Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Membuat Iklan FB ADS Yang Baik Dan Bisa Meningkatkan Penjualan Online Anda

Tips Membuat Iklan FB ADS Yang Baik Dan Bisa Meningkatkan Penjualan Online Anda


Banyak yang bilang kalau sering boncos dalam menggunakan media iklan untuk memasarkan produk, sebenarnya dalam beriklan di paltfrom yang satu ini pun sama seperti ketika kita beriklan di platfrom yang lainnnya seperti google.

Apabia kita tahu caranya, sebenarnya ini justru akan membuat bisnis Anda semakin berkembang pesat dan penghasilan Anda pun akan meningkat drastis.

Tanpa mentor atau pengalaman yang memadai, maka mengunakan iklan berbayar ini justru akan membuat kita kehilangan banyak uang dan waktu. Karena kita harus melakukan berbagai uji coba terlebih dulu sebelum benar-benar mahir atau tahu cara beriklan di fb ads.

Adanya mentor, Anda tidak perlu melewati yang namanya uji coba. Karena mentor Anda tentunya telah mencobanya terlebih dulu sebelu di ajarkan ke Anda.

Inilah pentingnya investasi ilmu, sebanyak apaun uang yang Anda miliki. Tetap saja akan cepat habis, namun apabila Anda punya ilmu untuk menghasilkan uang yang banyak. Tentunya, Anda tidak akan pernah kehabisan uang.

...Artikel ini membahas tentang cara beriklan di facebook ads yang lebih efektiv atau mengurangi angka yang besar terhadap keboncosan.

Anggap saja artikel ini di tulis oleh mentor Anda, walaupun saya bukan seorang ahli. Namun, sebelum saya membagikan ini saya juga sudah melakukannya dan bahkan sampai saat ini saya pun melakukannya untuk meningkatkan angka penjualan produk yang saya jual.

Kenapa harus mengunakan iklan berbayar ?


Bagi Ana yang masih mikir gratisan, mungkin ini tidak cocok untuk Anda simak. Namun, bagi Anda yang tidak ingin kalah dalam pesaingan atau ingin bisnis Anda berkembang pesat juga. Maka, ini cocok untuk Anda.

"Jadi, lanjutkan membacanya...

Anda juga bisa membandingkan sendiri, terkait layanan tertentu yang mana 1 mengunakan cara berbayar dan yang satunya mengunkan berbagai metode gratisan.

Tentunya, ketika Anda membutuhkan layanan tersebut. Anda akan memilih mengunakan layanan yang cara memasarkannya dengan mengunakan layanan berbayar, benar seperti itu?

Logikanya... 

Anda menganggap layanan tersebut memang memiliki kualitas atau reputasi yang baik, sehingga berani membayar iklan setiap harinya. Atau lebih terpercaya dibandingkan mereka yang mengunakan cara organik dalam melakukan pemasaran seperti spam disana disini, komen-komen distatus orang atau melakukan follow dan DM sembarang orang.

Cara tersebut tentu kurang efektiv di era saat ini, karena konsumen itu sudah pinter dan tahu mana yang terbaik mana yang tidak. Lebi-lebih, jika Anda buat blog di blogger tapi tidak pakai domain sama sekali. Tentu ini akan menurunkan kredibilitas bisnis Anda tersebut, setidaknya Anda beli domain untuk blog Anda di blogger supaya lebih dianggap dan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen Anda.

Alasan Anda harus beriklan secara berbayar:

  1. Meningkatkan kepercayaan konsumen
  2. Mempermudah Anda dalam mencari konsumen tertarget.
  3. Menggantikan tugas Anda mencari konsumen atau menghemat waktu Anda.
  4. Memperkuat brand bisnis Anda.
  5. Meningkatkan penjualan Anda.
  6. Mempercepat pertumbuhan bisnis atau usaha Anda.
  7. Tidak kalah saing.
  8. Dan lainnya.


Beberapa hal diatas tentu bisa Anda jadikan bahan pertimbangan untuk Anda untuk beriklan dengan mengunakan layanan berbayar. Karena saya sendiri pun pernah ada pada posisi dimana sama seperti Anda, pernah menspam, mikir gratisan dan tidak mau keluar modal untuk beriklan. Namun, setelah merasakan hasil dari beriklan. Sampai sekarang saya terus mengunakan iklan untuk meningkatkan penjualan produk yang saya jual.

