8 Strategi Jualan Di Instagram Yang Terbukti Bisa Meningkatkan Omset Penjualan

Jualan online sekarang itu semakin mudah, dengan instagram pun, kita bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Namun, bagi pemula hal tersebut bukan hal yang mudah, apalagi bagi mereka yang memang baru mengunakan instagram untuk jualan.

Apabila Anda saat ini sedang menjalani jualan online di instagram, mungkin tips cara jualan di instagram ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan penghasilan Anda atau omset dari jualan Anda di instagram.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi dan tim dalam menekuni jualan online di media social, ternyata instagram bisa meningkatkan penghasilan yang luar biasa dan besar kemungkinan untuk Anda mendapatkan penjualan yang lebih banyak.

cara sukses jualan di instagram


Oleh karena itu, sebaiknya Anda simak ulasan ini sampai habis. Karena disini Anda akan menemukan tips jualan menggunakan akun instagram.

Karena bukan platform baru, sehingga saya tidak akan menjelaskan apa itu instagram dan apa manfaatnya untuk kita. Hampir semua nitizen tahu, tentang instagram tersebut. Jadi, langusng saja saya bagikan cara sukses mengunakan akun instagram untuk bisnis yang Anda jalani.

Jangan lupa di terapkan dan tekun serta fokuslah pada tujuan Anda, karena disini saya tidak mengajarkan kepada Anda tentang cara instan meningkatkan penjualan di akun instagram atau meningkatkan followers dalam sehari.

Apabila Anda ingin hasil instan, maka artikel ini bukan informasi yang tepat untuk Anda, jadi baiknya Anda tutup halaman ini, karena memang tidak cocok untuk Anda dan bagi Anda yang ingin tahu cara jualan di instagram sampai benar-benar bisa menghasilkan jutaan perhari dari instagram dan mau menjalani proses, lanjutkan membacanya, karena ini akan bermanfaat untuk Anda.

Strategi Jualan Di Instagram Untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Daftar Isi Artikel Cara Jualan Di Instagram
1. Buat Beberapa AKun Sekaligus.
2. Konsisten Upload Status
3. Manfaatkan Hastag Populer & Sesuai Nice
4. Caption Menarik & Mengundang Minat Untuk Membacanya.
5. Balas Setiap Komentar Dari Followers
6. Cantumkan Credit Apabila Pakai Konten Orang Lain
7. Rajin Like & Komentar Di IG orang lain yang relevan
8. Manfaatkan Instagram Ads & Giveaway

Anda bisa memanfaatkan instagram untuk kebutuhan bisnis atau berjualan, namun sebelumnya Anda harus tahun cara yang tepat untuk melakukan optimasi khusus terhadap akaun instagram jualan Anda, akun julan dan akun pribadi itu beda. 

Sehingga, Anda harus tahu pola pikira yang berbada pula dalam mengelola dan mengunakan akaun instagram Anda untuk keperluan bisnis.

1.
Buat Beberapa AKun Sekaligus.

Anda saya sarankan untuk membuat beberapa akun instagram sekaligus, tujuannya untuk membagi-bagi konten yang akan kita upload di akun instagram tersebut. 

Buat minimal 3 akun instagram, dan berikut ini penjelasan masing-masing akun insagram yang harus Anda buat.

  1. Akun untuk toko jualan Anda.
  2. Akun untuk memuat testimoni
  3. Akun untuk memuat informasi.

Buatlah 1 saja akun toko Anda dan 1 akun untuk memuat konten terkait testimoni dari para pelanggan Anda, baik pengiriman, testimoni penguna, testimoni pembelian dan sejenisnya.

Dan untuk akun informasi, pastikan Anda membuat lebih dari 1 atau kalau bisa sebanyak-banyaknya, karena semakin banyak semakin bagus.

Anda taruh informasi jualan dan akun testimoni Anda di semua akun informasi yang Anda punya. Akun informasi tersebut tujuannya, untuk mencari konsumen atau mencari minat dari para pengguna instagram. Jadi, semakin banyak Anda membuat akun instagram untuk informasi. Maka, akan semakin cepat juga penjualan yang akan Anda dapatkan.

