Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Cara Membuat CopyWriting Iklan Facebook atau FB Ads Yang Menjual

 Menjual sesuatu dengan memanfaatkan facebook ads memang bukan hal yang mudah, tapi bukan hal yang sulit. 

Karena kunci dari meningkatnya penjualan itu ada di copywriting yang kita buat, ini menurut pengalaman pribadi saya. Setelah melakukan uji coba dalam membuat iklan fb ads untuk menjual produk yang saya miliki.

Saya sengaja langsung membuat 1 campaign yang berbeda copywritingnya dan dengan target audiens yang sama. 

Entah apa yang terjadi, satu memiliki penjualan yang bagus dan yang satu hanya banyak di baca saja atau di klik oleh pengguna facebook, tapi penjualan besa jauh dengan iklan yang satunya.

Hal ini sangat jelas, hampir 95% penjualan terjadi karena kita bisa mengolah kata menjadi lebih menarik dan menjual dan selebihnya pada produk yang kita jual, apakah memang layak bagi mereka atau tidak. 

Cara Membuat CopyWriting Iklan Facebook

...Karena kita hanya menyediakan saja dan pembeli itu bebas memilihnya, namun kalau kita pengaruhi mereka dengan teknik copywriting yang bagus dan memiliki daya tarik yang cukup luar biasa, maka menjual akan menjadi lebih mudah.

Pernah Anda merasa bahwa iklan Anda banyak mendatangkan calon komsumen ke wa, namun penjualannyatetap saja tidak stabil atau tidak naik? 

Apakah Anda tahu, kalau ternyata itu copywriting yang kita buat itu yang membuat customer yang masuk tersebut tidak membeli, dan bisa saja dalam iklan Anda menjelaskan kalau Anda bisa tanya-tanya secara gratis atau konsultasi gratis.

"Ya, itu kesalahan kita yang memang kadang tidak kita sadari.

Anda harus tahu, arti dari perbedaan kata.

Contoh: Konsultasi gratis dan gratis konsultasi itu artinya sangat-sangat berbada, walaupun hanya di balik saja tulisannya.

Ketika Anda mengatakan konsultasi gratis, maka orang akan menganggap Anda menyedikan layanan yang memang sifatnya gratisan dan ketika Anda menawarkan sesuatu kepadanya di percakapan, maka mereka cenderung akan menolak penawaran Anda dan bahkan langsung memblokir akun wa Anda.

Kenapa bisa begitu mas Endi??" Pasalnya Anda sendiri yang telah mempengaruhi pikiran mereka dengan menyebutkan kata-kata konsultasi gratis. Jadi wajar mereka akan merasa tertipu ketika di jualin atau Anda tawarin produk Anda. Ini yang saya maksud, banyak invite atau undangan masuk ke whatsapp, tapi minim penjualan.

...Beda dengan kata-kata, GRATIS konsultasi...

Padahal hanya kata-katanya di baik yah, tapi ini sangat berpengaruh besar pada penjualan. Anda pasti bisa membedakannya. Dengan membuat kata-kata yang seperti ini, orang sudah menyadari sebelumnya bahwa Anda memeng menjual sesuatu, sehingga ini tidak akan membuat konsumen merasa terkejut atau kaget saat mereka Anda taarin produk, karena mereka sudah tahu sebelumnya baha dengan kata-kata gratis konsultasi, mereka sudah tahu. 

Mereka akan berfikir, kalau beli atau pakai layanan itu, saya bisa bebas konsultasi kepadanya, karena mamang saya di pandang ahli di bidang tersebut, maka orang pun tidak segan-segan lagi atau percaya dengan kita.

Sama saja kan ujung-ujungnya tanya-tanya dulu mas?

Tapi, konferensi penjualannya berbeda. Dan hanya membalik kata-kata tersebut, terbukti penjualan saya meningkat dan kalaupun mereka belum beli, mereka langsung save no wa kita dan tetap saja banyak penjualan di kemudian harinya kalau kita bisa up selling di wa.

Ini contoh kesalahan dalam mengolah kata untuk kita jadikan senjata memikat calon konsumen. Apakah sampai disini Anda sudah bisa memahami apa maksud saya??"

Jika belum, yukkk lanjutkan membacanya...!

