Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Cara Jualan Secara Online Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Produk

 Dalam menjual secara online, tentu kita harus tahu alur yang benar dan tepat sasaran. Karena tanpa dilakukan secara baik dan benar, maka tidak akan ada penjualan ataupun ada itu sangat minim.

...Untuk itu, saya akan sedikit berbagi untuk Anda tentang cara berjualan secara online.

Kemaren saya sempat menjelaskan cara jualan di shopee, dan kali ini saya tidak akan membahas cara jualan di marketplace atau pembahasan di luar marketplace.

"Ya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan tentunya wajib Anda lakukan. Bukan hanya di baca, tapi di praktekan yah sob.

Jika belum punya produk, bisa ikut serta menawarkan produk yang sudah saya sediakan. Tinggal promosi, dapat penjualan langsung dapat hasilnya, tanpa modal lagi. 

Mudah dan tentunya enak sekali yah?

Sebelum saya lanjut, perlu Anda ketahui. Bahwa, cara jualan online yang ada di sini itu adalah cara jualan produk secara online yang saya lakukan sampai saat ini dan saya aplikasikan ke tim-tim saya juga, dan terbukti bisa meningkatkan penjualan.

Jadi, cara jualan versi saya ini akan kalian pakai atau tidak itu terserah kalian masing-masing..

Karena memang ini cara yang saya lakukan untuk menjual produk secara online.

Langsung saja...

Tips Jualan Online Yang Dapat Meningkatkan Penjualan dan Penghasilan

cara jualan online


1. Buat Web Landing Page.


Apa fungsinya membuat landing page untuk jualan? Landing page ini berfungsi untuk memberikan informasi yang lebih lengkap dari apa yang kita tawarkan, karena yang kita jual itu berbentuk gambar dan kata-kata, maka dalam membuat landing page juga tidak boleh asal.

"Ya, web landing page tersebut untuk memberikan penawaran secara khusus lewat online kapada market kita, sehingga kita tidak perlu menjelaskan panjang lebar kalau di wa atau kontak kita, dalam membuat web landing page kita harus tahu cara membuat landing page yang menarik dan menjual, serta memiliki tujuan yang jelas.

Maksud dari tujuan yang jelas itu seperti apa?

Kalau kita ingin jualan langsung, maka dalam landing page tersebut kita menampilkan produk dan harga serta cara pemesanan yang jelas. Sehingga hasilnya juga jelas, atau tidak membuat bingung orang yang mengunjungi web landing page kita tersebut.

Apabila kita buat landing page tersebut untuk mengumpulkan daftar pelanggan, tentu kita tidak perlu menampilkan produk kita tersebut di landing page. Dan hanya formulir menuju pendaftaran via email atau layanan konsultasi ke wa saja.

Ini pentingnya tahu tujuan di buatnya landing page untuk jualan, jika Anda ingin bisa membuat landing page yang menarik dan menjual. Bisa baca cara membuat iklan yang menarik atau copywiting yang menjual di blog tipspemasaran.com ini sudah saya sediakan juga.


2. Buat Akun Social Media Khusus.


Anda ingin berjualan? Maka, buatlah akun social media seperti facebook dan instagram, khusus untuk menawarkan jualan Anda.

Jadi, dengan begitu akun jualan dan akun pribadi tidak campur jadi satu. termasuk akun wa kita juga harus berbeda, supaya lebih profesional dan tidak campur dengan chat atau status pribadi dan gunakan akun wa bisnis.

Social media tersebut kita gunakan untuk membangun branding dan mengarakan orang tertarget untuk mengunjungi landing page atau web sales marketing yang sudah kita buat.

Atau bisa langsung mengarahkan ke kontak wa, supaya mendapatkan list wa yang banyak dan bisa kita tawarin produk saat di wa.

Setelah membuat akun facebook, tentu kita memiliki tugas baru. Yaitu mencari teman, dan ini adalah tantangan untuk kita. Karena, kalau kita hanya cari teman atau add saja itu hal yang mudah, bukan tantangan. 

Tapi, yang saya maksud adalah teman yang tertarget yang kemungkinan besar akan tertarik dan membeli produk yang kita jual.

Bagaimana caranya? Simak di bawah.

Mencari lewat halaman atau grup orang lain. contoh kalau kita menawarkan produk kesehatan. Maka, kita harus mencari orang yang memang aktif didalam grup kesehatan. Kategori kesehatan itu luas, jadi pastikan Anda memilih halaman yang memang sesuai nice produk Anda. 

Kemudian kita add pertemanan, namun usahakan juga kita memilih orang yang memang masih aktif atau mencarinya di status yang baru, sehingga dapat dipastikan orang yang beritraksi tersebut user yang masih aktif dan jangan sesekali komentar spam.

Hal tersebut kalau kita jualan di facebook, tapi kalau di instagram beda lagi, biar tidak campur disini saya akan bahas yang facebooknya dulu. Dan selebihnya mungkin bisa Anda dapatkan di artikel yang berbeda.

