Jangan Asal Buat! Lakukan 8 Strategi Yang Benar Membangun Blog Untuk Jualan

Membangun sebuah blog jualan memang ini salah satu cara tepat untuk menjual produk maupun jasa yang perlu Anda lakukan.

Namu, tanpa di dasari dengan pengetahuan atau sebuah pengalaman serta studi kasus, maka Anda akan sulit membangun blog yang bisa menjual produk atau jasa yang Anda miliki. 

Anda akan menemukan cara menjual produk maupun jasa dengan blog, yang pasti dapat meningkatkan penjualan produk Anda hanya dengan mengandalkan blog yang Anda kelola.

Dalam pembuatan sebuah blog untuk penjualan, Anda harus tahu beberapa hal untuk meningkatkan penjualan dengan blog Anda tersebut. Semua memang tidak instan, tapi hasilnya akan lebih baik ketika blog jualan kita sudah memiliki reputasi yang baik, baik dimata para pengguna maupun dimata search engine.

cara membuat blog untuk jualan


Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh, ketika menjual sesuatu melalui blog atau membuat blog untuk menjual sesuatu. 

Dan berikut ini diantaranya...

Keuntungan Menjual Produk Dengan Blog:


  1. Tanpa promosi berbayar, penjualan bisa meningkat drastis.
  2. Meningkatkan kepercayaan & kedibilitas bisnis Anda.
  3. Dapat meningkatkan brand produk.
  4. Dapat menentukan target market, layaknya beriklan di google ads.
  5. Jangkauan luas & kita dapat mengedukasi market dengan blog tersebut.
  6. Konsumen akan lebih akrab dan dekat dengan kita, melalui komentar, yang mana ini akan meningkatkan kredibilitas blog kita di mata pengguna maupun search engine dan berdampak baik untuk blog jualan kita.
  7. Mendapatkan pembeli yang royal , namun ini tergantung produk atau jasa yang kita jual.
  8. Dan masih banyak lagi lainnya.
Beberapa keuntungan jualan di blog yang saya sebutkan bisa Anda rasakan sendiri, kalau Anda sudah benar-benar merasakan hasil dari jualan dengan blog. Membuat blog untuk memasarkan produk adalah salah satu cara jualan online yang memang sangat evektif dan sudah seharusnya kita lakukan untuk meningkatkan penjualan online terkait produk maupun jasa yang kita jual.

Bagi pemula tentu akan sangat bingung untuk membuat blog jualan, oleh karena itu saya akan bagikan untuk Anda yang memang membutuhkan informasi ini.


Strategi Cara Membangun Blog Untuk Meningkatkan Penjualan Secara Online

Daftar Isi Artikel
1. Pilih Nama Domain YANG Mencerminkan Produk/Jasa Anda.
2. Buat Konten Atau Artikel Yang Relevan Dengan Produk
3. Suguhkan Konten Berkualitas
4. Desain Blog Profesional & Tata Letak Yang Simple
5. Buat Halaman Khusus Produk
6. Bangun Kedekatan Anda Dengan Pengunjung atau Konsumen Anda.
7. Optimasi Blog Agar SEO Friendly.
8. Konsisten & Fokus Pada Tujuan

Saya tidak mengajarkan tentang cara membuat blog disini, karena memang membuat blog itu bukan hal yang sulit. Karena dalam hitungan menit, Anda juga bisa membuat sebuah yang keren dan menarik. Dan jika memang benar-benar belum bisa, Anda bisa mencari tutorialnya membuat sebuah blog atau mengunakan jasa pembuatan blog dan tinggal pakai. 

 Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana, langkah-langkah membangun sebuah blog yang dapat kita jadikan sarana pemasaran online untuk meningkatkan omzet penjualan produk maupun jasa Anda secara online, bisa ratusan bahkan jutaan rupiah perhari hanya dengan membangun sebuah blog jualan.