Tidak ada ruginya, justru kita bisa menapatkan hasil yang lebih besar dengan modal atau biaya iklan yang minim sekali. Bahkan bisa berkali x lipat dari modal yang kita gunakan untuk beriklan mengunakan layanan berbayar.

Bagaimana cara memaksimalkan iklan facebook ads?


Sebelum saya menjelaskan, ini adalah cara saya atau cara memasang iklan di facebook ads. Jadi, mohon maaf kalau cara saya tidak sama dengan yang mentor Anda jelaskan atau teknik beriklan yang pernah Anda baca sebelumnya. Hasilnya tergantung Anda juga, karena kalau memang Anda melakukan sesuai arahan saya, insya Alloh hasilnya sama seperti yang saya Alami.


  1. Mengunakan Media Blog
  2. Menentukan Konten Yang Tepat
  3. Call To Action yang jelas dalam artikel.
  4. Gunakan gambar iklan yang menarik
  5. Posting Link Arukel di landing page fb dan gunakan judul dan diskripsi yang menarik.
  6. Pilih jenis iklan trafik situs web.
  7. Memilih target Audiens yang tepat.
  8. Membuat pixel di blog tersebut.

Jelaskan mas...

Tenang saja, sayang ingin Anda bisa memahami isi dari konten saya ini dan merasakan manfaatnya. Jadi, saya akan bahas secara detail mengenai poin-poin diatas untuk Anda.

Lanjutkan saja membacanya...

#Mengunakan Media Blog.

Kenapa saya lebih memilih mengunakan blog daripada landing page? Tentunya, ada alasan khusus yang saya sudah pertimbangkan untuk menggunakan blog daripada landing page.

Menurut pengalaman saya, hasil yang saya dapatkan lebih baik daripada mengunakan landing page. Karena kalau halaman landing page itu hanya satu halaman sedangkan blog bisa ribuan halaman, sehingga ketika artkel 1 saya promosikan, calon konsumen juga akan melihat dan membaca artikel lain yang mana akan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk konsumen tersebut.

Tapi, akan lebih baik lagi kalau Anda punya landing page dan blog juga. Ini hasilnya akan lebih baik, namun pengalaman saya lebih enak dengan memanfaatkan blog saja untuk memasarkannya.

"Boleh saja kalau Anda ingin memanfaatkan keduanya...

"Tapi saya tidak bisa membuat blog mas, bagaimana itu?" Setiap pembisnis online pun tidak semua ahli dalam membuat blog, namun karena memang seorang pembisnis wajib memiliki blog. Maka, mau tidak mau kita harus punya. Jika tidak bisa, Anda bisa memakai jasa pembuatan blog untuk membuatkan sebuah blog untuk Anda, harga pembuatan blog itu tidak mahal 500ribu - 1jt kita sudah punya blog yang bagus dengan domain dan hosting sendiri.

Hal yang perlua Anda lakukan...

  • Membuat artikel yang sesuai niche market
  • Upload postingan setiap hari atau 2 hari sekali.
  • Share ke social media.
  • Dan submit artikel di msin pencari.
3 hal tersebut yang saya selalu saya lakukan dalam meningkatkan situs blog pemasaran terkait produk yang saya jual. 

Apakah saya menampilkan produk?

"Yang perlu Anda ketahu, bahwa hal ini tidak di sukai oleh para pengguna facebook. Karena memang mereka bermain facebook itu bukan sedang mencari produk atau ingin membeli produk, sehingga sekreas apapun Anda memaksa atau menawarkan produk ke pengguna facebook. Maka, itu sangat sulit untuk mendapatkan penjualan yang besar. 

Sehingga, dalam blog pun saya tidak menampilkan tentang produk atau harga dari produk yang saya jual. Karena memang harga produk yang saya jual itu sampai 1 juta ke atas harganya, jadi kalau saya langsung menawarkan di blog. Nanti, saya tidak akan pernah mendapatkan no kontak dari calon konsumen yang memang memiliki menat terhadap produk saya.

Kenapa bisa begitu mas?

