4 Jenis Sumber Penghasilan Youtuber Paling Poluler Yang Belum Anda Ketahui

Bagi yang belum tahu, darimana saja sumber penghasilan youtuber? Apakah hanya dari iklan google saja atau ada sumber lainnya? Jawabannya ada disni.

Akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang orang sukses berkat youtuber, dan dari kisah sukses seorang youtuber tersebut. Kita tertarik juga untuk menekukni menjadi seorang youtuber dan berharap sukses meraup penghasilan yang besar juga seperti yang lainnya.

Tinggal upload video,  kita dapat penghasilan setiap bulan, Apakah semudah itu??" Yah, seperti itu. Namun, nyatanya tidak semudah itu. Kita harus bisa menyajikan konten-konten menarik yang memang di butuhkan oleh pengguna.

Ketika kita bisa memenuhi kebutuhan itu, channel kita akan di tonton jutaan pengguna lainnya. Artinya butuh usaha keras serta pengorbanan didalamnya, dan mereka yang sukses berarti mereka sudah melakukan hal tersebut. 

Sehingga, ketika Anda mendengar orang sukses dari youtube. Jangan lihat dari pencapaian yang dia berhasil raih, tapi seperti apa usaha yang mereka lakukan membuat channelnya menjadi besar dan ramai di tonton.

Mereka di awal tentunya, banyak mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan materi mereka hanya menciptakan konten youtube. Hal tersebut dilakukan secara konsiten dan ini memang sangat melelahkan, sehingga wajar kalau mereka bisa menghasilkan uang yang lebih, semua itu berkat usaha keras dan jerih payah mereka.

Apakah kalian juga ingin sukses dan terkenal di youtube?


Tenang saja! selain akan saya share tentang sumber penghasilan seorang youtuber, saya akan bagikan tentang bagaimana cara mengelola channel agar sukses dan bisa menghasilkan banyak uang untuk Anda setiap bulannya.

penghasilan youtuber indonesia


Berikut ini sumber penghasilan youtuber yang perlu Anda ketahui, adapun diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Penghasilan Dari google adsense.
  2. Penghasilan Dari Endorse/Sponsor
  3. Penghasilan Dari Jualan Produk & Layanan.
  4. Penghasilan Dari Afiliasi
  5. Dan lainnya..

Dari ke 4 sumber tersebutlah seorang youtuber bisa mendapatkan penghasilan, ketika bisa memanfaatkan ke 4 sumber penghasilan tersebut. Tidak heran kalau Anda bisa mendapatkan penghasilan jutaan, ratusan juta bahkan milyaran hanya dengan memanfaatkan platform youtube saja.

Anda mungkin tertarik untuk menjadi sorang youtuber juga, benar begitukah? Jika iya, sebaiknya jangan tunda lagi. Pelajari tentang cara menggunakan youtube dengan baik dan benar supaya channel Anda ramai serta banyak di tonton videonya.

Penjelasan tentang darimana sumber penghasilan seorang youtuber


1. Penghasilan Dari Google Adsense.


Ketika Anda menonton video youtube, tentu Anda dirisihkan dengan adanya iklan yang tayang atau tampil saat video di putar. Nah, itulah iklan dari google adsense, yang mana dari situ seorang youtuber bisa mendapatkan penghasilan.

Sumber penghasilan dari adsense ini menjadi satu-satunya sumber penghasilan paling diminati oleh ratusan juta pengguna youtuber dari seluruh dunia. Ini karena memang potensi penghasilannya yang cukup besar.

Semakin banyak yang menonton, semakin besar penghasilannya. Sehingga tidak heran kalau youtuber itu melakukan promosi atau berbagai macam cara agar videonya yang di upload mendapatkan view yang banyak dan bisa trending di youtube.

Penghasilan di hitung dari jumlah tayang iklan dan juga klik dari iklan tersebut, jika yang menonton video banyak. Maka, kesempatan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar itu sangat tinggi. Sistemnya bagi hasil, jadi tidak semua pendapatan itu masuk ke rekening kita, namun di bagi dengan platform youtube.

