Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Lakukan Ini Untuk Menghindari Perang Harga Di Shopee Dan Omset Akan Meningkat


Berjualan di marketplace baik di shopee, tokopedia, bukalapak dan lainnya memang tidak lepas dengan yang namanya perang harga. Sangat miris melihatnya, karena hal tersebut bukan hanya merugikan diri kita sendiri sebagai penjual, hal teserbut juga akan menurunkan keadibilitas dari produk itu sendiri dimata konsumenya.

Bagaimana tidak rugi, kalau harga kita salalu turunkan, jika begitu darimana profit yang akan kita dapatkan? Banyak yang bilang , profit sedikit tapi berkah. Namun, jika seperti itu maka usahanya tidak akan berkembang, karena yang pasti biaya operasionalnya pun akan melebihi profit atau pemasukan yang kita dapatkan.

Anda mungkin sedng bingung bagaimana caranya mengatasi perang harga, benar begitu? Bagaimana produk kita tetap diminati walaupun harga yang kita tawarkan berbeda dengan kompetitor atau lebih dari harga yang mereka tawarkan.

Bersaing secara sehat, ini akan menguntungkan semuanya. Bahkan kalau bisa kita saling bekerja sama untuk menciptakan persaingan yang sehat dan keuntungan yang lebih.

Ini akan saya bagikan tips untuk mengatasi perang harga di marketplace shopee atau ketika Anda berjualan secara online. Tips ini saya ambil dari pengalaman saya juga ketika menggarap suatu produk yang cukup banyak sekali yang menjual di shopee.

Sebelum saya benar-benar membuat postingan produk atau mengupload produk di toko saya, saya melakukan berbagai riset dan mengamati kompetitor untuk mengetahui kelemahan dari kompetitor yang ada di shopee tersebut.

Tidak untuk menjatuhkan dan tidak untuk merusak bisnis atau usaha yang mereka jalankan, namun saya berupaya untuk mencari celah agar produk yang sama bisa bersaing dan mendapatkan penjualan yang lebih banyak dari mereka.

Apabila berbicara mengenai rating atau angka penjualan, saya mungkin kalah dengan mereka . Karena mereka umumnya sudah star seller dan juga sudah ada data produk yang terjual bahakan sudah banyak. Ini yang menarik dan sekaligus menantang saya untuk terus berusaha menggali kebutuhan konsumen dan mengetahui kelemahan pesang.

Hal ini saya lakukan tentunya untuk menghindari yang namanya perang harga di marketplace, dan setelah melakukan eksperimen terkait masalah saya tersebut. Akhirnya, produk saya bisa masuk dan mendapatkan penjualan juga yang tidak kala dengan mereka.

Apa caranya mas Endi? Ini akan saya bahas, jadi silahkan lanjutkan membacanya saja yah!

Cara mengatasi perang harga di marketplace shopee, mudah dan sudah terbukti berhasil

cara mengatasi perang harga di shopee


Apa saja yang saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut supaya penjualan di shopee tetap stabil dan bahkan meningkat walaupun menawarkan harga yang lebih mahal dari kompetitor? Ini lah yang saya lakukan, berikut ini di antaranya.


#Mencari tahu kelemahan kompetitor: 

"Setelah menentukan produk dan menemukan produk yang tepat atau produk paling laris di shopee terkait dengan kategori tertentu.

Apakah itu sudah cukup? Tentu saja tidak kawan.

Karena kita harus bisa mengalahkan pesaingan agar mendapatkan penjualan yang bagus, jika hanya riset untuk menemukan produk paling laris di shopee itu mudah. Tapi, sesungguhnya yang lebih sulit itu bagaimana kita mampu mncari celah agar produk kita juga banyak di beli atau di temukan oleh target market kita.

Sepertinya pekerjaannya berat yah mas?

Tidak juga, kalau tahu caranya..

Hal yang pertama saya lakukan setelah riset adalah mengamati gerak-gerik pesaing kita atau menyusup ke pertahanan mereka untuk mengetahui kelemahannya. Bahasanya seperti mata-mata perang yah hehe.

Biar lebih nyambung saja sih, karena ini juga pembahasannya tentang mengatasi perang harga di marketplace jadi saya ikuti alurnya saja.

Lanjut ke pembahasan...