1.
Pilih Nama Domain YANG Mencerminkan Produk/Jasa Anda.

Anda tahu domain? Domain adalah URL atau sebuah alamat situ yang kita gunakan supaya penguna internet dapat menemukan blog kita dan mengaksesnya secara online. 

Jika Anda membuat domain, pastikan domain yang Anda buat atau beli itu harus mencerminkan apa yang Anda jual. Atau bisa juga dengan nama branding produk yang ingin Anda tawarkan di blog Anda tersebut.

Selain domain yang mencerminkan produk dan layanan Anda, pastikan nama domain yang Anda buat dan beli juga mudah di ingat. Gunakan nama yang memang mudah di ingat, karena orang akan lupa dengan blog Anda kalau memang nama url domain Anda mengunakan kata yanga membingungkan dan sulit di ingat.

2.
Buat Konten Atau Artikel Yang Relevan Dengan Produk

Anda ingin jualan di blog, kami sangat menyarankan Anda untuk mempublikasikan artikel-artikel yang memang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Contoh saya menjual produk kesehatan, tentu konten yang saya butuhkan juga konten yang memang bermanfaat untuk mereka yang sedang membutuhkan saran-saran terkait kesehatan. Bukan begitu?? 

.... Itu hanya contoh, misalnya Anda menjual jasa renovasi rumah, blog Anda baiknya juga membahas tentang tips-tips seputar desain rumah. 

Karena dengan adanya konten-konten yang relevan, ini akan mendatangkan pengunjung yang tertarget juga. Jika pengunjung yang datang memang sedang mencari solusi terkait masalah renovasi rumah, maka bisa saja mereka mengunakan jasa yang Anda tawarkan di blog tersebut. 

 Blog Anda harus mencerminkan keahlian Anda dalam bidang tertentu sesuai jasa dan produk yang Anda tawarkan di dalam blog tersebut, ini dilakukan untuk mendapatkan pengunjung yang tertarget, karena dengan artikel yang di publikasikan ini, akan mengundang pengunjung. 

Dan jika Anda mempublikasikan artikel yang diluar tema, maka pengunjung yang datang ke blog bukan pengunjung yang meniat dengan produk Anda, jadi wajar kalau ada blog jualan trafik banyak tapi tidak ada sale yang terjadi atau minim penjualan.

Saya kasih contoh, saya punya produk untuk promil. Namun, saya membuat artikel tentang kehamilan atau membahas tentang ibu hamil atau pareting. Tentu, penjualan dari blog tersebut sangat minim karena orang yang datang itu rata-rata sudah hamil, sedangkan yang kita targetkan orang yang belum hamil dan sedang mencari program hamil

Apakah penjualan akan meningkat di blog tersebut? Tentu tidak, karena kita salah membuat konten yang mana tidak sesuai target market kita.

Nahhh.. itu pentingnya dalam membuat konten yang relevan untuk blog jualan kita. Karena salah dalam membuat konten, maka upaya untuk meningkatkan penjualan jadi sulit dan blog akan sulit mendapatkan penghasilan.

3.
Suguhkan Konten Berkualitas

Pastikan juga konten-konten atau artikel yang Anda upload itu memiliki standar kualitas yang lebih baik dari konten yang sudah ada di internet, dan juga konten yang bisa membantu menyelesaikan masalah mereka dan tentunya masih relevan dengan produknya.
  
Ini tujuannya, supaya para pengunjung akan merasa menemukan apa yang mereka butuhkan. Sehingga mereka mau berlangganan dengan blog Anda dan bisa menjadi pengunjung yang setia blog Anda.
  
Dengan ini, Anda akan mendapatkan kepercayaannya dengan sangat mudah. Apabila kepercayaan terbentuk, maka Anda dapat dengan mudah menawarkan sesuatu yang memang mereka butuhkan. Tanpa ragu dan tidak takut tertipu, karena memang dimata mereka Anda adalah orang yang sangat menginspirasi dan ahli dalam bidang tersebut, jadi kepercayaan itu bisa terbentuk hanya dengan menyuguhkan artikel-artikel yang berkualitas.

