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Dari beberapa hal diatas terkait usaha jualan snack makanan ringan, akan saya jelaskan lebih mendalam di bawah. Biar Anda bisa memahami bagaimana cara menjalankan bisnis jualan snack sehat yang bisa memberikan untung yang besar.

1. Lakukan Riset SNACK paling laris.

Anda harus tahu jenis snack apa yang banyak disukai orang atau jenis snack kekinian yang mungkin sedang ramai dan populer. Hal ini akan membuat usaha Anda tumbuh dengan cepat, karena dari sini awal kesuksesan dimualai.

Anda bisa menciptakan inovasi terbaru terkait snack atau cemilan kekinian, misalnya jenis snack sama , sama-sama terbuat dari ubi, namun buat lebih unik dengan menambahkan rasa tertentu, atau bumbu ternentu dan mungkin cara pngolahannya yang berbeda.

Keunikan ini akan menarik perhatian masyarat dan membuat mereka penasaran dengan makanan ringan yang Anda jual, ketika snack Anda mulai di terima oleh masyarakat karena rasanya atau lebih enak, maka siap-siap bisnis snack Anda mendadak besar.

Enaknya usaha snack atau kuliner, itu sekali populer namanya. Usaha tersebut dalam seketika akan besar dengan sendirinya. 

Karena memang, ada hal yang menarik yang membuat usaha tersebut cepat besar, yaitu berawal dari 1 pelanggan yang puas atau suka, maka mulut pelanggan tersebut akan terus berbicara untuk kita, dan dari promosi mulut-kemulut itulah, usaha kita cepat basar.

Dan di tambah adanya sosmed, maka perkembangan usaha snack Anda 10 kali lebih cepat dari yang kita duga, yang penting tahu cara melalukan pemasaran online untuk melipatgandakan penghasilan.

Cari tahu jenis snack paling laris saat ini, lakukan riset mengunakan social media atau terjun langusng ke lapangan.

Kabar Baiknya! Saya sudah menemukan jenis snack makanan ringan yang banyak peminatnya, dan di bawah ini diantaranya.

# Makaroni Kekinian

usaha snack rumahan, usaha snack serba 1000, usaha snack kiloan, usaha snack 500an, usaha snack kekinian, usaha snack box, usaha snack box rumahan, usaha snack kering, usaha agen snack, usaha aneka snack, usaha jualan snack apa yg menguntungkan, usaha snack 2000 an, peluang usaha aneka snack, usaha jajanan anak snack, modal usaha snack 2000 an, analisa usaha snack ringan, usaha snack bal balan, usaha buket snack, usaha catering snack box, proposal usaha snack box, peluang usaha snack box, cara usaha snack box, usaha snack curah, usaha snack camilan, usaha repacking snack curah, peluang usaha snack curah, analisa usaha snack curah, cara usaha snack kemasan, contoh usaha snack rumahan, usaha distributor snack, usaha dagang snack, peluang usaha snack kering dalam kemasan, usaha snack modal kecil, usaha snack online, usaha snack kemasan, usaha grosir snack, analisa usaha grosir snack, usaha snack import, ide usaha snack rumahan, ide usaha snack kemasan, ide usaha snack, izin usaha snack, usaha jualan snack, usaha jual snack kiloan, usaha jualan snack kiloan, usaha jual snack, peluang usaha jual snack, usaha sampingan jualan snack, contoh usaha jualan snack, usaha snack kecil kecilan, usaha snack kriuk, modal usaha snack kiloan, peluang usaha snack kemasan, memulai usaha snack kiloan, usaha snack laris, usaha snack makanan ringan, usaha snack makaroni, usaha makanan snack, usaha membuat snack, usaha snack rumahan modal kecil, proposal usaha makanan snack, modal usaha snack nitrogen, usaha snack nitrogen, nama usaha snack unik, nama usaha snack, usaha snack pedas, usaha snack pemula, usaha pengemasan snack, peluang usaha snack, peluang usaha snack kiloan, proposal usaha snack, usaha snack ringan, usaha snack repacking, usaha rumahan snack kering, usaha snack serba 2000, usaha snack sehat, usaha snack sukses, usaha snack seribuan, usaha sampingan snack ringan, usaha sampingan snack, usaha sampingan snack kemasan, usaha titip snack, usaha toko snack, modal usaha toko snack, bikin usaha toko snack, tips usaha snack kiloan, tips usaha snack box, usaha snack unik, usaha snack untuk pemula, usaha snack ultah, usaha kemas ulang snack, snack untuk usaha rumahan, usaha warung snack, usaha snack yang menjanjikan, usaha snack 1000an, usaha snack 2500,

Saya yakin Anda tahu makaroni, nah ini salah satu snack makanan ringan yang bisa Anda jual, makaroni ini tersedia berbagai jenis rasa, mulai rasa pedas, asin dan manis juga tersedia.