Saya ketikan kata kunci yang sesuai target, dan menemukan toko-toko yang paling banyak di beli dan paling atas tampilnya. Saya buka toko-toko di shopee setu per satu dan kita bandingkan dengan toko lainnya.

Dari situ saya tahu, apa saja yang ternyata bisa membuat toko tersebut produk yang di jual banyak peminatnya, ada sebaigian yang beriklan dan lainnya. Tapi saya belum akan membahas tentang iklan dishopee.

Apa yang saya catat setelah menemukan siapa saja pesaing dari produk yang akan saya tawarkan?


  • Harga yang mereka tawarkan berapa.
  • Bagaimana mereka membuat diskripsi
  • Foto produk seperti apa yang mereka upload
  • Bagaimana tanggapan mereka dalam merespon suatu pesan
  • Value mereka apa saja untuk menarik perhatian konsumen
  • dan lainnya.


Dari situ saya sudah bisa mengambil kesimpulan dan sudah ada gambaran, bagaimana saya menentukan harga yang pas , bagaimana saya membuat produk yang saya tawarkan lebih unggul, gambar produk yang menarik dari mereka, dan memberikanberbagai nilai tambah untuk produk saya tersebut.

Nah, setelah saya berhasil mengetahui itu semua, baru saya memulai menyiapkan meterinya untuk di upload. Dari gambar, caption atau diskripsinya, dan lainnya dan setelah itu baru saya upload.

Katakan produk saya harga 50ribu dan kompetitor menjual dengan harga 40ribu, berarti masih ada selisih 10ribu dari harga yang saya tawarkan ke mereka.

Namun, karena saya sudah tahu kelemahan kompetitor atau hal yang membuat konsumen kurang senang belanja di situ, akhirnya banyak konsumen lari untuk membeli produk saya mesikipun harganya berbeda dan sedikit lebih mahal dibandingkan yang lainnya.

Contohnya:


  • Toko Kompetitor: Gambar produknya biasa saja.
  • Toko Saya: Gambar produk saya dibuat lebih menarik.
  • Toko Kompetitor: Respon sangat lambat bahkan bisa berhari-hari baru balas.
  • Toko Saya: Saya selalu stay dan cepat dalam membalas pertanyaan konsumen.
  • Toko Kompetitor: Tidak ada garansi .
  • Toko Saya: Saya menawarkan garansi, keamanan produk dari kerusakan saat pengiriman.
  • Toko Kompetitor: Packing biasa saja dan banyak komplain karena tidak aman.
  • Toko Saya: Walaupun dropship saya selalu pesan doble wrap agar aman dan rapi.
  • Dan lainnya

Bagimana kalau pendapat Anda kawan-kawan?

Kalau posisi kalian jadi pembeli, kalian ingin beli di saya atau di toko sebelah?

Tidak perlu di jawab, nanti saya ke PD an karena jaabannya banyak ke saya hehe. Iklan sebentar dengan tawa.

Kalau saya ingin membeli produk pun sama, kalau penjual responnya tidak cepat atau kurang ramah, maka langsung cari yang lain. Mungkin anda juga begitu, benar yah?

Jadi, jangan takut untuk menawarkan harga yang mahal dari mereka, karena memang itu hak kita juga dan jika pembeli senang, maka sah -sah saja."Karena memang kita punya keunggulan tersendiri, dan beda dengan yang lainnya meski produk sama tapi beda orang beda pula pelayanannya.

Seperti yang sering di sebutkan oleh para mastah IT , bahwa produk mahal atau murah itu relatif dan juga mahal murahnya produk pasti ada juga jodohnya. Jadi apabila ada orang yang tanya, kok harga produk itu mahal banget yah, itu mungkin bukan jodohnya atau ada yang bilang mereka itu salah toko, mau beli motor masuknya ke srum mobil.

Selain itu apalagi mas yang bisa dilakukan untuk atasi perang harga?

#Kasih Value Untuk Menarik Perhatian.

Orang indo senang bangat dikasih gratis ongkir, atau harga hemat. Bahkan ada konsumen saya yang ingin beli produk harga 1 juta ke atas, itu tidak transfer-transfer karena ada ongkirnya yang tidak seberap, namun setelah itu saya bilang kalau Anda bisa beli hari ini tidak apa-apa saya kasih gratis ongkir. Langusng transfer dianya.. hehe.

