Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Rahasia Membuat Web "LANDING PAGE" Agar Jualan Laris Manis

Maksimalkan penjualan produk Anda secara online dengan menggunakan "Landing Page", ini akan membuat penawaran Anda lebih maksimal daripada hanya sekedar membuat status di akun social media Anda.

Halaman penjualan atau yang sering kita sebut-sebut dengan nama Landing Page ini, memiliki banyak sekali manfaat untuk kita, terkait soal penjualan. Menjual dengan menggunakan Landing Page, ini akan meningkatkan konfrensi penjualan lebih tinggi.

Anda mungkin sering melihat iklan di sosmed dan apabila di klik itu mengarah ke sebuah website, dimana website tersebut hanya berisi 1 halaman yang menjelaskan tentang produknya dan menawarkan produk yang mereka jual.

Itu yang di sebut Landing Page atau halaman web penjualan.


Tips Membuat Landing Page Agar Jualan Laris

cara membuat landing page yang dapat meningkatkan penjualan online


Apakah seorang sales atau penjual online wajib memiliki web penjualan seperti itu?

Tentu saja!

...Itu menurut saya.

Anda sebagai sales online atau penjual online, sudah seharusnya tahu tentang banyaknya manfaat berjualan mengunakan landing page, dan sudah seharusnya punya web landing page tersebut.

Bagi Anda yang memang ingin, punya halaman penjualan yang bisa meningkatkan penjualan 10 kali lipat dari biasanya, saya akan bagikan untuk Anda disni.

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang cara membuat landing page yang menjual, atau dapat menarik perhatian dan hati konsumen Anda, sehingga calon konsumen yang melihat halaman penjualan Anda, mau mengeluarkan uangnya untuk membeli apa yang Anda tawarkan.

Apa Manfaat Memiliki Web Landing Page?


# Penjualan Bisa Meningkat.


"Ya, sebuah web landing page yang bagus dan menarik tentu akan membantu meningkatkan penjualan Anda, bisa 2 kali lipat bahkan 10 kali lipat.

Mungkin Anda yang pemula dalam hal pemasaran online, hal tersebut Anda rasa sangat mustahil. Tapi, itulah kenyataannya. Bahkan, omzet akan naik hanya dengan mengunakan landing page.


# Anda Tidak Perlu Berbicara Banyak Kepada Konsumen.


Inilah peran penting memiliki web landing page, dengan membuat 1 halaman yang di isi secara lengkap terkait informasi produk Anda, maka pekerjaan Anda dalam melayani konsumen jauh lebih praktis dan tidak ribet.

Pasalnya, si konsumen sudah tahu semua informasinya melalui halaman penjualan Anda. Sehingga, ini akan membantu Anda, menghemat waktu , tenaga dan pikiran Anda. 

Bahkan Anda bisa membuat halaman landing page langsung mengarahkan pembeli untuk melakukan order dan transfer, jadi tugas Anda hanya mengecek transferan masuk serta mengemas pesanan konsumen Anda.

Ini tentunya akan membuat Anda bisa melakukan hal lain yang dapat meningkatkan produktifitas Anda dalam melakukan pemasaran secara online, entah membuat desain iklan atau memikirkan update konten di sosmed, bisa juga jalan-jalan sesuka hati Anda.

Enak yah, punya web penjualan otomatis seperti itu..??


# Promosi Jadi Lebih Mudah.

Kalau kita punya yang namanya halaman landing page, tentu kita akan lebih mudah dalam melakukan pemasaran secar online. 

Kita bisa arahkan si konsumen untuk mengunjungi Landing Page kita, sehingga ini akan memhemat waktu Anda, pasalnya tidak perlu melayani konsumen panjang lebar.

Anda promosi melalui social media, Anda bisa mengarahkan ke Landing Page, sehingga tanpa menaruh kontak Anda di sosmed, meraka akan menghubungi Anda melalui kontak yang ada di Landing Page, jadi Anda tidak perlu menyebar kontak dimana-mana.