Kebanyakan mereka takut untuk bertanya karena sudah tahu harga produknya yang mahal, namun ketika sudah masuk list kontak wa. Kita akan jauh lebih mudah dalam memberikan edukasi kepada oreng tersebut supaya benar-benar yakin dan tidak ragu mengeluarkan uangnya untuk membeli produk yang cukup mahal.

Tentu ada caranya, itu termasuk teknik closing. Jadi, mungkin akan saya bahas di lain waktu pada artikel yang berbeda dan khusus membahas tentang teknik closing di wa walapun produknya mahal sekalipun.

Apa yang saya tawarkan di blog?

Saya hanya mengedukasi tentang hal-hal yang kemungkinan terjadi, terkait keluhan yang mereka alami. Namun, masih sesuai dengan alur atau niche target market dari produk yang akan saya tawarkan. Dalam blog tersebut, saya banyak berbagi atau mengisi konten dengan memberikan berbagai tips yang dapat membantu mereka mengatasi masalah mereka.

Jadi, tanpa saya menawarkan produk atau menyuruh mereka untuk menghubungi saya pun. Meraka akan tanya sendiri atau mencari no wa saya yang ada di blog dan saya memasang no wa saya di author bagian bawah artikel.

Kenapa mereka mau menghubungi saya tanpa saya suruh? Karena memang dengan artikel yang saya sediakan untuk mereka dan mereka akan menganggap saya seorang ahli di bidang tersebut. Sehingga akan mereka akan berfikir, kalau saya konsultasi lebih lanjut ke orang tersebut, mungkin saja orang tersebut bisa membantu mengatasi masalah saya.

Sama seperti, ketika Anda tahu blog tips pemasaran ini. Karena saya membagikan tentang berbagai tips yang memang Anda butuhkan. Maka, secar tidak langsung Anda pun akan menganggap saya ahlinya dan tidak ada salahnya saya juga berguru padanya.

Kurang lebih seperti itu...

Jadi, Anda tidak perlu menawarkan pun mereka sudah tahu sendiri apa kelebihan admin blog tersebut. Untuk itu, buatlah blog satu tema agar Anda lebih mudah menjangkau konsumen Anda dan lebih mudah mendapatkan pengunjung loyal. Artinya, jika orang tersebut berkunjung berkali-kali. Maka, ketika anda menawarkan produk atau jasa yang berhubungan atau relevan dengan konten Anda, kesempatan mereka tertarik sangat besar.

Karena saya pun begitu, setiap hari berkunjung ke situs sugeng.id untuk mendapatkan berbagai tentang cara-cara mengedit template blog dan lainnya, dan pada saat saya kembali Mas Sugeng ternyata telah menyediakan template premium, karena saya sudah kenal dan sudah akrab dengan beliau setelah berkali-kali mengunjungi dan berkomentar di sana, saya sudah tahu kalau template yang di buatnya pasti tidak kalah dengan template gratisan yang di bagikan, tentu saya tertarik sekali untuk membelinya dan akhirnya saya membeli, dan tampilan ini pun memakai template beliau, keren yah?

Baca >> Kelebihan Template Mas Sugeng Yang Saya Pakai.

Kita harus bisa membuat pengunjung mau mengunjungi blog Anda lagi, caranya menyediakan artikel 1 niche dan juga usahakan memiliki kualitas yang bagus.


#Menentukan Konten Yang Tepat

Anda bisa pelajari cara membuat konten atau artikel promosi yang bisa menarik perhatian si pembacanya dan disarankan Anda sedikitnya tahu tentang cara membuat copywriting , sehingga konten yang di hasilkan akan mampu menggerakan si pembacanya sesuai pernitah Anda.

Mungkin dari kebutuhan konsumen Anda seperti apa, atau dari kebanyakan konsumen masalahnya apa dan bisa juga membuat konten berdasarkan cerita konsumen Anda yang sudah berhasil atau ada perubahan khusus setelah mengunakan layanan atau jasa dan mungkin sudah membeli produk Anda.

Itu bisa kita ambil dan di jadikan artikel yang menarik, Anda ceritakan saja dan taungkan kedalam tulisan. Kalau kata para master marketing, meeka menyebutnya teknik story telling untuk penjualan.