Catatan: Akun informasi yang Anda buat memiliki konten yang relevan dengan produk yang Anda jual, atau memiliki satu nice dengan produk yang Anda tawarkan. Jika salam memilih nice, maka hasilnya akan kurang maksimal.

Contoh, Anda jualan hijab di instagram. Maka, Anda juga disarankan untuk membuat akun informasi tentang cara pakai hijab atau tutorial hijab, ini memiliki kesamaan dengan produk yang Anda tawarkan di instagram. 

Apabila akun cara pakai hijab Anda sukses dan memiliki jumlah followers yang banyak, maka secara tidak langsung penjualan di akun toko Anda juga akan meningkat kalau Anda menghubungkan akun jualan Anda dengan akun informasi Anda.

Cara ini saya dan tim lakukan, jika Anda ingin sukses dalam jualan secara online mengunakan akaun instagram. Maka lakukan strategi ini pada bisnis Anda, saya yakin jikan Anda konsisten dalam mengelola akun instagram. 

Maka, hasilnya juga akan lebih maksimal. Bahkan, tim saya yang menjual produk yang yang saya jual, kebanyakan bisa menghasilkan 5 - 10 juta dalam sebulan. Tidak perlu percaya, karena memang setiap orang memiliki semangat yang berbeda, jika Anda tidak bisa konsiten dalam melakukan hal tersebut. 

Jelas hasilnya juga tidak akan maksimal, lebih-lebih produk yang Anda jual tidak banyak di minati. Tim saya bisa mengahsilkan 5-10 juta sebulan, karena memang produk yang di jual juga profitnya besar. Jadi, hanya jual beberapa saja sudah bisa menghasilkan segitu.

2.
Konsisten Upload Status

Jika Anda malas-malasan untuk melakukan upload status di akun instagram Anda, maka jangan harap Anda akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Karena apabila akun Anda tidak aktif sehari saja, maka ranking akun akan menurun. Karena memang instagram tahu mana yang serius mana yang tidak.

Disarankan melakukan upload setiap hari, minimal 3- 4 kali posting. Dan usahakan dalam mengupload status di instagram, Anda harus memperhatikan jam upload satus di instagram.

Ada waktu tertentu dimana Anda akan mendapatkan like, comment yang lebih atau tayangan yang banyak, apabila Anda tepat dalam memilih waktu untuk posting. Ini berdasarkan pengalaman saya juga, dan kami sangat menyarankan untuk Anda melakukan posting di instagram.

Kapan waktu yang baik untuk upload di instagram?

  1. Jam setengah 2 siang.
  2. Jam setengah 5 sore
  3. Dan jam setengah 7 malam

Dalam satu akun saya biasanya hanya upload 3 kali di jam itu, jadi apabila tidak sama dengan yang lain. Jangan salahkan saya, karena ini artikel saya dan sesuai pengalaman saya saja. Karena di jam-jam itu akun saya bisa mendapatkan hasil tayang yang lebih, jadi saya fokus di jam itu dalam melakukan upload.

Kenapa saya tidak pernah upload pagi, karena memang kalau pagi saya tidak ada waktu untuk mengupload status dan saya gunakan untuk mengurusi hal lain, salah satunya menjawab pertanyaan masuk dan juga menyiapkan bahan untuk status di jam tersebut.

Apabila pagi, saya sarankan buatlah sesudah subuh. Itu biasanya hasilnya juga bagus, tapi karena setiap nice memiliki waktu yang berbeda. Jadi, Anda bisa pantau informasi data di insight instagram masing-masing, nanti Anda juga tahu kapan yang bagus untuk upload di akun tersebut.

Atau Anda bisa lakukan uji coba dalam membuat postingan, jadi Anda akan menemukan waktu yang tepat untuk membuat status di instagram. Karena saya dulu juga begitu, selalu melakukan eksperimen untuk setiap akun yang saja kelola buat jualan.

Anda juga disarankan untuk mengamati, hastag dan postingan seperti apa yang di sukai oleh para penguna internet, khususnya untuk akun Anda. Jika ada salah satu postingan di akun Anda mendapatkan tayang atau view yang tinggi, maka buat status dengan model serupa dan hastag yang sama.

INGET! harus konsisten melakukan upload status di jam yang sama, jika sering lupa sebaiknya Anda pasang alarm di hp Anda. Sama seperti yang saya lakukan juga, karena memang tujuannya untuk bisnis, maka kita harus menjalaninya secara profesional dan tidak untukdi buat main-main.