Bagi yang sudah tahu memang membuat copywriting untuk iklan fb ads itu mudah sekali, dan bahkan lihat sesuatu di sekitarnya pun bisa jadi bahan copywriting. Tapi saya masih pemula mas, jadi saya belum bisa membuat copywriting yang bagus dan menarik.

Ada solusinya...

Tingga amati iklan-iklan atau contoh iklan yang Ada di facebook, jika ikan tersebut selalu Ada di branda Anda. Maka, iklan itu bagus dan memiliki penjualan yang cukup besar, dan kita bisa ikuti cara yang mereka lakukan dengan mencontoh iklan yang mereka buat.

Ingat yahhh...mecontoh, bukan mencopypaste keseluruhan materi iklan mereka. Tapi, buat ualang dengan gaya bahasa sesauai target market Anda dan juga sesuai jualan Anda.

Karena tidak mungkin, target market ibu-ibu kita pakai bahasa broooo...atau gaesss. Lucu juga yah, tapi itu hak Anda sih dalam membuat iklan untuk jualan Anda hehe. Tapi, saran saya sesuaikan dengan target market Anda.

Sebelum Anda beriklan, sebaiknya rubah mindset Anda dulu. Karena kebanyakan mereka takut boncos atau tidak bisa langsung ada penjualan. Namun, jika mindset Anda sudah terbentuk atau memiliki pemikiran yang positif ketika beriklan. Maka, kekecewaan atau merasa trauma tidak akan pernh Anda rasakan, ketika boncos atau ketika tidak terjadi penjualan di iklan pertama.

Kenapa ini sangat penting, ini untuk mengantisipasi trauma berkepenjangan. Sehingga, Anda tidak akan pernah mau melakukan eksperimen untuk menemukan cara yang tepat dalam beriklan di facebook.

Jika ada mentor tentunya lebih bagus, kerena dengan adanya mentor yang memang sudah memahami cara dan teknik beriklan di facebook, maka kegagalan dalam menjalankan iklan fb ads menjadi sangat kecil daripada melakukan tanpa strategi, atau eksperimen.

Belajarlah pada mereka yang sudah mahir...

Ilmu itu penting kawan, jadi kalau ingin investasi untuk mendapatkan ilmu yang lebih. Jangan pernah ragu kawan. Lakukan dan penuh keyakinan, maka apa yang Anda lakukan akan lebih positif.

Saya akan bagikan untuk Anda, tentang caranya membuat copywriting iklan facebook untuk menjual sesuatu atau produk yang Anda punya. Apabila Anda menganggap ini ilmu yang bernmanfaat, maka bersyukurlah karena ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan tinggal Anda mau atau tidak mempraktekannya.

Jangan hanya di baca, tapi di praktekan dan kalau memang berpengaruh terhadap penjualannya. Bisa tulis komentar di bawah dan sebaliknya apabila ada yang kurang, mohon di koreksi. 1000 pemikiran apabila digabung, maka hasilnya kan jauh lebih baik nantinya.

Mari di simak cara saya membuat iklan facebook...

Cara Membuat CopyWriting Iklan Facebook ( Fb Ads )

Tapi, sebelumnya kita harus tahu jualan kita apa dan nilai jualnya berapa. Ini penting sekali untuk menjadi bahan pertimbangan kita dalam membuat iklan di facebook, karena ada sebagian produk yang memang kalau di jual secara hardselling itu cukup sulit atau membutuhkan edukasi yang lebih dan ada juga produk yang memang cocoknya langsung hajar atau iklan hardselling.

Oke, kita langsung ke teknik hardselling saja yah kawan. Karena, teknik copywriting 2020 ini orang cenderung lebih suka yang iklan yang terang-terangan dan tidak suka yang berbelit-belit. Ini yang sudah saya uji coba juga, jadi langsung hajarrrr habis dengan teknik hardselling. Tapi, jangan dilakukan kalau memang produk Anda masuk dalam kategori membutuhkan edukasi khusus.

Lanjutkan yukkkkk, sama-sama belajar juga. Jadi, disini saya tidak bermaksud sok bisa atau menggurui. Tapi, ini berdasarkan pengalaman saya dalam mengunakan fb ads untuk menjual produk yang saya punya.