Karena kalau no kontak Anda sudah tidak aktif, maka usaha Anda menyebar kontak itu sia-sia, tapi kalau yang di sebar alamat web landing page, walaupun kontak Anda terblokir sekalipun dan ganti nomer, mereka akan menemukan kontak baru Anda yang Anda tempel di Landing Page tersebut.

#Bisa Retargeting Calon Pembeli.

...Selain itu, Anda juga bisa retargeting calon konsumen, atau melakukan promosi kepada orang-orang yang memang tertarik dengan produk Anda, namun belum melakukan pembelian.

Dalam web langing page, Anda bisa memasang "PIXEL" yang kita dapat dari facebook ads manager, dengan pixel tersebut, pengunjung yang masuk akan terekam dan dapat Anda targetkan lagi ketika Anda mengunakan "FACEBOOK ADS".

Bukan hanya facebook, tapi google ads juga dapat kita buat retargeting, jadi dengan landing page. Pemasarakan lebih terarah dan bisa meningkatkan angka penjualan serta penghasilan kita dari penjualan yang meningkat tersebut.

Masih banyak lagi manfaat lainnya...

Namun, secara umum berebrapa hal tersebut itu bagian manfaat yang terpenting dalam hal keuntungan kalau memiliki landing page.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Landing Page Yang Menarik?

..Mudah sekali membuat landing page, namun untuk membuat landing page yang menarik dan bisa meningkatkan penjualan online kita, itu yang perlu kita pelajari.

"Ya, kita bisa membuat landing page dalam hitungan menit, sudah jadi. Tapi, apakah ada jaminan landing page tersebut dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan di situ??". 

Tentu tidak, karena bagian paling penting itu ada di konten atau materi yang Anda masukan ke dalam web landing page tersebut.

Oleh karena itu... saya kan bahas perihal menarik ini, karena banyak sekali yang pada akhirnya hanya buang-buang waktu, tenaga, pikiran dan uang saja. Tapi, hasilnya tidak maksimal dan bahkan setiap kali beriklan itu selalu boncos atau tidak ada penjualan sama sekali.

Iklan Anda sudah bagus, dan Anda sudah menemukan orang-orang yang tepat ( Target Tepat ). Tapi, konten web LP Anda kurang meyakinkan, maka orang yang Anda datangkan itu hanya numpang leawat saja, itu faktanya dan begitu sebaliknya.

Konten menarik dan menjual, tapi iklan kurang optimal. Maka, konvrensi penjualan juga kurang maksimal. 

Artikel ini saya tunjukan untuk Anda yang memang sudah bisa membuat halaman web landing page, tapi tidak tahu cara membuat struktur yang baik dan menarik.

Dalam hal ini, saya asumsikan Anda sudah punya landing page atau bisa membuatnya yah, karena ini bukan artikel tentang tutorial atau panduan membuat web landing page

....Dan lebih ke struktur kata, atau materi serta hal yang dapat Anda tambahkan di Landing page , sehingga bisa menghasilkan landing page yang menjual dan bisa menarik perhatian para calon konsumen Anda, sehingga mau membelinya.

Karena inilah rahasia cara jualan online para mastah. Mungkin, sering melihat landing page keren, tapi tidak semua yang keren itu penjualannya tinggi.

"Apakah butuh keren saja?? Tentu tidak, yang penting penjualan meningkat, masalah keren belakangan. Itu menurut saya pribadi.

Cara Merubah Landing Page Sederhana Yang Dapat Meningkatkan Penjualan

******
jualan cepat laku



1. Maksimalkan Headline Landing Page.


Headline atau judul landing page ini terdapat pada bagian atas web Anda dan ini yang pertama kali dilihat oleh pengunjung web penjualan Anda.

Ketika Anda salah dalam membuat Headline atau kurang menarik, maka ini bisa menimbulkan hal negatif pada konvensi penjualan pada landing page tersebut.

