6 pengusaha Makanan Internasional Yang Menginspirasi

Deretan pengusaha makanan Internasional yang menginspirasi ini bisa jadi teladan bagi kita semua, bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk bisa di raih, jika dilakukan dengan sepenuh hati dan totalitas.

Karena 6 pengusaha makanan internasional yang menginspirasi ini telah membuktikan bahwa meraka bisa sukses bahkan hingga ke negeri asing, berkat keberanian, kerja keras , dan juga pantang menyerah dalam mengembangkan usaha hingga sukses.

Pengusaha makanan internasional yang menginspirasi ini juga membuktikan bahwa anak Indonesia tak kalah dengan anak dari negara manapun, asalkan mau belajar dan mau bekerja keras dan cerdas, maka pasti bisa meraih kesuksesan di bidang usaha yang mereka geluti.

Saiapa saja pengusaha makanan internasional tersebut? Yuk kita intip sama sama

Pengusaha Makanan Internasional Yang Menginspirasi

1. Chef Widjiono Purnomo

Merupakan chef yang lebih dikenal dengan nama Chef Yonu, seorang pengusaha kuliner Indonesia yang sukses mengembangkan restoran di negeri paman sam amerika serikat.

Nama restoran beliau adalah Yono’s Restaurant, yang menyediakan berbagai makan malam dengan menu ala masakan yang ada di negeri nusantara Indonesia.

Yang paling menginspirasi dari beliau adalah, memulai karier sebagai chef dari nol dan belajar secara otodidak dari buku buku masakan dan juga seminar sebelum akhirnya bisa belajar dari beberapa chef di amerika, setelah di bergabung dengan beberapa organisasi di bidang kuliner dan juga bekerja di beberapa restoran sampai akhirnya sampai saat ini sudah memiliki 2 restoran di amerika.

Wow. Keren banget ya Chef Yono ini.

2. Asnun Bahar

Pengusaha makanan internasional yang menginspirasi selanjutnya adalah bapak Asnun Bahar. Yang walaupun tidak ada basic kuliner bisa sukses membangun restoran rendang & co di oklahoma, amerika serikat.

Yang menarik dari kisah pk Asnun Bahar ini, beliau pada awalnya adalah karyawan yang bekerja di perusahaan minyak di luar negeri sebelum akhirnya menjadi konsultan perminyakan yang berkelana berkeliling dunia.

Sampai akhirnya tercetus ide dari istri beliau untuk membawa bumbu masakan padang untuk di pasarkan di amerika. Maka mulailah mencoba menjual bumbu rendang dan masakan padang secra online disana dan ternyata bumbu tersebut laris manis di amerika.

Dari situ pak Asnun Bahar memutuskan untuk membuat restoran rendang & co yang sekarang menjadi salah satu restoran favorit disana.

3. Robert Manan

Robert Manan merupakan pemilik restoran WIN (Wonderful Indonesia ) yang merupakan Indonesian fine dining restaurant yang pertama yang ada di Georgia, amerika serikat.

Yang mana pada saat pendiriannya, usaha restoran beliau ini didukung langsung oleh pemerintah setempat dan tokoh masyarakat disana, sehingga usaha beliau bisa berkembang hingga sekarang.

Kunci suksesnya adalah beliau menyajikan menu khas Indonesia yang sudah di sesuaikan dengan lindah orang setempat, sehingga dapat di terima oleh konsumen disana, namun tetap tidak menghilangkan dan mempertahankan citra rasa nusantara di setiap masakannya.

4. Firdaus Bustaman

Yang patut di contoh dari seorang Firdaus Bustaman ini adalah beliau berani memulai membuka Warung Padang London, meskipun sebenarnya di inggris masakan indonesia belum sepopuler masakan china dan tahiland.

Namun karena semangat ingn memperkenalkan masakan indonesia disana, beliau berani memulai dan memberi nama restoran beliau dengan nama 'Warung Padang" agar bisa lebih terkesan indonesia banget.

Dan benar saja, meskipun berat pada awalnya, berkat promosi dari mulut ke mulat dan juga mempromosikan melalui media sosial serta menjaga kualitas yang baik akhirnya kini Warung Padang London selalu ramai di buru pembeli bahkan sampai ada yang tidak kebagian tempat duduk.

Dari sini kita bisa belajar, bahwa tidak ada yang tidak mungkin dalam bisnis, asalkan dikelola dengan baik dan secara profesional maka dimanpaun kita bisa menjadi seorang pengusaha yang sukes.

5. Pinondang Sinaga


Pk Pinondan Sinaga merupakan pemilik Pino's Warung yang beralamatkan di Unit 2, Italian Alley, The Stables Market, Chalk Farm Rd, Chalk Farm, London NW1 8AH, United Kingdom. yang mengusung indonesian street food dengna menu menu andalan seperti sate, ayam geprek, gado gado, siomay dan pempek.

Meskipun sempat kewalahan pada saat dihantam pandemi, dan sulitnya mengurus izin dari awal awal hendak membuka usaha restoran beliau. Namun saat ini Pino's warung sudah cukup dikenal disana, dan menjadi salah satu pilihan kuliner yang cukup digemari.

Ini membuktikan bahwa masakan indonesia bisa mendunia bila dikelola secara baik dan benar dan juga dengan pelayan yang maksimal pula.

6. Zukni Legowo


Selanjutnya pengusaha kuliner sukses yang tak kalah menginspirasi adalah pk Zukni Legowo yang sukes mebangun Triple Hot Spicy Cafe dilondon. Dengan menu andalan rendang dan bakso pk zukni legowo sukses menjadikan Triple Hot Spicy menjadi salah satu pilihan kuliner bagi masyakat london.

Meskipun sempa mengalami beberapa rintangan, terutama sempat tutup  pada saat harus lock down ketika virus covid 19 sedang meraja lela. Namun beliau tetap tak patah arang dalam mengembangkan bisnisnya.

Dan hingga sekarang bisnis kuliner miliknya tetap eksis dan selalu ramai dikunjungi baik itu oleh turis dari indonesia yang sedang bekunjung ke london ataupun masyarakat setempat yang penasaran dengan masakan indonesia.

Demikianlah beberapa contoh pengusaha makanan internasional yang menginspirasi, semoga bisa kita jadikan contoh untuk mulai mengembangkan usaha dengan penuh semangat. Baca juga : Tips menjadi pengusaha sukses