3.
Manfaatkan Hastag Populer & Sesuai Nice

Hastag salah satu faktor yang mempengaruhi hasil view, jika hastag yang Anda pakai itu memiliki tingkat pengikut atau followers yang tinggi. Maka, besar kemungkinan untuk akun instagram Anda cepat populer.

Anda bisa lakukan copy paste hastag dari para kompetitor Anda, cari hastag yang memang bagus dan bisa membuat postingan di kompetitor Anda meningkat atau memiliki jumlah tayang dan like yang tinggi.

Dalam menentukan hastag yang memiliki performa yang baik, Anda butuh uji coba dan melakukan itu berkali-kali sampai Anda menemukan hastag yang lebih baik untuk akun Anda tersebut, setelah itu pakai terus hastag tersebut. Dan buat daftar hastag lagi untuk postingan Anda yang lainnya, dan jangan sampai potingan Anda tidak ada hastagnya.

Anda bisa tempatkan hastag, di bagian komentar . Tujuannya, supaya tidak membuat tampilan pada caption Anda itu jelek dan usahakan membuat caption yang rapi dan menarik untuk setiap potingan Anda.

4.
Caption Menarik & Mengundang Minat Untuk Membacanya.

Usahakan Anda buat caption untuk setiap postingan Anda yang lebih menarik, suapaya mengundang minat pengguna untuk membaca isi dari caption Anda. Dan cantumkan akun IG anda di caption, termasuk akun ig jualan Anda.

Namun, bagian yang terpentingnya yang harus Anda perhatikan yaitu, bagian hedline atau kata-kata singkat yang tampil paling depan sebelum di buka. Jika tidak menarik, maka orang tidak akan membaca caption yang Anda buat dan penawaran Anda tidak akan terbaca.

Bagaimana cara membuat caption yang menarik untuk akun instagram, baiknya Anda pelajari cara membuat copywriting, karena dengan Anda menguasai teknik copywriting. Anda akan bisa membuat caption akaun instagram Anda lebih menarik. Tujuannya, tidak lain untuk menarik minat penguna agar membaca penawaran Anda dan tertarik dengan jualan Anda.

Selain itu, usahakan juga copywriting Anda harus rapi, agar yang membaca tidak bosan. Karena apabila acak-acakan, maka para pengguna akan enggan untuk membacanya. Biar rapi, saya menggunakan tools online untuk merapikan caption pada status instagram, bisa gunakan tools dari  pretty-caption.com 

Anda tinggal pastekan tulisan Anda, lalu ok dan tinggal salin serta tempel pada status ig Anda. Dengan begitu, status instagram Anda akan terlihat rapi dan profesional. Itu cara agar caption instagram rapi yang saya lakukan.

5.
Balas Setiap Komentar Dari Followers

Anda mungkin tidak menyadari, betapa pentingnya membalas komentar dari para followers Anda. Jika Anda tahu, maka Anda tidak akan pernah melupakan ini. Jadi, saya beri tahu biar akun Anda bisa ramai dan jualan Anda di instagram tidak sepi dan selalu ramai.

  • Membalas setiap pertanyaan atau komentar dari followers akan menambah nilai plus dimata algoritma instagram tersebut. Maka, postingan Anda akan meningkat dan memiliki jangkauan yang lebih banyak dan luas. Karena memang, instagram akan menganggap postingan tersebut adalah postingan yang bermanfaat untuk orang yang memiliki minat yang sama.
  • Selain untuk meningkatkan kepopuleran postingan atau jangkauan pada pos tersebut, ini baik untuk menjalin kedekatan dengan para followers Anda dan followers Anda akn merasa kalau keberadaan dirinya memang berarti dan merasa di hargai dan menganggap Anda adalah orang yang memang peduli dengan mereka juga, jadi meraka tidak akan enggan membagikan postingan Anda juga.
Ini selalu saya lakukan, jadi setiap ada komentar saya langsung menbalasnya dengan ucapan terimakasi serta perkenalan terkait jualan saya di instagram.