Selain jenis snack paling laris, makaroni juga mudah kita temukan dan Anda bisa membuat atau memproduksi sendiri. 

Contohnya, beli makaroni mentah belum ada rasa secara kiloan. Anda bisa menggorengnya sendiri dan di bumbuni, lalu di kemas, sangat simple, mudah dan murah, tapi untungnya sangat besar.

"Yang penting unik dan menarik serta rasanya khas, walaupun sama jenisnya. Tetap saja, bisnis snack Anda bisa sukses seperti yang lainnya.

# POP Corn / Berondong

cemilan kekinian,bisnis snack kering, bisnis snack kekinian, bisnis snack curah, bisnis snack box, bisnis snack ringan, bisnis snack kiloan, bisnis snack rumahan, bisnis snack makanan ringan, bisnis snack kemasan, bisnis snack anak sd, bisnis agen snack, bisnis aneka snack, bisnis snack 2000 an, bisnis snack raffi ahmad, usaha aneka snack, analisa bisnis snack, analisa bisnis snack box, bisnis snack box rumahan, bisnis snack berhadiah, bisnis buket snack, usaha snack bal balan, memulai bisnis snack box, bagaimana bisnis snack, bisnis snack sehat, bisnis snack kriuk, bisnis snack korea, bisnis snack cemilan, bisnis catering snack, usaha snack curah, kursus bisnis snack cemilan, usaha catering snack box, cara bisnis snack, cara bisnis snack rumahan, bisnis snack di rumah, bisnis snack dan kue, bisnis distributor snack, usaha distributor snack, usaha dagang snack, bisnis jualan snack, bisnis snack modal kecil, bisnis snack online, bisnis snack franchise, bisnis snack grosir, peluang bisnis grosir snack, bisnis snack import, ide bisnis snack, ide bisnis snack box, bisnis snack jadul, bisnis snack jogja, bisnis jajanan snack ringan, usaha jualan snack apa yg menguntungkan, usaha jualan snack, usaha jual snack kiloan, usaha jualan snack kiloan, usaha snack kekinian, usaha snack kecil kecilan, ide bisnis snack kekinian, bisnis little snack, usaha snack laris, bisnis snack murah, bisnis snack makaroni, bisnis makanan snack, bisnis snack yang menjanjikan, usaha makanan snack, usaha membuat snack, memulai bisnis snack, usaha snack nitrogen, nama bisnis snack, cara bisnis snack online, bisnis plan snack, usaha snack pedas, usaha snack pemula, usaha pengemasan snack, contoh bisnis plan snack, peluang bisnis snack kemasan, peluang bisnis snack, peluang bisnis snack kiloan, bisnis snack repacking, usaha snack ringan, usaha snack rumahan modal kecil, bisnis snack serba 2000, bisnis snack surabaya, usaha snack serba 1000, usaha snack seribuan, usaha snack sukses, usaha sampingan snack ringan, bisnis snack ulang tahun, usaha titip snack, usaha toko snack, memulai bisnis toko snack, cara bisnis toko snack, tips bisnis snack, tips bisnis snack kiloan, trik bisnis snack, sukses bisnis snack, bisnis snack unik, bisnis snack ultah, usaha snack unik, usaha snack untuk pemula, usaha snack ultah, snack untuk bisnis, bisnis usaha snack, usaha snack online, bisnis waralaba snack, usaha warung snack, bisnis snack yg menguntungkan, bisnis snack 1000an, usaha snack 2500, bisnis snack 500an, usaha snack 500an

Makanan ringan yang terbuat dari jagung kering ini sangat digemari dan menjadi pilihan ngemil bagi para anak mudah, selain mudah dalam prosesnya keuntungan dari jualan snack makanan riingan ini lebih besar.