4.
Desain Blog Profesional & Tata Letak Yang Simple

Kepercayaan konsumen juga dapat mencul ketika melihat tampilan blog Anda terlihat profesional dan meyakinkan. Karena bisnis yang baik akan di bangun dengan cara yang baik juga , sehingga ini bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap kita terkait layanan yang kita tawarkan di dalam blog tersebut.
  
Tampilan yang terlihat profesional, ini akan membuat pengalaman yang berharga dan mengesankan bagi mereka pengunjung baru yang memang baru tahu blog Anda tersebut.
  
Selain itu, buat tampilan yang responsive atau dapat menyesuaikan dengan gadget yang pengunjung gunakan untuk mengakses blog Anda. Anda bisa pilih tampilan blogger yang seo friendly dan responsive buatan mas sugeng, silahkan kunjungi blog beliau di sugeng.id
  
Tidak perlu banyak widget dalam blog, yang penting blog loadingnya cepat dan mudah di akses, serta memiliki tata letak yang baik. Maka, itu sudah cukup untuk blog jualan Anda.

5.
Buat Halaman Khusus Produk

Jika Anda memiliki satu jenis layanan atau 1 produk tertentu, sebaiknya Anda membuat landing page khusus dalam blog Anda untuk menjelaskan lebih detail terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ini berguna untuk mempermudah para pengunjung dalam menemukan informasi produk atau jasa Anda dan halaman tersebut kita bisa pasang pixel dari fb ads, jadi kalau kita ingin iklan dengan fb ads. Kita bisa dengan mudah menargetkan orang yang benar-benar butuh dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.
  
Buatlah link di setiap halaman menuju halaman produk Anda, bisa memanfatakan bawah artikel untuk memasang banner atau link menuju halaman produk atau jasa Anda. Ini penting untuk Anda lakukan, karena orang akan tahu terkait produk yang kita tawarkan. Jika memang bisa menjadi solusi terbaik untuk mereka, maka mereka akan menghubungi dan membeli produk Anda.

6.
Bangun Kedekatan Anda Dengan Pengunjung atau Konsumen Anda.

Ini yang terkadang sering dilupakan, ini adalah hal sepele yang memang pengaruhnya sangat besar. Namun, terkadang sering kali kita lupakan dikarenakan sibuk melayani konsultasi di wa.

Anda akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari pengunjung baru, ketika Anda bisa membangun kedekatan Anda dengan pengunjung blog. Anda harus punya relationship yang baik pada pengunjung, bisa dengan cara:

  • Membalas setiap pertanyaan di komentar atau setiap kali ada komentar, jawab dengan cepat dan ramah.
  • Membuat sebuah forum atau grup di social media untuk media diskusi khusus para pengunjung.
  • Dan lainnya.

Cara tersebut cukup ampuh dalam meningkatkan kepercayaan, walaupun jualan di blog. Anda tetap bisa menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah per hari. "Ya, tanpa kepercayaan ...orang akan sulit menerima apa yang Anda tawarkan meskipun mereka butuh sekalipun.

7.
Optimasi Blog Agar SEO Friendly.

Blog Anda akan sulit di temukan di mesin pencari kalau blog Anda tidak memiliki kualitas yang baik di mata search engine. Dalam hal ini, Anda harus setidaknya mempelajari tentang SEO. 
  
Nah, seperti yang kita ketahui. Bahwa seo itu ada 2 hal, yaitu seo on page dan seo off page. Secara tidak sadar, apabila Anda melakukan beberapah hal yang saya sarankan diatas, Anda sudah melakukan settingan dasar dari SEO onpage untuk blog Anda, namun belum secara keseluruhan. 
  
