Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Mudah & GRATIS Meningkatkan Penjualan Online Dengan Social Media Berdasarkan Pengalaman Saya.



Tips Mudah & GRATIS Meningkatkan Penjualan Online Dengan Social Media Berdasarkan Pengalaman Saya.


Pemasaran online saat ini bukan lagi hal yang asing bagi kita yah teman-teman, bahkan hampir setiap kali kita membuka beranda facebook atau social media lainnya, halaman tersebut isinya orang jualan, apa saja ada termasuk sayur pun sekarang banyak di pasarkan secara online.

"Namun, kadang hasil tidak sesuai harapan..

Benarkah begitu??"

Ada yang jawab benar, berarti Anda masih belum tahu cara melakukan pemasaran yang tepat dengan menggunakan social media.

Salah satu alasan saya membuat blog ini, harapannya bisa memberikan dan membantu Anda untuk meningkatkan penjualan secara online dan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

"Saya memang bukan siap-siapa, buakn orang yang jago pemasaran, buakn pula master jualan. Tapi, saya adalah orang biasa yang tidak sama dengan Anda yang memang punya kegiatan melakukan pemasaran secara online menjual produk-produk tertentu untuk nafkah Anak isttri.

Nah, selama perjalanan saya selama menjalani bisnis secara online.

Saya sedikit tahu tentang cara memasarkan produk, ya hanya sedikit saja selebihnya nanti kalau Anda sudah mendapatkan manfaat dari apa yang akan saya bagikan di blog ini. Setidaknya, ada pengalaman yang bisa saya jadikan modal untuk membuat postingan di blog ini.

Perkenalan?

Sebelumnya, bagi yang belum kenal saya..perkenalkan saya Endi Alimsyah, seorang blogger yang mengandalkan internet untuk berbagai hal termasuk mencari nafkah untuk anak istri dan juga pahala membantu orang yang kurang paham, karena saya sudah dulu dari Anda yang baru memulai menjalaninya anggaplah saya sudah paham, hehe.

Melihat banyaknya orang yang bingung, tiap hari online tapi profit tidak naik-naik dan bahkan cenderung turun.

...Sudah melakukan posting disana disini, tapi tidak ada yang menghubungi dan tertarik dengan produk yang di tawarkan.

Kapan saya closingnya?

Sabar! memang butuh waktu untuk melakukan sebuah perubahan, jangan mengharap hasil yang besar kalau Anda belum memenuhi syarat berikut ini:


  • Memiliki nama di dunia maya.
  • Belum punya komunitas (kolam) yang besar
  • Belum mendapatkan kepercayaan

Sebenarnya 4 hal tersebut kalau sudah Anda penuhi, maka Anda tidak lagi merasa bingung tentang bagaimana mendapatkan closing atau tentang bagaimana cara meningkatkan profit atau peningkatan peningkatan pendapatan yang signfikan.

"Ya, jadi jangan tanya kapan closingnya atau kapan produk Anda akan ada yang membeli. Itu semua akan mengikuti, kalau Anda sudah memenuhi syarat diatas.

Maksudnya bagaimana nih Mas Endi, saya kok bingung dengan apa yang mas sampaikan.?

Baik, saya jelaslkan ke 3 hal tersebut supaya Anda lebih jelas. Karena memang, bahasa saya masih acak-acakan karena memang baru memulai memulai artikel pemasaran seperti ini.

Penjelasan diatas...

1. Memiliki nama di dunia maya.


Setiap produk tentu memiliki nama, setiap tokoh tentu memiliki nama. Semua orang juga memiliki nama, tujuannya apa?

Tidak lain untuk membedakan satu dengan yang lainnya..

Jadi, apabila semua merk sama... 

Apa yang terjadi? Tentu, sulit untuk di bedakan.

Pada poin yang pertama ini, saya menyarankan untuk Anda yang ingin memiliki usaha yang sehat atau bisnis untuk jangka panjang yang baik. Maka, buatlah sebuah brand untuk membedakan dengan yang lainnya dan pembeli akan lebih mudah mengenali Anda terkait keahlian atau produk yang Anda jual.