Struktur Template CopyWriting Iklan Facebook:

  • HOOK : Menurut para master, ini semacam clickbait, atau mantra ajaib yang akan membuat orang mengklik iklan Anda di facebook atau, membuat orang yang sedang scroll-scroll beranda berhenti di iklan Anda. 
  • STORY: Cerita apa yang memiliki kesan atau pesan khusus ketika orang membeli produk tersebut. Dalam membuat story singkat, ini Anda menginginkan pembaca itu seperti apa, emosi untuk segera beli tentunya yah. 
  • OFFER: Jika sudah dalam suasana emosi atau tertarik banget dan ingin memiliki produk Anda tersebut, Anda jangan berhenti atau berikan waktu bagi mereka memikirkan hal lainnya selain order sekarang. Dalam offer ini harus ada, atau memainkan URGENCY ( kegaat daruratan ) dan juga SCARCITY ( keterbatasan produk ).
  • CTA ( CAL TO ACTION ): Harus jelas mau Anda arahkan kemana, dan saya sarankan ke landing page dulu supaya mereka mendapatkan informasi yg lebih lengkap dan kena pixel , kemudiaa ke wa, karena pembeli di indonesia masih begitu, hehe. Walaupun tidak semua, tapi kebanyakan memang masih kurang paham mungkin dengan from pembelian otomatis. Sudah di jelasih harga di webnya, masih tanya harga. Sudah di jelasin sekian juta, ternyata tidak tahu nominal. Maklumin saja, yang penting kita selalu berikan pengertian dan pemahaman. Orang tidak suka di jualin, tapi suka belanja lhoooo...ini yang mengharuskan kita untuk mencari dan menemukan hal-hal baru terkait teknik penjualan yang tepat.

Hal tersebut yang selalu saya lakukan, namun untuk produk-produk tertentu saya tidak melakukan hal tersebut karena memang saya rasa tidak tepat kalau di buat offer dan lebih ke story yang di mainkan. 

Jika Anda perhatikan atau amati copywriting pada umumnya yang master gunakan, memang memiliki strukur tersebut. 

Apapun jualannya, selalu mengunakan template seperti itu.

Dalam membuat copywriting untuk landing page pun, harusnya mengunakan template copywriting yang seperti itu, karena memang alurnya bisa mempermudah kita dan juga sangat menarik perhatian konsumen. Menurut pandangan saya kalau jadi konsumen.hehe

Anda butuh contoh copywriting iklan facebook yang menarik?

Kebetulan ada contoh cara membuat iklan yang menarik di facebook simple, tapi menarik bagi saya dengan stuktur template diatas.


contoh cara membuat iklan yang menarik di facebook


Nah....,itu contoh iklan fb ads yang menggunkan stuktur copywiriting diatas. Ternyata simple yah kawan?

Tapi, itu cukup menarik, karena hooknya sudah dapat dan ceritanya pun sudah Ada.

Apa HOOKnya?

Hooknya itu ada di bagian "Nggak BOSAN jualann produk orang?

Story-nya "Kalau saya gabung dengan MAKLOON, saya akan punya brand sendiri, tanpa harus ribet membuat produknya. Jadi, storynya bisa punya NAMA brand sendiri kalau bergabung disitu.

Nah, ketika yang membaca adalah orang yang tepat atau target audiens kita. Maka, hanya dengan kata-kata sesimple itu. Bisa membuat mereka ada keinginan untuk bergabung dan kalau di tambahkan OFFER, maka itu akan membuat mereka bergabung hari itu juga setelah membaca iklan di facebook tersebut.

Namun, karena CTA dari iklan yang di buat tersebut tujuannya ke website jadi di offernya pun di buat di website atau iklan hanya bagian dari informasi untuk mengundang dan mengarahkan orang ke website kita.

Apakah sejauh ini sudah bisa Anda pahami?

Sudah menemukan ide beriklan yang mungkin lebih menarik?

Anda pahami saja artikel ini dan baca ulang kalau mmang belum bisa mencerna apa yang saya sampaikan, karena memang ini pengalaman yang saya lakukan.

Iklan contoh tersebut tidak ada hubungannya dengan saya, karena memang saya ambilkan contoh adscopy yang menarik untuk iklan di facebook. Masih ada yang lebih menarik di luar sana untuk meningkatkan penjualan.

Jika ada pertanyaan, silakan komentar saja yah..

Semoga ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kali semua, walaupun ada banyak kesalahan teks atau kurang mahir dalam membuat artikel. Mohon di maklumi saya yah kawan, karena saya masih belajar menulis juga.Hee

Salam

~Endi Alimsyah~

INGAT !!!"BISA KARENA TERBIASA".