Jika ingin gajian tiap bulan dari youtube, maka pastikan Anda mengikuti cara yang saya bagikan di bawah. Untuk meningkatkan penghasilan serta mendapatkan gajian rutin tiap bulan dari adsense, melalui platform youtube.


2. Penghasilan Dari Endorse/Sponsor


Anda mungkin mengira, kalau endorse hanya didapat dengan kita menjadi selebgram. Ini juga berlaku untuk mereka yang main youtube, tiktok dan lainnya. Ketika channel youtube kita ramai dan banyak di lihat dan di tonton, maka semakin besar pula kita mendapatkan itu. 

Namun, umumnya ini berlaku untuk channel khusus. Dan lebih ke channel pribadi yang menampilkan siapa kita, kalau akun terselubung. Maka, kita sulit mendapatkan endorse atau sponsor. 

Jadi, jika ingin mendapatkan sponsor atau endorse. Buat channel pribadi, sehingga berkesempatan mendapatkan sponsor atau endorse.

Anda bisa lihat, diluar sana banyak sekali channel youtube yang sukses mendapatkan penghasilan milyaran hanya dari sponsor. Khususnya channel para artis, ini lebih banyak diminati para advertise untuk meningkatkan branding produk atau layanan mereka dimata pengguna internet.

Apakah hanya youtube artis? Tentu tidak, ketika akun kita ramai dan kita sudah menjadi artis yaoutube, maka kita juga punya kesempatan untuk mendapatkan endorse dan juga berkesempatan terkenal juga seperti artis, sehingga banyak juga yang menawarkan kerja sama untuk menjadi model iklan dari produk-produk tertentu.


3. Penghasilan Dari Jualan Produk Atau Layanan Sendiri


Strategi dalam memasarkan produk secara online itu berbagai macam dan bisa memanfaatkan berbagai channel, baik facebook, instagram, tiktok, twitter dan youtube.

Jika Anda punya usaha, bisnis atau produk. Maka, disarankan punya channel youtube juga. Ini akan membantu meningkatkan penjualan Anda serta bisa meningkatkan branding dari nama produk atau layanan Anda.

Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan online. Salah satunya cara pemasaran dengan mengunakan video, ini cukup efektiv saat ini, alat visual yang lebih diminati saat ini yaitu video.

Sehingga tidak heran kalau banyak iklan yang mengunakan video untuk pemasarannya, baik saat beriklan di instagram, facebook ads, google adsense, dan layanan iklan lainnya.

Jadi, selain dari iklan adsense. Seorang youtuber bisa mendapatkan penghasilan lain selain dari iklan adsense. Sehingga, ketika bisa memanfaatkan semuanya. Maka, penghasilannya akan berlipat-lipat lebih besar daripada hanya mengandalkan 1 sumber penghasilan.

Cara memonetisasi video yang ini tidak membutuhkan view atau 4000ribu jam tayang, karena memang tanpa itu. Kita bisa mendapatkan hasil yang besar, kalau Anda tahu cara memanfaatkan youtube untuk jualan produk Anda sendiri.

Mungkin ini akan saya bahas di artikel lengkap selanjutnya tentang jualan di youtube. Jadi, pantau terus situs tipspemasaran.com supaya tahu informasinya dan bisa mendapatkan tips jualan di youtube yang bisa meningkatkan penjualan.


4. Penghasilan Dari Program Afiliasi


Ada berbagai jenis penghasilan yang bisa kita dapatkan dari internet, dan program afiliasi juga banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar youtuber. 

"Ini juga termasuk sumber penghasilan mereka. 

Apakah ini menjanjikan?

Sama seperti yang lainnya, ketika kita tekun dalam menjalankannya dan melakukan cara-cara yang sesuai pedoman youtube atau tidak melanggar kebijakan youtube. Maka, ini juga dapat memberikan penghasilan untuk youtuber.

Bukan hanya dilakukan oleh para blogger saja, ini juga menjadi sumber penghasilan para artis papan atas. Anda mungkin tidak menyadari, kalau Anda terkadang di suruh untuk membeli, mendafar atau bergabung melalui link yang ada diskripsi video, atau link yang di tempelin di videonya.

