Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tips Jualan Online Agar Cepat Laku, Tanpa Harus Banting Harga

 Jualan agar cepat laku, tanpa harus banting harga bagaimana mas?

Pertanyaan tersebut yang sering saya jumpai dan disini kita akan pelajari tentang cara menjual dengan harga tinggi, tapi cepat laku dan tanpa harus banting-bantingan harga.

Banting-bantingan harga memang tidak bisa di terhindarkan, kalau tidak memiliki mindset yang tepat, umumnya karena banyaknya kompetitor membuat kita kseulitan mendapatkan pembeli.

Apakah Anda juga mengalami hal tersebut?

"Jika iya, maka hentikan segera cara pemasaran atau menjual seperti itu. Karena itu termasuk cara paling buruk yang dapat membuat bisnis atau usaha Anda tersebut menjadi tidak sehat dan kehilangan kredibilitasnya di mata masyarakat.

Memberikan promo dan harga termurah tidak bisa kita lakukan secara terus menerus, benar begitu yah? Kalau hal tersebut terus dilakukan, maka darimana kita bisa dapat penghasilan, darimana kita bisa mendapatkan profit, sedangkan hasil penjualan hanya bisa untuk modal promosi dan biaya operasional saja?

Itu yang perlu Anda pikirkan, karena sudah capek-capek jualan, tapi hasilnya tidak ada atau minim sekali. Maka, sama saja Anda melakukan waktu, tenaga, pikiran dan biaya promosi dengan percuma atau sia-sia.

Lalu bagaimana mas, agar jualan tetap laku tanpa harus banting-bantingan harga?

Apabila itu yang ingin Anda tahu, silahkan baca sampai selesai.

Setidaknya ada 5 hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari perang harga dan menjual lebih mahal tanpa harus banting-bantingan harga.

Tips Jualan Online Agar Cepat Laku, Tanpa Harus Banting-Bantingan Harga

Jualan online cepat laku tanpa harus banting harga


Adapun cara agar jualan cepat laku tanpa banting-bantingan harga atau perang harga, berikiut ini di antaranya.


1. Tingkatkan Pelayanan/ Berikan Support Terbaik


Tidak semua orang mau membeli kepada Anda itu karena soal harga, jika Anda mengira semuanya tergantung pada harga. 

Saran saya rubah cara berfikir tersebut, karena dari pola pikir tersebut Anda menjadi kehilangan akal sehat dan cenderung melakukan hal serupa yang dilakukan kompetitir yaitu banting-bantingan harga agar cepat terjual.

"Ya, tidak semua membeli karena ada promo, harga murah dan sebagainya. Jika Anda melupakan satu hal ini, maka Anda tidak akan mendapatkan pembeli yang royal.

Pelayanan yang baik adalah salah satu hal yang perlu kita perhatikan dan tingkatkan, karena dari sini Anda bisa mendapatkan banyak pembeli royal. 

Jika kepercayaan dan kenyamanan telah terbentuk, maka meraka akan merasa cocok membeli di anda daripada di tempat lain meski selisih harganya beda jauh.

Anda kesulitan untuk mendatangkan pembeli ?? Berikan support terbaik saja kepada pembeli atau pengguna yang sudah percaya dan mau membeli di Anda.

Apa untungnya? 

Tentu saja banyak...

Mereka akan membeli lagi kepada Anda lain waktu karena nyaman dan supportnya bagus, dan selain itu pelanggan yang puas dengan pelayanan Anda, mereka dengan sukarela akan bercerita atau merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain juga.

Jika begitu, apa tidak untung besar-besaran?

Tahu sendiri, yang masuk atas rekomendasi ini juga sudah memiliki kepercayaan, jadi Anda tidak perlu banyak bicara, karena calon customer tersebut sudah paham, karena sudah tahu dari pelanggan Anda sebelumnya yang sudah membeli sebelumnya.

Sudah jelas yah, hal ini bisa mengatasi perang harga atau meningkatkan penjualan online tanpa harus banting harga.


2. Tingkatkan Kualitas Produk/ Pelayanan

Tidak ada produk dan layanan yang sempurna, Anda harus tahu itu.

Semua harus di tes dan di uji coba sebelum dipasarkan, ini penting untuk tahu kualitas dan keunggulan dari produk kita. Sehingga lebih mudah pula dalam memasarkan dan mengenalkannya kepada masyarakat.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan, tentu produk yang dulunya populer sangat di kenal kualitasnya, belum tentu di butuhkan saat ini. 

Karena itulah, kita harus lakukan survai terkait produk kita tersebut. Apakah masih banyak yang membutuhkan, apa yang perlu di tambah dan di perbaiki supaya sesuai dengan kondisi dan situasi saat ini serta agar bisa tetap di sukai dan di manfaatkan banyak orang.

Hal tersebut harus Anda lakukan, ini demi memenuhi kebutuhan para konsumen Anda, supaya mendapatkan manfaat dari produk Anda tersebut.

Dulu mungkin sudah cukup bagus dan terbaik, tapi lihatlah para kompetitor Anda. Mereka juga tidak mau kalah dan ingin unggul juga. 

Sehingga memperbaharui produk agar kulitasnya semakin bagus, itu sangat penting agar produk Anda bisa mendapatkan banyak pembeli.


3. Berikan Value Lebih.


Agar jualan cepat laku, Anda harus tahu apa kelebihan produk Anda, keunggulannya apa dan juga nilai tambah apa yang bisa Anda berikan kepada pembeli supaya produk yang Anda jual terlihat lebih murah dibandingkan dengan yang lain tanpa harus menurunkan harga jual.