Ketika nama brand Anda sudah populer di target audiens Anda, maka Anda akan lebih mudah membangun kepercayaan dengan orang baru yang baru tahu tentang Anda.

2. Komunitas yang besar.


Artinya apa itu mas? Anda mungkin sudah tahu, bahwa dengan adanya kominitas ini bisa membuat kita lebih mudah menemukan target konsumen atau mengumpulkan orang yang memang benar-benar minat dengan hal yang berhubungan dengan produk kita.

Jika tahu kebutuhan yang memang dibutuhkan dalam komunitas atau orang-orang didalamnya, maka kita akan lebih cepat mendapatkan penjualan. Selain itu, kita pun akan dengan mudah mendapatkan kepercayaanya karena kita pun ada dalam komuntias tersebut atau memiliki hubungan yang  baik di dalam komunitas tersebut.

Seorang blogger tentu punya grup khusus, dan isinya hampir 99% blogger juga atau orang yang tertarik dengan blogging. Apa yang bisa kita manfaatkan, kita bisa menawarkan jasa pada mereka yang berhubungan dengan kebutuhan mereka.

Apakah mereka pasti beli? Itu sudah pasti, karena mereka memang membutuhkannya.

Apa yang terjadi, jika kita tidak punya komunitas sendiri atau kolam yang besar??

Tentunya, kita akan sulit menjual produk kita...selain belum ada kepercayaan. Orang tersebut juga belum tentu membutuhkan produk kita.

Bukan begitu?

Apa yang saya lakukan?


  1. Saya membangun sebuah grup.
  2. Mengumpulkan orang yang memiliki minat.
  3. Membangun relationship atau hubungan yang baik
Hal tersebut yang saya lakukan ketika saya ingin menjual suatu produk secara online, jadi setelah kita tahu target marketnya, saya membangun komunitas yang berhubungan dengan produk yang akan saya tawarkan ke mereka.

Jelas, apabila kita belum punya komunitas atau kolam yang besar. Maka, saya masih kesulitan untuk mendapatkan konsumen dan mendapatkan keuntungan yang besar. Sehingga jangan mengharapkan hasil yang besar dulu kalu Anda belum bisa memenuhi syarat-syarat diatas.

Satu kata untuk sukses itu ya "PROSES".

Apa saja yang saya lakukan ketika membangun kolam atau komunitas agar bisa menjadi besar?

  • Didalam grup tersebut, saya banyak membagikan sesuatu yang memang bermanfaat untuk member grup tersebut (belum jualan ). 
  • Menjawab setiap pertanyaan mereka dan memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka.
  • Menjalin hubungan yang baik dan saling memahami satu sama lainnya (PDKT).
  • Melakukan pemasaran untuk mengajak orang untuk bergabung ke grup, tentunya orang tertarget sesuai tujuan awal kita.
Ketika saya terus melakukan beberapa hal, tanpa sadar mereka pun kenal dengan saya, percaya sama saya dan juga tahu keahlian saya dan ketika saya menyarankan apa. Tentunya, mereka tidak akan merasa keberatan dan merasa di jualin. 

Kuncinya itu, tidak ada closing cepat tanpa kita melakukan sesuatu untuk membuatnya closing jadi lebih mudah. 

Hal ini sudah saya buktikan dan hasilnya, memang power full sekali. Dan sampai saat ini, penjualan aya meningkat seiring bertambah besarnya kolam kita dan ketika kita sudah mendapatkan kepercayaan. 
Secara tidak langsung, teman mereka yang memiliki keinginan dan tujuan yang sama pun ikut masuk kegrup dan tanpa saya edukasi, mereka yang baru masuk sudah tahu siapa saya, sudah percaya sama saya, sehingga ketika mereka membeli produk yang saya jual pun, mereka sudah tidak ragu atau bilang ini penipuan lah, ini itulah. 

Karena memang, teman mereka sendiri yang merekomendasikan, jika tidak percaya dengan saya, maka sama artinya mereka tidak percaya dengan teman akrab mereka sendiri.

Dan pada akhirnya Closing itu mudah sekali dan bahkan meningkat terus.