Pastikan headline landing page Anda buat semenarik mungkin dan lebih ke penyelesaian masalah konsumen Anda. Jika headline Anda menjual, maka si pengunjung akan scroll ke bawah untuk mengetahui apa yang Anda tawarkan.

Faktor Penting Dalam Membuat CopyWiiting Headline Landing Page.


  • Pastikan Sesuai Dengan Judul Iklan Anda.
  • Fokus pada masalah konsumen ( bisa menyelesaikan masalahnya )
  • Mudah di pahami dan jelas.
  • Membuat penasaran konsumen.
  • Meningkatkan Emosi Seseorang, Sehingga ingin segera memiliki produknya.


Anda harus tahu, bahwa sifat manusia itu ingin bahagia, tidak mau sengsara. Hanya itu saja, jadi pastikan headline atau judul yang Anda buat juga mengambarkan apa yang bisa mereka dapatkan, supaya bahagia.

Pembeli itu tidak peduli seberapa bagus produk Anda, apapun mereknya dan apapun manfaatnya. Mereka hanya peduli pada dirinya sendiri, jadi merek apapun bisa Anda jual kalau Anda bisa membuat produk tersebut bisa menyelesaikan masalah mereka.

Jadi, hindari mengunggul-unggulkan produk, karena mereka tidak akan peduli dengan itu. Jika masalah mereka bisa teratasi dengan produk Anda, maka mereka akan membelinya, itu sja sih.

Anda jual produk kecantikan, kesehatan dan sejenisnya. Semua itu sama, mereka yang datang ke Anda itu butuh solusi untuk masalah mereka dan apabila produk Anda dirasa bisa mengatasi masalah mereka. Dijamin mereka pasti membelinya, tidak peduli harganya dan tidak peduli jenis produknya.

Hal ini saya alami sendiri, semakin saya mengunggul-unggulkan produk saya, maka semakin sulit laku. Tapi, ketika saya bila ini bisa mengatasi masalah mereka, penjualan meningkat. 

Hal tersebut saja jelaskan, supaya Anda bisa memulai cara pemasaran yang baru dan bisa menghasilkan.

Bagaiman cara menulis headline yang menjual?

Saya kasih contoh "Cara Membuat Headline" yang bisa menarik perhatian pembeli dan bisa meningkatkan konvrensi penjualan produk Anda, berikut ini contohnya.

"Contoh Herbal Untuk Diet:


"Makan Banyak, Tapi Berat Berat Badan Tetap Ideal, Apa Rahasianya?"

"Cukup Dengan 1 Kapsul 2 Kali Sehari, Anda bisa Makan-Makanan Kesukaanmu Tanpa Takut Melarrr".

"Jangan Kaget Kalau Setelah rutin Minum Ini, Timbangan TURUN darastis"

"Diet Cepat Tanpa Harus Mengurangi Makan, Cukup Dengan Ini".

"Rahasia Tubuh IDEAL para Artis, Anda Juga Bisa Lho".

"Turun 15 Kg Hanya Dalam 2 Minggu, Mudah & Tidak Menyiksa".


Itu hanya sekedar contoh saja, dan Anda bisa sesuaikan dengan jualan Anda. Pada intinya, dalam membuat "HEADLINE" untuk halaman landing page Anda itu harus bisa memberikan solusi, kemudahan, penasaran dan membuat mereka percaya kalau mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan ( senang, bahagia, sehat dan sejahtera ).

Apapun jenis produk yang Anda jual, tentu ada kata-kata ajaib yang dapat Anda gunakan untuk membuat headline. Temukan dan kreatiflah agar jualan Anda laris manis.


2. Fokus Pada 1 GOAL.


Kesalahan memang bukan suatu kegagalan, karena dari kesalahan itu kita jadi tahu bagaimana cara membuatnya menjadi lebih luar biasa dan pada akhirnya keberhasilan bisa kita dapatkan.