Berikan nilai tambah untuk konsumn, entah itu beli 2 dapat 3 atau bonus produk lain dan juga bisa memberikan panduan dan bimbingan sampai berhasil.

Apapun itu, tentunya akan menjadi penting untuk pembeli. Lebih-lebih bonusnya nilainya melebih dari produk yang di jualnya.

Seperti yang dilakukan oleh pak Deny Santoso, ketika beliau menjual tiket marvel. Dan dalam sehari bisa tembus 80juta kalau tidak salah. Tiket marvelnya memang tidak seberapa penting, tapi karena bonusnya nonton barneg beliau dan juga gratis makan bersama beliau serta ikuti webinar gratis, maka mereka sudah tidak lagi memikirkan harga tiket marvel nya, karena bonusnya lebih besar nilainya di banding harga tiketnya.

Anda pun harus bisa melakukan seperti itu, kalau ingin usaha Anda bisa berkembang dan mendapatkan penjualan yang besar tanpa perang harga.

Ini saya lakukan juga, tapi karena produk saya bukan produk fashion atau aksesoris yang mana, butuh bimbingan dan panduan. Maka, saya pun memebrikan value seperti itu untuk calon pembeli, sehingga dengan bimbingan dan panduan tesebut, mereka kan berfikir kalau yang lain yang di bimbing nya berhasil, maka kesempatan untuk saya sukses pun akan semakin besar kalau saya di pandu dan di bimbing beliau juga.

#Manfaatkan Fitur-Fitur Shopee

Setiap marketplace tentu sudah memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri yang mana bisa menguntungkan para pengunanya, baik mereka sebagai seller maupun buyer. Anda tidak perlu bingung cara menggunakanya, karena shopee sendiri pun telah menyediakan tutorial yang lengkap tentang fitur-fitur yang ada.

Anda tidak perlu memikirkan yang namanya perang harga, dan yang harus Anda lakukan yaitu bagaimana cara meningkatkan kualitas dalam pelayanan Anda kepada pembeli. Karena memang pembeli yang menentukan apakah harga tersebut layak untuk mereka beli atau tidak, jika kelebihan atau keunggulan anda lebih di bandingkan pesaing Anda, maka tanpa Anda perintah untuk membeli di toko Anda, mereka tahu yang akan mereka lakukan.

Jadi, saran saya fokus pada pelayanan yang baik kepada pemebeli dan berikan mereka pengalaman yang baik dalam belanja online.

#Edukasi Mereka Dengan Konten Yang Tepat.

Walaupun Anda jualan di shopee atau mengunakan shopee sebagi tempat jual beli, atau tempat Anda menaarkan produknya. Namun, bukan berarti Anda tidak di bolehkan untuk membuat jaringan di luar shopee. Ini bisnis Anda dan ini usaha Anda, dan usaha Anda harus berkembang.

Jadi, sama seperti pada umumnya. Anda bisa memanfaatkan blog khusus untuk memuat artikel Anda tentang apa yang mereka belum ketahui terkait produk Anda. Dan muat konten-konten yang relevan dengan produk yang anda jual. Buat mereka memahami tentang aapa yang mereka alami dan kemungkinan apa yang bisa terjadi kalau mereka tidak beli produk anda sekarang.

Dengan media blog, mereka akan merasa menjadi lebih dekat dan akrab dengan mereka dan mereka akan menganggap Anda seorang yang memang ahli di bidang tersebut, dengan begitu mereka tidak akan membeli ke-orang lain dan lebih memilih Anda yang sudah mereka kenal.

Selain blog, bisa mengunakan platform sosmed lainnya seperti facebook, instagram dan juga youtube sebagai tempat anda mengedukasi para konsumen Anda dan sekaligus media promosi Anda  untuk mendatangkan pembeli ke akun shopee Anda.


Apakah anda sudah terapkan juga di bisnis Anda? Silahkan berikan komentar Anda, kesulitan apa yang Anda alami dalam berjualan online.


Salam Sukses
~Endi Alimsyah~

INGAT !!!"BISA KARENA TERBIASA".

Post a Comment for "Lakukan Ini Untuk Menghindari Perang Harga Di Shopee Dan Omset Akan Meningkat"