Artikel ini hanya sekedar sharing pengalaman saya dalam memasarkan produk secara online hanya dengan social media, tanpa mengunakan ads berbayar dan ini saya lakukan secara gratis.

Jadi, kalau Anda merasa itu kelaman dan bla bla bla...

Maka, apa yang saya sampaikan itu berarti tidak tepat untuk Anda yang memang tipe orang yang tidak bisa berproses. Jika, punya modal yang besar untuk memulainya. Bisa juga Anda langsung menggunakan cara yang berbayar dengan mengunakan layanan iklan online. 

Ada tapinya....

Apabila ini dilakukan tanpa pengalaman, maka uang Anda akan terbuang sia-sia. Karena, melakukan sesuatu tanpa mentor tentu. Itu hanya buang buang waktu Anda dengan percuma dan itu Anda pakai modal yang basar, maka bukan hanya waktu tapi uang Anda juga akan terbuang dengan percuma.

Tentang cara beriklan berbayar dan tips pemasaran yang lebih mendalam, insya Alloh akan saya bahas lain waktu, terus ikuti perkembangan blog ini dan dapatkan manfaatnya.

3. Mendapatkan kepercayaan.


Bagaimana produk Anda laku terjual kalau konsumen pun tidak percaya dengan Anda. Seperti yang saya bilang diatas. Bahwa orang akan sulit mengatakan ini penipuan atau menolak apa yang kita sarankan ketika mereka sudah mengenal siapa kita.

Membangun hubungan yang baik ini yang akan menghilangkan keraguan di hati konsumen terhadap Anda. Karena mereka tentunya akan merasa tidak enak kalau harus mereka tolak atau menuduh Anda penipuan, jika masih ragu dan tidak percaya artinya mereka masih belum mengenal Anda lebih dalam dan Anda butuh waktu untuk lebih mendekat dengan orang tersebut.

Saya rasa ini sudah terjawab pada poin di atas, karena memang cara dari pon ke 2 itu sudah masuk pada bagian mendapatkan kepercayaan konsumen.

Anda tinggal tingkatkan dan perbanyak jaringan atau kolamnya, dengan memperbanyak kolamnya. Ini akan mempercepat pertumbuhan bisnis Anda dan bisnis Anda akan di kenal oleh masyarakat luas. Atau bisa dikatakan CABANG, buka cabang baru di tempat lain ini akan membuat usaha Anda lebih maju dan semakin banyak cabang, tentunya keuntungan Anda akan semakin banyak.

Bisa di bayangkan saja...

...Contoh penghasilan Anda dalam 1 bulan di cabang A mendapatkan 20 juta, karena cabang Anda sudah ada 10 cabang. Maka, penghasilan Anda pun semakin besar karena Anda punya banyak outlet. 

"Jika Anda sudah punya anyak cabang, pemasukan Anda semakin besar kebutuhan pun akan semakin besar pula. Sebagai manusia, tentu punya keterbatasan, bukan begitu kawan? Untuk mengurus banyaknya kolam atau cabang, tentu akan sangat sulit bagi Anda ketika bekerja sendiri. 

Ada perusahaan besar yang di bangun sendiri? Tentu saja tidak, Anda butuh tim untuk membantu Anda untuk berkembang. Dengan adanya tim, pekerjaan Anda menjadi lebih ringan dan juga hasilnya lebih maksimal serta bisnis bisa tetep berjalan.

Postingan Tips Memasarkan Produk Mengunakan Social Media ini termasuk postingan curhat tentang pengalaman saya, jadi masih campur aduk atau gado-gado. Namun, apabila Anda merasa ada pesan-pesan yang bermanfaat. Silahkan di ambil hikmahnya, namun sebaliknya apabila yang Anda rasa tidak pantas atau kurang sreg, maka sebaiknya di abaikan saja.

Ada pertanyaan? Silahkan berikan komentar positif Anda.

Salam
~Endi Alimsyah~

Post a Comment for "Tips Mudah & GRATIS Meningkatkan Penjualan Online Dengan Social Media Berdasarkan Pengalaman Saya."