Dalam membuat landing page supaya jualan laris, Anda harus tahu GOAL yang Anda inginkan itu apa?? Pastikan Anda membuat landing page itu fokus pada 1 tujuan, jangan bercabang atau membingungkan pengunjung.

Jika Anda ingin pengunjung membeli, pastikan TOMBOL yang ada itu tombol beli. Jangan ada tombol ke halaman lain atau ke luar dari landing page tersebut.

Hilangkan link mengarah ke halaman lain dan pastikan ada link itu mengarah keranjang belanja, wa atau mengarah cara order yang sudah Anda tentukan dan ini akan meningkatkan penjualan Anda.

Bukan hanya pada tombol beli saja.

....Tapi, dalam menawarkan produk pun kita hanya fokus pada 1 jenis produk. Jangan kasih pilihan, karena landing page itu bukan toko online. Anda bisa membuat halaman lain pada web Anda, apabila memiliki banyak produk. 

Apabila ingin landing page Anda bisa meningkatkan konversi penjualan, maksimalkan iklan Anda dan jangan biarkan konsentrasi mereka terpecah karena Anda memberikan pilihan yang banyak pada Landing Page Anda. 

Fokus pada satu tujuan dan ini akan mempermudah pengunjung landing page yang ingin membeli.


3. Letakan CTA Pada Tempat Yang Tepat.


Cal To Action ( CTA ) harus di tempatkan pada lokasi yang tepat, dan ini menjadi sangat penting karena memnag kita fokus pengunjung itu mengarah dan mengeklik tombol CTA yang kita pasang.

Dengan mengeklik tombol ini, artinya mereka setuju dengan penawaran kita dan hendak membeli produk yang kita tawarkan. 

Biasanya CTA ini juga di ulang-ulang, sehingga saya sendiri menyarankan untuk membaginya menjadi beberapa bagian. 

Letakan CTA pada bagian..

..Atas, tengah dan bawah..serta kalau bisa ada tombol CTA melayang. 

Anda bisa mengulang CTA ini menjadi beberapa bagian tergantung materi yang Anda berikan, sesuaikan dengan panjang materinya. 

Kalau mengang simple, atau standar ..

4 bagian saja sudah cukup, sesuai yang saya sebutkan.


4. Fokuskan Mata Pengunjung Ke Bagian Penting.


Anda sering melihat kalau ada landing page yang memberikan tanda panah, garis tebal dan sejenisnya??" Itulah cara kita mengarahkan pengunjung untuk melihat bagian terpenting dari konten kita.

Jika Anda ingin pengunjung membaca bagian penting dari konten copywriting landing page Anda, maka beri saja tanda panah bergerak, tebalkan tulisan, kasih warna yang terang agar lebih menonjol atau mencolok.

Ini tujuannya, agar konsumen tahu apa yang mereka harus tahu terkait produk Anda. Misalnya, bahayanya ini dan itu kalau tidak diatasi, atau tentang promo dan diskon terkait produk Anda dan lainnya.

Anda jangan sia-siakan ini, karena cara inilah yang dapat menarik perhatian pembeli. Maksimalkan bagian terpenting dari konten Anda, dan saya yakin setiap CopyWriting ada bagian yang penting, yang harus di baca konsumen.

Semua memang penting, tapi tentu ada yang lebih penting. Karena pada umumnya, pembeli tidak akan membaca semua penawaran kita, jadi kita yang harus kreatif dalam membuat landing page yang menjual agar produk cepat laku.

Seperti Anda ini, karena tidak saya beri warna yang mencolok, sehingga Anda melewatkan bagian penting yang ada di atas dari tips membuat landing page agar jualan laris manis.


5. Buat CopyWriting Yang Simpel & Mudah Di Pahami.


Pastikan bahasa Anda mudah di mengerti, Anda mengerti bahasa yang Anda gunakan. Tapi, ketika ada orang awam yang mengunjungi situs, mereka sulit memahami apa yang Anda sampaikan. 