Itu sebenarnya mereka menjual produk afiliasi atau mengikuti program afiliasi, ketika Anda membeli atas rekomendasi mereka melalui link yang mereka berikan. Ini akan memberikan penghasilan untuk mereka atau mereka mendapatkan komisi dari layanan afiliasi tersebut.

Tidak ada yang dirugikan, karena Anda tetap menikmati vidoenya, butuh dengan layanan yang di berikan dan tidak di bohongi.

Cara kerjanya, seorang yaoutber gabung program afiliasi, dan membuat video tutorial atau video tentang review produk atau layanan afiliasi tersebut dan mengarahkan pengguna untuk melakukan pembelian dari link afiliasi mereka, dan ketika ada yang membeli produk atau memakai layanan tersebut, mereka mendapatkan komisi atau penghasilan.

Peghasilan ini juga tidak kalah besar, bahkan ada yang bisa menghasilkan sampai ratusan juta sebulan hanya dengan program afiliasi. Dalam hal ini, kita tidak perlu membeli produk, tidak perlu melayani dan cukup memasarkan dengan link yang didapat. 

Sangat simple bukan??".

Nah...itulah cara youtuber menghasilkan uang dari aktivitas mereka sehari-hari. Besar kecilnya penghasilan seorang youtuber tergantung bagaimana mereka mengelola channel mereka, karena tanpa atau sedikit yang melihat, menonton video mereka, maka mereka sulit mendapatkan penghasilan yang besar.

Yang sedang kalian jalanin yang mana? Jawab di komentar.


Tips Cara Membuat Channel Youtube Agar Bisa Gajian Tiap Bulan Dari Adsense

*****
cara menjadi youtuber sukses


1. Buat Channel 1 Nice.


Sama seprti halnya blog, membahas 1 nice mamang lebih besar potensi cepat suksesnya daripada kita serakah mengembangkan konten yang beragam. Anda ingin mendapatkan subscribe yang banyak dan meningkatkan jumlah subscribe dalam waktu yang brelatif singkat, yang perlu Anda lakukan yaitu membuat channel youtube dengan 1 nice.

Misalnya Anda buat nice tentang cara memakai jilbab atau membuat konten tentang resep masakan. Hal ini akan mengundang daya tarik tersendiri, sehingga para pengguna yang mamang hobi memasak, akan subscribe channel Anda tanpa kalian suruh seklaipun, karena memang itu bermanfaat buat mereka.

Beda dengan nice gado-gado, karena mereka merasa tidak akan mendapatkan manfaat di lain waktu, maka mereka tidak akan mengikuti channel Anda. Tapi, bukan tidak mungkin juga. Selama Anda bisa menyajikan konten-konten video yang bermanfaat dan menghibur, maka kesemoatan untuk cepat sukses juga besar, jadi tergantung kinerja Anda.

2. Buat Konten Rutin Setiap Hari.


Ketika channel Anda tidak di perbaharui, yang terjadi adalah. Channel Anda turun peringkatnya, turun penghasilannya, turun subscribe dan juga sulit untuk mendapatkan gajian tiap bulan.

Pastikan Anda aktif dan bisa menyediakan konten setiap hari sesuai nice yang kalian pilih, Anda bisa memilih nice yang memang mudah untuk pembuatan kontennya. Jadi, Anda akan mendapatkan ide atau tidak akan kehabisan ide dalam membuat konten video untuk channel Anda.

Ini penting, ketika channel Anda rutin di perbaharui. Maka, ranking channel Anda juga kan mendapatkan nilai yang bagus dari Youtube itu sendiri dan menempatkannya pada posisi yang paling atas atau bisa saja video Anda trending topik.

Gali ide kreatif, sehingga bisa menghasilkan video yang lebih menarik dan layak untuk di tonton. Dan disarankan membuat video yang memang bermanfaat, jangan video hoaks atau video menipu dan sejenisnya. Karena ini tidak akan berkah dunia dan akhirat, buat apa kita punya penghasilan setiap bulan tapi tidak berkah??".

3. Manfaatkan Thumbnail Dan Buat Se-menarik Mungkin


Gambar awal video yang tampil sebelum video di putar itu yang dimaksud dengan thumbnail. Ini memiliki manfaat yang sangat besar dan harus dimaksimalkan, karena dengan gambar yang menarik, ini bisa mengundang banyak penonton video. Untuk itu, sebagai youtuber harus bisa membuat gambar yang menarik untuk awalan video Anda.