Anda bisa manfaatkan jenis snack ini untuk memulai usaha Anda, sangat simple dan mudah buatnya. Jika bingung, Anda bis cari resep popcorn ini di cookpad, Ada berbagai jenis resep cemilan yang terbuat dari jagung yang bisa Anda manfaatkan untuk peluang usaha.

Dalam pengemasan pun cukup mudah, Anda bisa gunakan botol plastik lalu di press dengan mesin press, maka Anda siap memasarakannya. Anda bisa tentukan harga jualnya, bisa 2000ribu atau 5000 ribu sesuai dengan ukurannya.

Anda bisa menambahkan nama dalam kemasan, misalnya nama usaha Anda. Supaya usaha Anda terlihat profesional dan berbeda dengan yang lainnya. 

Anda bisa berkreasi sendiri dalam menghadirkan snack makanan ringan, karena dari 2 jenis snack kekinian tersebut kita bisa buat lebih menarik dan unik.

# Aneka kueh kering

bisnis snack


Anda ingin jualan snack makanan ringan, bisa membuat kueh kering sendiri? Jika bisa, kenapa tidak buat kueh kering sendiri untuk di jual. Keuntungan dari jualan kueh kering ini sangat besar lho, bukan hanya saat lebaran saja, karena ini juga termasuk makanan yang memang di butuhkan setiap saat.

Anda bisa coba buat kueh kering, lalu posting di sosmed, saya yakin akan ada banyak yang mengira Anda jualan kueh dan tanya berapa harganya, karena memang saat ini sosmed itu sudah layaknya pasar.

Kalau begitu, kenapa tidak jualan benaran saja? 

Setelah cari tahu, ternyata kueh kering juga termasuk makanan ringan kekinian yang banyak diminati lho, jadi bukan tidak mungkin kalau usaha Anda akan cepat berkembang nantinya kalau ada aneka kueh kering juga.

# Aneka kripik kriuk

bisnis snack makanan ringan

Ada berbagai jenis kripik kriuk makanan ringan untuk cemilan, dan ini bisa anda manfaatkan satu masukan daftar produk Anda ketika memulai usaha jualan makanan ringan. 

Bisa Anda buat sendiri, atau mencari distributor snack makanan ringan, namun jika ingin produksi sendiri lebih bagus, sehingga kita tahu makanan tersebut sehat atau tidaknya karena kita sendiri yang membuatnya.

Jenis kripik ini banyak dipilih sebagai teman nonton tv, teman online dan lainnya. Sehingga tidak heran kalau jenis kripik menjadi pilihan yang tepat untuk Anda ketika membuka usaha jualan snack makanan ringan.

Siapkan kemasan yang unik dan menarik dan buat invovasi terbaru untuk snack Anda, supaya terlihat unik, menarik dan beda dengan yang lainnya. Karena ini cara kita menarik perhatian pembeli, baik secara online maupun offline.

Lanjut membaca!

2. Apa yang di perlukan untuk memulai usaha snack makanan ringan?

Dalam menjalani usaha, hal utama yang perlu kita lakukan yaitu membuat perencanaan yang matang dan baik pada saat menentukan produk, pemasaran dan lainnya. Karena gagal dalam membuat perencanaan, sama artinya Anda sendiri yang merencanakan kegagalan.

Apa saja yang dibutukan untuk memulai usaha snack makanan ringan

Berikut ini diantaranya.

  • Membuat Brand Sendiri.
  • Kemasan Snack
  • Mesin Press Snack
  • Lokasi/Ruko ( ini tidak di perlukan kalau cara pemasarannya lewat online atau sistem titip )
  • Dll.


Anda bisa sesuaikan dengan modal yang Anda punya, memang usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar dan banyak juga yang melakukannya hanya dengan modal kecil, dan ini juga termasuk peluang usaha modal 200 ribu, karena memang usaha ini bisa kita jalani dengan modal minim.

Tapi, kalau memang modal yang Anda punya lebih dari itu lebih bagus, artinya Anda bisa membuat usaha yang lebih dari itu. 

Bisa membeli mesin press, langsung produksi sendiri, membuat kemasan sendiri dengan merek atau brand dan bisa digunakan untuk operasional pemasaran.

Brand adalah nama dari sebuah usaha atau produk, jadi dengan nama tersebut. Usaha atau produk kita menjadi beda dengan yang lainnya, ketika nama usaha atau produk kita dikenal luas dikalangan tertentu atau secara keseluruhan, maka apapun yang kita jual, kita tawarkan dan berapa pun harganya, akan banyak pembeli juga.