Harus Anda lakukan juga, biar tidak terlihat sombong. Dan balas sesuai dengan pertanyaan atau apa yang mereka berikan dan balas dengan sopan juga. Saya yakin, akun Anda akan cepat besar dan bahkan cepat mendapatkan followers.

6.
Cantumkan Credit Apabila Pakai Konten Orang Lain

Betapa pentingnya Anda mencantumkan credit? Anda bisa melakukan copas atau mengunakan konten orang lain, namun dengan catatan Anda harus mencantumkan credit atau akun ig pemilik konten tersebut. Ini tujuannya, supaya akun kita aman dan tidak melanggar hak cipta.

Jika sampai melanggar, bukan hanya akun kita kena pinalti dan sulit naik. Maka, bisa saja akun kita di nonaktifkan oleh pihak instagram. Untuk itu, bijak-bijaklah dalam bermain sosmed untuk keperluan bisnis atau jualan produk Anda secara online.

Namun, alangkah baiknya usahakan Anda bisa membuat konten sendiri, supaya banyak yang membagikan dan akun IG anda akan cepat populer dengan konten tersebut.

Hasil karya Anda yang dianggap bisa membuat akun mereka populer juga, jadi meraka akan melakukan copas juga. Dan dari situlah kita bisa mendapatkan keuntungan, karena akun kita bisa cepat terkenal.

7.
Rajin Like & Komentar Di IG orang lain yang relevan

Kalau dulu kita bis melakukan follow-follow secara brutal dengan harapan yang di follow akan follback, tapi sekarang sangat rawan. Jika dilakukan secar brutal dan tidak pakai aturan, maka akun kita akan di anggap spam juga.

Karena kalau kita aktif di instagram itu terus di amati oleh robot ig, jika lebih dari 2 jam. Maka, itu akan sanggat berbahaya, karena kita akan di anggap robot. Jadi, kalau punya akun banyak baiknya gonta-ganti saja, jangan 1 akun di pakai 24 jam nonstop.

Dalam melakukan like dan komen di status orang lain pun kita harus tahu aturan dan batasi dalam seharinya, jangan secara brutal. Karena selain baik untuk meningkatkan jumlah followers akun ig Anda, tapi ini berbahaya juga juka dilakukan secara tidak wajar atau spam.

Pasalnya pengalaman saya begitu, akun langsung di nonaktifkan atau jika tidak, fungsi tersebut tidak di aktifkan untuk akun kita. Jadi, kita bisa buka ig tapi tidak bisa komentar atau like potingan orang karena melanggar ketentuan. Dan yang parahnya lagi, kalau dalam 1 aplikasi ada 5 akun instagram, maka semuanya ikut kena imbasnya. 

8.
Manfaatkan Instagram Ads & Giveaway

Tarik pembeli dengan menjalankan iklan berbayar dengan mengunakan instagram ads atau iklan instagram, dan bisa juga dengan mengadakan giveaway untuk akun Anda. Hal tersebut akan membuat akun Anda cepat populer dan terkenal.

Namun, sebelum melakukan hal tersebut. Sebaiknya Anda pelajari dulu tentang cara beriklan di instagram atau cara mengadakan giveAway di instagram supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Kalupun belu meningkat penjualannya, tapi paling tidak akun Anda sudah meningkat dan memiliki jumlah followers yang banyak.

Kelihatannya memang mudah dan cepat, tapi tanpa cara yang tepat. Maka, hasilnya juga kurang. Untuk itu, baiknya gali ilmu dan banyak-banyaklah belajar supaya jualan di akun instagram Anda bisa meningkat. Anda akan tahu cara atau strategi khusus kalau Anda sudah terbiasa melakukannya. Jadi, biasakan diri Anda, maka Anda akan ahli di dalam bidang tersebut dan masuk dalam daftar kisah sukses jualan di instagram.
Anda sudah membaca cara jualan online dengan mengunakan akun instagram atau jualan lewat instagram. Jika dirasa ini bermanfaat untuk Anda, segera praktek dan jalankan bisnis Anda melalui instagram. Karena ig ini sangat potensial, dan hampir kaum milineal itu ngumpul di ig. Jadi, kesempatan untuk Anda yang ingin mendapatkan uang dari instagram semakin besar. Selain instagram, jualan di facebook juga tidak kalah menarik lho, silahkan baca tips jualan di facebook.