"Maka, kemungkinan besar orang tersebut akan close atau tutup halaman Anda dan penjualan tidak akan terjadi.

"Jenis produk Anda apa, dan untuk siapa produk Anda tersebut. 

...Dengan mengenali siapa target market Anda, maka Anda bisa menyesuaikan gaya bahasa untuk Anda gunakan di landing page Anda. Karena tidak semua target market sama.

Misalnya, Anda memiliki target market ibu-ibu. Tidak mungkin dong, Anda pakai bahasa gaul Anak muda jamin kekinian dan begitu juga sebaliknya.

Pastikan, bahasa yang Anda gunakan dan mudah di pahami oleh semua orang bahkan anak-anak seklipun.

Selain mudah..

...Kita harus bisa membuatnya atau mengemasnya menjadi lebih simple..

Ini akan membuat copywriting Anda akan mudah di cerna.

Caranya, Anda bisa gunakan striker tertentu dan sedikit kata-kata yang menjelaskan terkait produk Anda tersebut. 

Anda tidak perlu mengunggul-unggulkan produk Anda. Cukup dengan memunjukan padanya, kalau produk Anda cocok dan bisa membatu mereka.


6. Tunjukan Kelebihan Produk ( Benefit )


Pernahkah Anda merasa takjub dengan suatu iklan??" Itu yang harus Anda lakukan.

Anda tunjukan pada pengunjung web landing page Anda, hal yang sama seperti hal tersebut. 

Bisa dengan berikan video singkat tentang demo produk Anda, atau gambar yang menggambarkan kelebihan dari produk Anda. 

...Buat yang melihat mengatakan, 

"Kok.. bisa seperti itu.

"Keren bangett nih produknya...

Seolah-olah mereka akan mendapatkan sesuatu yang lebih dari produk Anda, atau hasil yang relatif cepat dan terbukti ampuh untuk mengatasi masalah mereka.

Anda menjual baju anti air contohnya, Anda bisa buat video singkat tentang hal tersebut. Ini akan membuat orang yang melihatnya punya keinginan untuk memilikinya.

Bisa juga buat video perbandingan, produk biasa dengan produk Anda dan lainnya. Jadi, kreatiflah dalam menonjolkan kelebihan dari produk Anda.

...Para mastah menyebutnya "Product In Action".


7. Gunakan Gambar Yang Menarik.


Pemasaran secara online, yang kita gunakan itu hanya gambar, teks dan video, benar begitu yah?? Jika orang melihat gambar menarik, maka langsung penasaran dan ingin share juga.

Nah, ini yang harus Anda lakukan juga.

Membuat orang tertarik dengan gambar atau video yang Anda gunakan di landing page Anda.

..Anda harus bisa membuatnya lebih mudah di pahami juga.

Gambar simple, tapi menggambarkan apa kelebihan produk Anda. Jadi, ketika orang hanya melihat gambarnya saja. Orang sudah tahu produk Anda apa dan kelebihannya.

Memang membuat gambar yang menarik seperti yang saya jelaskan tersebut tidak semudah yang di bayangkan, tapi kalau memang Anda sudah memahami produk tersebut, saya yakin itu akan mudah Anda lakukan.

...Jadi, belajarlah untuk kreatif dan posisikan Anda itu pengunjung atau calon konsumen dari produk tersebut.

Anda tidak akan bisa memberikan yang terbaik dan menciptakan landing page yang menjual, kalau Anda itu tidak bisa memposisikan atau tahu apa yang konsumen inginkan, butuhkan dan harapannya.


8. Testimoni Pengguna Atau Pelanggan Anda Sebelumnya.


Orang tidak membeli hari itu juga, bukan tidak tertarik dengan produk Anda, tapi terkadang mereka ingin pastikan Anda itu bisa dipercaya. Tugas kita, membuatnya mereka semakin yakin dan percaya dengan kita.