Oleh karena itu, saran saya buatlah sebuah nama yang unik dan mencerminkan usaha Anda tersebut. Karena ini sangat penting, coba kalau hanya makaroni. Pembeli akan bingung dan kesulitan menemukan jualan Anda, karena yang jual makaroni itu banyak sekali.

Baca juga: Cara Dapat Uang 500ribu Sehari

3. Mencari Distributor Atau Produksi Snack Sendiri.

Ada kekurangan dan kelebihan masing masing dari 2 pilihan tersebut. 

Ketika Anda ingin memulai usaha makanan ringan rumahan, Anda punya modal kecil dan tidak memungkinkan untuk produksi sendiri. Maka, bekerjasama dengan distributor snack kiloan salah satu pilihan yang tepat.

Anda bisa langsung menjual tanpa harus membuatnya sendiri dan tanpa harus modal yang besar. 

Ada tapinya...

Anda tidak bisa mengetahui kualitasnya, karena memang Anda tidak tahu cara membuatnya. Sehingga dalam segi keamanan, kita tidak tahu. Dalam hal ini, memang mudah menemukannya, tapi kita harus hati-hati juga dalam memilih dstributor, karena banyak sekali jenis snack makanan ringan curah dengan cara produksi yang tidak sehat, bahkan ada yang proses pengemasannya di injak-injak.

Kalau begitu, itu tidak layak untuk di konsumsi dikarenakan tidak sehat.

Kekurangannya seperti itu, beda dengan produksi snack makanan ringan sendiri. Kita bisa tahu dan bisa memberikan snack yang berkualitas, serta layak untuk di konsumsi. 

"Namun, ketika modal kita sedikit. Maka, kita akan kesulitan dalam mengatur modalnya dan sulit memulai usaha dengan produksi sendiri.

Tapi, tidak ada salahnya Anda coba buat sendiri, jika memang tidak banyak modal, Anda bisa memulainya dengan kemasan plastik polos dan untuk mengantikan mesin press, Anda bisa gunakan strepless untuk menutup bagian ujung plastik yang sudah di isi snack.


4. Menentukan Kemasan Snack.

Keunikan dari kemasan memang salah satu hal yang sangat penting, karena ini bisa meningkatkan daya tarik pembeli. Semakin unik dan menarik, semakin pembeli penasaran dan tertarik untuk membelinya.

Anda bisa pilih jenis atau model kemasan snack sesuai dengan modal Anda.

"Dalam hal ini, Anda bisa menentukannya sendiri, mau seperti apa kemasannya atau modelnya".

Anda tinggal membeli kepada perusahaan cetak kemasan produk

...Memang, ini membutuhkan biaya yang besar. Tapi, ini akan membuat usaha Anda lebih profesional dan menarik.

Bagi yang memang modal minim, maka gunakan plastik polos dan membuat logo tempel atau striker saja sudah cukup. Dan jika modalnya terbatas, bisa dimulai dengan plastik polos saja.

"Yang penting snack Anda ke-higenisannya tetap terjaga serta memiliki citra rasa tersendiri atau beda dengan yang lainnya.


5. Menentukan Harga Jual Snack

Ada tipe pembeli yang melihat harga dari banyaknya snack, ada juga yang menilah harga dari nikmat dan lezatnya makanan ringan tersebut. 

Dan ini bisa kita sesuaikan harganya, Anda bisa memberikan harga yang bervariasi mulai snack serba 2ribu , snack serba 5ribu dan anack serba 10ribu.

Hal tersebud dilakukan untuk menyesuaikan dengan keinginan konsumen, karena seperti yang saya sebutkan bahwa tidak semua orang sama dan tipe pembeli juga berbeda-beda.

"Tapi berapapun harganya, kalau memang brand Anda sudah besar dan memiliki nama yang baik, maka masalah harga sudah menjadi no 2, dan pembeli lebih mengutamakan kualitasnya".

Anda harus menentukan harga yang pas, supaya jualan Anda cepat laku serta bisa memberikan keuntungan yang lebih juga. Karena kalau kita salah dalam menentukan harga, maka kita juga akan kesulitan mendapatkan pembeli.