3. Membuat  Halaman Facebook.

Pastikan Anda juga membuat halaman landing page, untuk tempat edukasi market Anda. Anda buat halaman dengan nama yang sesuai dengan produk, nama brand atau kata kunci tertentu. Atau yang penting nama tersebut mencerminkan apa yang Anda tawarkan kepada meraka.

Lakukan update setiap hari dan usahakan 3 kali sehari atau lebih akan lebih baik. Dan perlu di ingat, dalam membuat status halaman pun jangan asal, pastikan sesuai dengan apa yang Anda jual. Maksudnya bukan memajang produk, tapi sharing-sharing terkait hal apa yang masih berhubungan atau relevan dengan produk Anda.

Anda bisa membuat lebih dari 1 halaman, dan semakin banyak Anda mengelaola halaman. Maka, semakin baik juga. Dan begitu juga, kalau Anda memiliki akun lebih dari 1, itu hasilnya akan semakin cepat atau jualan Anda akan banyak diminati dan meningkat penjualannya.

4. Membuat Grup di Facebook.

Apa tujuan membuat grup? Anda mungkin tidak sadari, kalau dalam sebuah bisnis itu Anda harus bisa menciptakan sebanyak-banyaknya kolam untuk market kita. 

Nah, grup ini kita anggap kolam untuk tempat para target market kita atau calon pembeli kita. Apabila kita bisa mengelola gurp tersebut dengan baik, maka jualan Anda akan laris manis tanpa harus melakukan promosi berbayar sekalipun.

Ada banyak keuntungan dalam membuat grup:

  1. Promosi tanpa bayar.
  2. Konsumen akan lebih dekat dan percaya dengan kita.
  3. Bisa menjaring lebih banyak orang tertarget
  4. Mudah mendapatkan member, karena orang di grup akan undang temannya. Yang penting grup Anda bukan grup jualan, dan usahakan di penuhi edukasi dan informasi yang bermanfaat untuk mereka para calon konsumen Anda.
  5. Keuntungan lainnya, nanti anda akan tahu sendiri betapa power fullnya punya grup yang besar.

5. Manfaatkan FB ads.


Ini versi berbayarnya...

Jika Anda ingin bisnis Anda cepat berkembang dengan pesat dan cepat, maka tidak ada salahnya kalau Anda juga mempelajari tentang cara beriklan di facebook.

Tidak perlu takut beriklan, karena tidak ada ruginya bagi kalian. Yang penting tahu cara yang benar dalam beriklan, maka uang yang Anda keluarkan tidak akan sia-sia.

Dengan iklan, kita bisa menjangkau audiens lebih banyak dan mendapatkan calon konsumen lebih banyak juga, selain itu kepercayaan konsumen terhadap bisnis kita atau jualan kita semakin besar.

Bagai mana cara beriklan di facebook? Anda bisa belajar melalui youtube. Disana banyak para mastah membagikan ilmu yang bermanfaat tentang cara beriklan di facebook. Dengan belajar, maka kita akan tahu cara yang tepat untuk membuat iklan yang menarik dan tertarget, sehingga bisa meningkatkan penjualan.

6. Manfaatkan Media Blog.

Bangun branding dengan mengunakan blog, kunci kesuksesan dalam jualan bisa Anda dapatkan dengan memiliki blog yang besar atau blog yang memiliki nilai lebih di masyarakat. Ini menurut saya, karena dengan memanfaatkan blog kita lebih mudah mendapatkan orang-orang tertarget.

Namun, dalam mengelola blog kita harus tahu caranya. Karena kalau asal membuat blog, maka itu tidak akan berpengaruh pada jualan kita, apalagi artikel yang kita masukan hanya artikel copypaste dari blog lain, maka jangan harap kalau blog Anda akan mendapatkan kepercayaan konsumen.

Lakukan beberapa hal ini:

  1. Buat artikel yang relevan dengan produk Anda.
  2. Artikel jangan copas dari blog lain.
  3. Artikel usahakan memiliki standar atau kualitas yang unik dan menarik.
  4. Manfaatkan seo on page dan off page, supaya blog mudah di temukan di google.
  5. Dan rajin melakukan update artikel setiap hari atau secara berkala.
  6. Arahkan pengunjung blog ke landing page Anda.

Nah, itu yang harus Anda lakukan kalau ingin jualan Anda laris manis. Lakukan dengan sungguh-sungguh dan jalani dengan hati yang gembira. Kerena itu akan membangkitkan semangat juang Anda dalam berjualan, tapi pesan saya. 

Berfikirlah, kalau jualan itu cara Anda membantu orang lain. Jangan pikirkaa uangnya, tapi pikirkan tentang bagaimana kita memudahkan orang, memebrikan solusi terkait masalah orang lain dan sejenisnya.

Anda akan mendapatkan timbal baliknya atau uang akan mengikuti dengan sendirinya kalau Anda sukses dalam memabntu orang lain. Percaya atau tidak, Anda akan merasakan itu kalau memang Anda lakukan.

Silahkan di coba dan buktikan sendiri, apakah cara jualan online yang saya lakukan itu bisa membantu Anda juga atau tidak.

Post a Comment for "6 Cara Jualan Secara Online Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Produk"