Inilah cara jualan online yang harus Anda lakukan juga, karena dengan ini penjualan Anda bisa meningkat dan bahkan pada produk mahal sekalipun. 

Tanpa memberikan value lebih kepada pembeli, menjual produk paling laris pun tetap Anda akan kesulitan mendapatkan pembeli kalau tidak bisa memberikan value lebih. Apalagi produk paling laris tentu saingannya juga berat dan memiliki keunggulan tersendiri.

Anda bisa berikan sesuatu untuk konsumen Anda, misalkan memberikan bonus ebook panduan, memberikan gratis konsultasi, bonus bimbingan, bonus panduan konsumsi dan lainnya. Itu semua bisa disesuaikan dengan jenis produk atau layanan Anda.

Tidak perlu memberikan bonus yang berlebihan, apalagi bonus yang bisa merugikan Anda. Berikan bonus yang memang tidak melebihi profit atau sifatnya free.

Memberikan gratis konsultasi, ini sama artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang, hanya butuh tenaga dan pikiran ekstra untuk melayani konsultasi. Gratis ebook, ini juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk bisa kasih ebook panduan, karena satu ebook bisa di download jutaan orang.

Anda bisa pikirkan saja, apa yang bisa memberikan nilai tambah. 

Katakan Anda itu artis atau selebgram, ketika Anda ingin menjual sesuatu misalnya tiket nonton marvel atau film apa lah. Anda bisa menambahkan value "Yang beli hari ini bisa nonton bareng saya, atau mendapatkan kesempatan untuk makan serta dikusi bersama saya", jika memang Anda banyak fans nya, tentu mereka tidak akan pikir panjang, dan tujuan mereka bukan ke tiketnya, tapi ingin makan malam bareng Anda atau nonton filmnya bareng Anda.

Tapi, itu tidak masalah. 

"Yang penting semua tiket yang di jual habis atau cepat laku, bukan begitu?

Itu salah satu contohnya, Anda bisa kreatif dalam memberikan nilai tambah untuk produk Anda agar cepat laku dan juga tanpa harus perang harga atau banting harga.


4. Perkuat Brand

Brand adalah merek dari sebuah produk atau nama perusahan yang menjadi simbol khusus agar mudah di ingat oleh masyarakat. Ketika nama brand Anda sudah populer dan di kenal oleh masyarakat luas, maka Anda tidak akan kesulitan lagi dalam menjualnya.

Hal ini dapat mempengaruhi penjualan produk Anda, dan ketika nama brand sudah terbentuk. Maka, tidak akan ada lagi yang namanya banting-bantingan harga atau perang harga antar kompetitor, ini dikarenakan masing-masing memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri dengan brand mereka masing-masing.

Anda harus tahu tentang cara branding yang benar dan ini menjadi sangat penting dalam pemasaran produk Anda, baik secara online maupun offline. Karena inilah caranya menjual lebih mahal, tapi tetap laris manis.

Ada beberapa hal yang mungkin Anda harus ketahui tentang bagaimana melakukan branding yang benar dan tepat.

Sayangnya, saya tidak membahas tetang cara melakukan branding disini. 

Tapi tenang saja! Anda bisa buka channelnya kang Dewa Eka Prayoga saat kolaborasi dengan ahlinya branding yaitu Kang Dodi Zulkifli, silahkan buka video tips branding produk untuk UKM.


5. Pelajari Cara Melipatgandakan Penjualan


Anda mungkin yang baru tahu blog tipspemasaran.com ini, mungkin belum tahu tentang bagaimana cara melipatgandakan penjualan. 

Nah, ini menjadi materi yang sangat penting ketika Anda ingin jualannya laris manis, cepat laku dan omzetnya meningkat.

Cara sederhana, namun terkadang Anda lupa atau memang kurang wawasan.

Bagaimana melakukannya? Anda sudah saya siapkan artikel tentang bagaimana melipatgandakan penjualan untuk meningkatkan peluang closing lebih banyak dan cepat tentunya.

"Silahkan baca 5 Strategi Melipatgandakan Penjualan Secara Online

Tips tersebut adalah langkah selanjutnya yang dapat membantu Anda menemukan cara pemasaran online yang dapat meningkatkan penjualan produk atau jualan cepat laku serta tanpa harus banting harga. 

Saya sarakan Anda membacanya juga, karena tanpa membaca strategi melipatgandakan penjualan online tersebut, Anda sulit memahami dan menerapkan beberapa tips yang saya sajikan di artikel ini.

Oke, itulah 5 cara saya menjual lebih mahal tanpa harus banting harga atau perang harga dengan kompetitor. Produk sejenis bisa kita jual lebih mahal, kalau kita tahu caranya dan menemukan formula yang tepat untuk membuat produk tersebut dapat menarik perhatian para konsumen.

Penutup: Anda harus tahu bahwa pembeli itu tidak memikirkan kualitas dari produk Anda, karena memang pembeli pada umumnya hanya peduli dengan dirinya sendiri dan ketika produk tersebut dirasa bisa menyelesaikan atau mengatasi masalah mereka, maka penjualan pasti terjadi. 

Baca juga: Cara Dapat Uang 500ribu Sehari

"Untuk itu ketika Anda ingin riset produk paling laris, saran kami bukan mencari produknya terlebih dahulu, tapi temukan masalah konsumennya dulu dan kemudian ciptakan atau jual produk yang dapat menyelesaikan masalah konsumen tersebut, maka jualan akan lebih mudah dan cepat lakunya.

close