Baca juga: Cara Memberikan Promo Yang Evektif


6. Cara Memasarkan Snack Makanan Ringan

Dalam pemasaran, ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan supaya produk kita bisa mendapatkan pembeli dan ada 2 cara yang bisa Ada lakukan ketika ingin menjual snack makanan ringan yaitu dengan cara Offline dan online.

Berikut ini diantaranya sebagai berikut, silahkan praktekan ketika Anda ingin mendapatkan pembeli dengan cepat.


  1. Pemasaran Sistem Titip (Offline)
  2. Pemasaran Mengunakan Facebook
  3. Pemasaran Mengunakan Instagram
  4. Pemasaran Mengunakan Blog/website
  5. Pemasaran Menggunakan MarketPlace

Setidaknya ada 5 cara yang bisa Anda lakukan dalam menjual snack makanan ringan Anda. Dan di bawah ini penjelasan beserta cara kerjanya, silahkan di simak dan di lakukan segera.


# Pemasaran Sistem Titip (Offline)

Membuka toko sendiri akan membutuhkan biaya yang lebih besar dan apablia modal usaha Anda kecil, maka ini tidak bisa berjalan kalau harus membuka toko sendiri, selain itu butuh biaya untuk membuat toko tersebut di ketahui banyak orang.

Untuk itu, kami berikan solusi terbaiknya dalam menjual snack makanan ringan Anda dan salah satunya yaitu pemasaran dengan sistem titip ke toko orang lain.

Sistem titip merupakan salah satu cara menjual yang lebih cepat menghasilkan penjualan secara offline. Karena memang, dengan ini kita tidak perlu bersusah payah untuk mencari dan menemukan pembeli, karena pembeli akan menemukan snack yang kita jual.

Bagaimana cara kerjanya? 

Cukup Anda bekerja sama dengan pemilik toko atau surpermarket, dan menitipkan snack makanan ringan Anda di toko-toko atau mini market sebut, jelaskan pada pemiliki toko terkait penghasilan yang akan di dapat ketika ada penjualan.

Misalnya harga 500ribu/ pcs, pemilik toko akan mendapatkan 1000/pcs yang terjual, ini sudah cukup menguntungkan bagi pemilik toko, karena merasa tidak perlu punya produk dan hanya meletakan snack tersebut di tokonya. Jikapun tidak ada pembeli, toko tidak akan merasa rugi.

Anda bisa mencari toko atau mini market yang memang memiliki banyak pelanggan dan banyak pembeli, dengan begitu peluang untuk mendapatkan penjualan yang besar semakin tinggi.

Anda tinggal mengontrol setiap hari atau 3 hari sekali, dan menambah snack yang sudah habis atau mengantinya yang baru.

Cara ini sudah cukup sering dilakukan, karena memang ini sangat meguntungkan dan Anda bisa memperluas jangkauan saja, misalnya mengajak toko lebih banyak lagi untuk di titipi snack Anda tersebut. 

"Jika Anda konsisten, maka usaha snack Anda bisa berkembang dengan baik dan bisa menghasilkan laba yang besar untuk Anda.

# Pemasaran Mengunakan Facebook

Kita tahu, bahwa social media yang satu ini adalah salah satu platfrom yang  paling banyak digunakan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tahu facebook. 

Adanya facebook ini, bisa kita manfaatkan sebagai media pemasaran online untuk menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai daerah dalam waktu yang relatif singkat dan dengan biaya yang lebih hemat.

Bisnis snack makanan ringan Anda akan mendapatkan banyak pembeli apabila Anda bisa melakukan pemasaran di sosmed dengan sebaik mungkin. 

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan, seperti mengunakan facebook ads dan juga secara alami tanpa iklan.

"Namun, saya menyarankan Anda untuk mengunakan facebook ads juga untuk mencari pelanggan, karena  dengan menggunakan iklan berbayar dari facebook. 

Kita bisa mendapatkan orang-orang tertarget yang memang suka dengan cemilan atau snack makanan ringan yang kita jual.

Selain bisa menargetkan konsumen, kita juga bisa menghemat waktu serta biaya pemasaran. Karena kalau secara manual, tentu waktu kita hanya habis untuk melakukan berbagai aktifitas di facebook saja.

Beriklan di facebook itu mudah, jadi Anda bisa membuat serta mensetting sendiri.

Tapi, alangkah baiknya sebelum beriklan Anda tahu tentang cara membuat iklan facebook yang menarik untuk mendapatkan hasil yang maksimal, di blog ini sudah banyak sekali saya bahas terkait hal tersebut, silahkan baca-baca saja.