"Ya, stori telling ini dapat meningkatkan penjualan yang lebih besar daripada konten biasa yang Anda anggap sudah luar biasa. Cara membuatnya pun sangat mudah, karena itu bisa kita ambil dari hal apa yang akan dialami konsumen atau sudah dialami para konsumen Anda.

Ada 1 artikel yang saya buat, tidak panjang atau hanya berapa kata saja. Namun, ternyata dari satu artikel tersebut bisa mendatangkan pembeli yang banyak dan setiap hari pasti closing dari konsumen yang datang melalui artikel tersebut, saya bilang power full bgt ini artikel. Hehe.

Setelah buat artikel, saya langung posting ke social media dan khususnya halaman fb saya terkait produk tersebut dan promosikan mengunakan fb ads.

#Call To Action Yang Jelas.

Apa tujuan dari artikel yang Anda buat tersebut, jika tujuannya agar orang yang membacanya terus baper dan mau menghubungi Anda untuk mencari tahu solusi terbaiknya, atau hanya sekedar memberikan informasi saja.

Tentu ini harus Anda perhatikan, karena dari sini Anda akan mendapatkan pembeli, maka jangan lupa sisipkan apa yang Anda punya atu keahlian Anda kedalam artikel.

Saya kasih contoh yah sedikit...

Anda punya produk yang memiliki khasiat untuk mengatasi kista contohnya,

"Contoh judul: Hanya Karena KISTA! Orang INI Kehilangan Kesempatan Untuk Hamil & Punya Anak"

Itu contoh judul yang tentunya akan membuat orang yang membacanya penasaran, sehingga rasa penasaran tersebut akan mengerakan pikiran bawah sadar mereka agar tahu lebih dalam tentang isi konten yang berjudul tersebut.

Anda baca dulu apa bahayanya kista dan lainnya serta apa saja kemungkinan yang akan dialami oleh penderita kista. Dan untuk membuat meraka tahu bahwa Anda punya rahasia untuk mengobati penyakit tersebut, sisipkan kata-kata seperti contoh berikut ini.

Ini cara saya berjualan dengan teknik terselubung atau tidak menawarkan secara terang terangan yang mana kalau secara terus terang, maka yang Ada orang tersebut mengabaikan postingan kita dan hanya menganggap artikel kita untuk berjualan saja.

"Walaupun saya ada ✰sebut produk✰ yg bisa mengatasi kista dalam waktu singkat bahkan 15-19 hari saja ada yg langsung tuntas atau sembuh total. Tapi.. itu sudah tidak ada artinya karena memang sudah terlambat bunda.

Dari artikel tersebut sudah jelas, bahwa tujuan akhir dari artikel tersebut itu agar orang menghubungi Anda dengan menanyakan produk untuk mengatasi keluhan tersebut. Karena orang yang mengalami keluhan yang sama, tentu tidak ingin mereka mengalami hal yang tidak di inginkan seperti yang Anda tulis di dalam artikel tersebut.

Jadi, untuk hasil yang lebih maksimal. Apabila beriklan, Anda harus mengunakan teknik seperti itu dengan jualan secara terselubung.

Teknik seperti itu adalah senjata saya dalam membuat konten untuk di promosikan, dan hasilnya juga lumayan. Bisa Anda manfaatkan juga ketika Anda ingin menawarkan atau memasarkan produk secara online.

#Gunakan Gambar Yang Menarik.

Salah satu alat visual yang bisa kita jadikan alat untuk marketing secara online yaitu gambar yang menarik, baik dalam mendesain gambar produk maupun gambar untuk Anda upload didalam konten iklan Anda.

Jualan secara online itu hanya gambar dan teks yang kita jual , jadi kalau kita tidak bisa membuat gambar yang bisa menarik perhatian atau tulisan yang menarik perhatian orang lain. Maka, sulit untuk kita menjual produk kepada orang tersebut, karena kurang meyakinkan gambarnya.

Tapi, ingat...!!!

Gambar harus sesuai juga dengan konten atau isinya, jangan asal menaruh gambar. Karena ini juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan konten yang Anda promosikan. Dan usahakan, konten bentuk gambar yang Anda posting bisa membuat yang membaca atau melihatnya mau dengan sukarela membagikannya juga di akun sosmed meraka.