Salah satu cara yang bisa digunakan, kita bisa gunakan yang namanya testimoni. Informasi yang dihasilkan dari pelanggan kita sebelumnya yang sudah pernah membeli, mengunakan dan membuktikan serta merasa puas dengan layanan Anda.

Anda bisa tampil di landing page Anda, sebanyak-banyaknya. Karena bagian ini menjadi hal yang sangat penting untuk membuat mereka percaya dan yakin dengan Anda.

..Bisa dengan menunjukan, SS chatingan dengan konsumen, atau video dari konsumen Anda. 

Karena ini penting sekali, sehingga Anda harus bisa atau mengusahakan selalu minta testimoni dari para konsumen Anda dan tampilkan di web landing page Anda.

Ketika Anda menjual produk yang sudah populer, atau layanan Anda sudah memiliki banyak pelanggan. Maka, Anda akan semakin mudah mendapatkan kepercayaan konsumen. Jadi, tampilkan saja testimoni di landing page Anda.

Tidak hanya testimoni, Anda bisa menambahkan video saat packing produk, resi pengiriman, foto-foto pengiriman atau lainnya terkait aktifitas Anda di usaha Anda tersebut.


9. Landing Page Responsive & Loading Cepat.


Pastikan juga kalau landing page Anda itu responsive atau struktur dapat menyesuaikan gadget yang digunakan oleh pengguna.

Kalau Anda tidak bisa mengikuti perkembangan pada era digital ini, maka Anda akan kehilangan aset berharga. 

Jika pengunjung membuka web Anda dan tampilannya rapi, maka ini akan membuat pengunjung mudah dalam membaca informasi yang di sampaikan di dalamnya.

Tapi, kalau berantakan..

Saya pun akan enggan berlama-lama disitu dan bahkan belum kebuka semua karena lama loadingnya, saya sudah tutup dan tekan close.

Anda tentunya merasakan hal yang sama, untuk itu pastikan tampilan landing page Anda itu responsive dan mudah diakses karena loadingnya cepat.

Masalah platform, bisa gunakan wordpress yang lebih keren dan profesional atau blogger yang lebih murah dan bisa menghemat biaya pemasaran. Semua tergantung Anda, yang penting desain tampilannya resonsive atau mobile.


10. CTA harus jelas & tepat.


Hampir lupa, ini juga harus Anda tentukan..

Maksudnya, kemana pengunjung harus melakukan ACTION.

Ke WA, atau langsung halaman order dan lainnya.

Kalau pada poin ke 3 saya jelaskan penempatan yang tepat terkait CTA ini, di poin ini saya mengingatkan kembali kalau CTA juga harus tepat dan jangan banyak pilihan.

Pilih salah satu saja, kalau ingin order lewat wa berarti mengarah ke wa saja dan kalau ingin ke halaman order, langsung ke halaman order saja.

Setiap jenis target market berbeda-beda, ada yang paham dengan cara order online. Ada juga yang memang awam dan kebanyakan konsumen dari produk yang saya jual itu awam. Sehingga mereka kesulitan untuk mengisi form order yang saya sediakan.

Solusinya, saya mengarahkan ke order lewat wa...

Anda juga bisa menentukan cara order yang memeng tepat untuk terget market Anda, kalau targetnya blogger. Tanpa di tanya lagi, mereka sudah paham betul cara order lewat online. 

Tapi kalau ibu-ibu? Jadi, tentukan yang lebih tepat.

Hal ini adalah penutup dari artikel tentang cara membuat landing page agar jualan laris, seilahkan Anda terapkan dan praktekan apa yang telah saya sampaikan di artikel ini. Dan untuk Anda yang masih bingung, silahkan berikan komentar Anda.

Sebelum artikel ini, saya juga sudah mempublikasikan tentang Cara Memberikan Promo Untuk Meningkatkan Penjualan. Mungkin, bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda jual.

Post a Comment for "10 Rahasia Membuat Web "LANDING PAGE" Agar Jualan Laris Manis"