Baca juga: Rahasia Membuat CopyWiriting Iklan Facebook Yang Menjual


# Pemasaran Mengunakan Instagram

Salah satu sosmed yang sangat tepat untuk jualan snack makanan ringan Anda, disana Anda bisa meningkatkan branding produk dengan muda dan dengan cara-cara tertentu, selain itu Anda bisa menemukan calon pembeli dengan mudah pula.

Anda bisa membuat akun sosmed di instagram, dan menawarkan jualan Anda di akaun tersebut. Apakah semudah itu? Tentu tidak, Anda harus bisa mendapatkan followers supaya akun Anda mendapatkan perhatian lebih dari para konsumen Anda.

Sedikit followers apakah tidak mungkin terjadi penjualan? Tidak begitu juga, asal Anda tahu tentang cara mengunakan instagram untuk jualan, maka Anda akan mendapatkan penjualan yang lebih baik dengan memanfaatkan instgram.

Di IG tempat ngumpulnya Anak muda, sehingga sangat cocok untuk Anda yang punya snack makanan ringan unik dan kekinian.

Cara melakukan pemasaran di instagram bagaimana mas? Sudah saya sediakan juga artikelnya, jadi bisa Anda pelajari caranya juga.


Silakan baca juga: Cara Sukses Jualan Di Instagram


# Pemasaran Mengunakan Blog/ Web

Salah satu hal yang saya sukai, yaitu membuat blog jualan. Blog yang memang di buat atau dibangun sesuai kebutuhan. Contoh untuk menjual snack makanan ringan, kita juga harus membangun blog tersebut sesuai audiens atau target kita terkait snack.

Anda bisa membuat artikel pemasaran yang berhubungan dengan snack, hobi,kebiasaan yang relevan dengan jualan Anda. Apapun jualan Anda, harus memiliki blog yang relevan dengan jualan Anda.

Misalnya saya menjual hijab, saya juga akan membuat blog tentang tutorial hijab dan begitu juga dengan jualan snack makanan ringan serba 2 ribu atau serba 5ribu.

Proses pembuatan blog memang mudah, simple dan beberapa menit juga sudah jadi. Tapi, mengembangkan blog tersebut yang kadang kalau tidak konsisten, akan merasa jenuh dan bisa berhenti di tengah jalan. 

Anda bisa isi konten yang relevan dengan produk serta mengiklankannya dengan facebook ads.

Hal tersebut saya lakukan juga sampai saat ini dan hasilnya luar biasa sekali. Apapun jualannya bisa dilakuakan dengan cara yang sama, dan hanya mengubah kata kunci atau tema nya saja.

Bagaimana cara membuat blog jualan yang baik? Silakan baca juga: Cara Membuat Blog Jualan Yang Benar.


# Pemasaran Mengunakan MarketPlace


Markeplace adalah pilihan terbaik untuk para seller menawarkan produknya agar lebih mudah mendapatkan pembeli. Adanya marketplace, kini jual beli di Indonesia semakin mudah dan aman.

Anda juga bisa memanfaatkan marketplace untuk meningkatkan penjualan snack makanan ringan jualan Anda. Ada beberapa marketplace, jadi kalau bisa manfaatkan semua marketplace yang ada, baik itu tokopedia, shopee, bukalapak maupun lazada.

Caranya sangat mudah dan simple sekali, tapi bagi yang belum terbiasa merasa bingung .. namun itu hal yang wajar. Untuk itu saya juga sediakan cara jualan di marketplace.

Tapi, untuk saat ini saya hanya membahas shopee dan mungkin selanjutnya yang lainnya juga. Bagaimana cara jualan di shopee, silahkan baca Cara memulai jualan di shopee

Peluang usaha snack makanan ringan menguntungkan serta mudah di jalankan, dengan mengikuti berbagai langkah yang telah saya bahas diatas. Bisnis Snack makanan ringan Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Kesimpulannya: Anda bisa memulai usaha snack makanan ringan dengan modal kecil dan lakukan pemasaran online untuk meningkatkan penjualan, kreatif sangat di butuhkan untuk membuat usaha Anda lebih menarik, baik kreatif dalam menciptakan produk snack, maupun kreatif dalam melakukan pemasaran. 

Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar artikel ini yah.