Agar artikel dalam blog kita mudah bersaing dalam kata kunci tertentu sesuai target market kita, Anda harus menanam backlink atau tautan balik untuk blog Anda dari situs-situs yang memiliki otoritas yang tinggi atau memiliki kualitas yang baik dan sesuai konten Anda.
  
Anda bisa pelajari ini, tentang cara mencari backlink yang baik dan berkualitas untuk blog Anda. Dalam hal ini, Anda memang tidak boleh asal menanam link. Karena ini bisa berakibat fatal, dan blog Anda bisa kena pinalti google. Artinya, jika kena pinalti. Maka, blog Anda akan hilang dari serp pencarian mesin pencari google dan sulit mendapatkan trafik organik yang tertarget.
  
Ini akan sangat panjang kalau di jelaskan, jadi kalau tidak lupa saya kan jelaskan dalam satu artikel yang membahas tentang cara mencari backlink yang berkualitas yang dapat meningkatkan pencarian blog Anda di serach engine, supaya blog banyak pengunjungnya.

8.
Konsisten & Fokus Pada Tujuan

Membangun dan mengembangkan blog memang tidak bisa dilakukan secar instan atau cepat seperti membuat sebuah blog, karena dalam memangun bisnis yang besar, kita harus siap melakukan apa saja yang bisa membuat bisnis kita berkembang. Namun, tetap dalam jalur yang benar sesuai yang saya sarankan diatas.
  
Kita mungkin pernah mendengar blogger sukses dalam menghasilkan uang dari blognya , entah itu dari adsense atau jualan produk sendiri. Terlihat sangat mudah, karena kita tidak tahu cara apa dan usaha apa saja yang dia lakukan sampai blognya besar dan mengahsilkan.
  
Diawal mereka juga sama, harus membuang banyak waktu tanpa hasil, membuang tenaga dan pikiran tanpa di bayar, intinya berdarah-darah dalam membangun sebuah blog yang sukses. Hanya bermodalkan semangat dan percaya kalau suatu saat blog tersebut bisa membayar semua upaya yang ia lakukan saat ini, hingga pada akhirnya keberhasilan mereka dapatkan dengan konsisten dalam mengelola blognya.
  
Tanpa ketekunan dan konsistensi, maka Anda akan sulit memiliki blog yang besar dan menghasilkan. Karena memang, blog butuh di kelola, dirawat, di bangun, dan di pertahankan, semua itu butuh proses yang panjang. Jika Anda bisa melakukan semua itu, maka saya yakin Anda akan memiliki blog yang dapat menghasilkan uang untuk Anda nantinya.
  
Jangan sesekali memikirkan atau punya pikiran mencari jalan pintas untuk menghasilkan uang dari blog, apalagi dengan melakukan hal-hal yang melanggar syarat ketentuan dalam membangun sebuah blog, seperti melakukan spam, konten copas dan lainnya. 

Pasalnya, hal tesebut akan membuat Anda menjadi orang kehilangan kreatifitas, akal sehat dan juga kehilangan jati diri seorang blogger. Hal tersebut bukan hanya merugikan orang lain, tentunya merugikan diri Anda dan nama blog Anda , karena itu akan membuat Anda tidak lagi di percaya orang lain atau pengunjung blog Anda.
Anda bisa terapkan cara tersebut, kalau memang Anda sudah memiliki produk atau jasa sendiri. Namun, jika belum memiliki produk atau jasa sendiri. Anda bisa memanfaatkan produk orang lain untuk Anda jual di blog dan kami juga menyediakan produk yang siap Anda pasarkan dengan sistem dropship. 

Tentunya, produk yang akan Anda pasarkan adalah produk terbaik hasil riset serta memiliki target market yang sangat baik dan terbukti bisa menghasilkan dan memiliki prospek yang sangat cerah, silahkan hubungi kami atau lihat di bagian dopship di foter blog ini.