#Posting Link Arikel Dengan Tambahkan Teks Diskripsi Menarik

Setelah konten Anda jadi, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu mengupload link atau bagikan link artikel tersebut ke halaman Anda. Karena link itu yang akan di pasarkan melalui fb ads, dan jangan lupa tambahkan dikripsi yang menarik didalam postingan tersebut.

Anda bisa menambahkan satu kalimat ajakan, supaya merek tertarik untuk membacanya. Jadi, dari judul artikel, diskripsi dalam artikel dan juga diskripsi status harus mampu menggerakan mereka untuk membaca isi konten Anda.

Semua itu bisa Anda pelajari pelan-pelan, yang penting Anda mau belajar terus dan belajar. Saya yakin, Anda juga bisa mengikut cara yang saya ajarkan ini.

Jangan bilang, mas endi saya tidak bisa membuat ini dan tidak bisa membuat itu.?

....Pertanyaan seperti itu hanya akan di tanyakan oleh orang-orang malas, tapi saya yakin yang membaca artikel ini bukan tipe orang seperti itu....

Jadi, lanjutkan terus untuk menggali kemampuan Anda lebih dalam. Karena saya yakin, Anda punya kemampuan yang lebih dari yang Anda ketahui saat ini.

#Pilih jenis iklan traffik situs web & Target audiens yang tepat.

Ada banyak pilihan dalam membuat iklan di fb ads, namun saya lebih memilih iklan jenis ini daripada yang lainnya. Karena ini yang menurut saya lebih baik, karena selain kliknya murah. Pengunjung juga banyak, karena memang menurut riset membagikan link akan mendapatkan banyak interaksi daripada status teks atau tulisan saja.

Jadi, saya memilih iklan tersebut untuk mempopulerkan blog pemasaran saya melalui facebook ads.

...Itu pilihan saya, kalau pendapat Anda berbada. Maka, itu hak Anda dalam memilih.

Untuk audiensnya bagaimana Mas Endi??

Dalam memilih targetnya, kita harus tahu untuk siapa produk kita itu. Contoh, kalau kita punya produk yang berhubungan dengan wanita , umur sekian dan, sudah menikah dan lainnya. Maka, tentu saja Anda harus menargetkan orang tersebut. Bisa dari kebiasaan, kesukaan atau minat-minat tertentu.

Hal ini akan mempengaruhi hasil yang bisa Anda dapatkan dari promosi yang Anda lakukan.

#Memasang Pixel Iklan Di Blog.


....Memasang pixel adalah hal yang terpenting dalam menjalankan ikan di facebook ads. Dengan memasang pixel, kita jadi lebih mudah mencari audiens yang benar-benar tertarget.

Karena, pixel akan merekam atau menangkap aktifitas pengunjung tersebut dan juga mencatat ip.

Sehingga bisa kita bisa targetkan kembali ke orang tersebut ketika membuat iklan baru, apabila belum beli produk yang Anda tawarkan.

"Maka, ketika Anda beriklan lagi orang tersebut akan ingat dengan Anda kembali.

Cara meningkatkan penjualan online dengan fb ads tersebut bisa Anda lakukan apabila memang sudah siap untuk melakukan perubahan pada bisnis Anda. Pasalnya, jika dilakukan dengan tepat dan benar, hasilnya akan lebih dari yang kita bayangkan..

Tapi saya belum cukup modal mas Endi, jadi belum berani beriklan atau melakukan hal tersebut. Apakah ada cara yang bisa saya lakukan agar bisnis saya bisa berkembang tanpa mengunakan iklan berbayar dulu?

Tentu saja bisa...

Pada artikel sebelumnya saya sudah bahas...

Silahkan baca artikel saya tentang "Tips Mudah & GRATIS Meningkatkan Penjualan Online Dengan Social Media Berdasarkan Pengalaman Saya".

Kurang lebih seperti itu, cara saya memanfaatkan facebook ads untuk menjalankan dan meningkatkan pemasaran atau prnjualan produk yang saya jual samap saat ini. Saya yakin Anda juga pasti akan tahu dan menemukan cara terbaik ketika Anda mau terus belajar dan praktek.

Jangan takut gagal, karena sesungguhnya tidak memulai itu sebenarnya Anda sudah gagal dulu sebelum praktek. 

Jangan lupa bagikan artikel ini kalau Anda merasa ini bermanfaat untuk yang lain juga.