Tapi ingat! Anda buat thumbnail yang sesuai dengan isi video Anda. Karena jika terkesan menjebak atau menipu, dan konten tidak sesuai gambar atau judulnya. Maka, Anda akan mendapatkan respon yang buruk dari pengguna, dan ini akan mempengaruhi reputasi channel Anda sendiri.

4. Pelajari SEO youtube.


Belajar SEO Youtube, dan pahami hal apa saya yang dapat membuat video Anda banyak di tonton dan berkesempatan mendapatkan penempatan yang bagus di hasil pencarian youtube.

Pada artikel ini, saya tidak bisa menjelaskan tentang bagaimana cara optimasi seo channel youtube. Karena itu menjadi pembahasan yang menarik dan mungkin akan di share dilain waktu di blog ini. Pastikan Anda berlangganan di blog tipspemasaran.com ini untuk mendapatkan infonya.

4 Hal penting dalam optimasi seo youtube:


  1. Buat judul seo dan menarik
  2. Gambar thumbnail menarik
  3. Diskripsi sesuai judul dan mengandung katakunci diawal.
  4. Isi tag pada pengaturan video.

Kenapa harus belajar seo youtube? Ini berguna untuk semua youtuber, karena ini akan membuat video Anda menjadi no 1 di penjarian youtube sesuai nice channel Anda. Jadi, hal ini baik kita lakukan agar channel kita cepat sukses dan bisa gajian tiap bulan dari youtube.


5. Berkalaborasi Dengan Youtuber Lain.


Mungkin Anda merasa, sulit sekali mendapatkan penonton atau view yang tinggi. Ini karena Anda tidak tahu caranya saja, sehingga Anda buat video selalu sepi, padahal video sangat bermanfaat sekali.

Solusinya, Anda bisa berkalaborasi dengan sesama youtuber. Ini akan meningkatkan kepopuleran channel Anda, karena ketika Anda berkalaborasi dengan baik dengan sesama youtuber sesuai nice Anda. 

Channel Anda juga akan muncul di timeline pengguna tersebut, karena youtube tahu kalau mereka suka dengan konten tersebut atau yang berhubungan dengan konten yang baru saja di lihatnya, sehingga peluang untuk sukses di youtube dan gajian tiap bulan akan semakin BESAR.

6. Konsisten Dan Fokus Pada Kualitas Konten.


Jika Anda hanya bisa membuat konten seminggu 2 kali atau seminggu 1 kali, maka pastikan konten tersebut memiliki kualitas yang tinggi atau baik. Jadi, konten Anda akan selalu di nanti oleh para pengguna youtube sesuai passion mereka.

Anda juga harus konsisten dalam membuat dan mengupload videonya, jadi ini kunci sukses untuk menjadi youtuber terkenal dan terpopuler. Jangan harap sukses kalau Anda tidak bisa konsisten dalam menyediakan konten video. 

Bayangkan kalau dalam 1 bulan 1 video yang di upload dan itu kualitasnya juga standar, maka sulit sekali untuk Anda sukses kalau cara kerja Anda seperti itu.

Konsiten pada pembuatan konten, dan usahakan sehari 1 video kalau memang kalian serius ingin channel nya bisa memberikan penghasilan untuk Anda.

Patuhi pedoman dan kebijakan youtube.

Banyak sekali yang ingin cepat kaya dari youtube dan ingin cepat bisa menghasilkan dari youtube, sehingga mereka lupa tentang cara bermain youtube yang benar dan sesuai dengan aturan youtube tersebut dan melakukan reupload video orang lain sesama youtube. 

Hal ini yang sering terjadi, bahkan ada sampai berbagai macam cara mereka lakukan demi untuk menghasilkan.

Sehingga ketika pola pikir kalian seperti itu, justru hal tersebut akan merugikan Anda sendiri, karena apa yang kalian bangun, apa yang kalian kerjakan , itu tidak akan bertahan lama dan bahkan belum sampai sukses, channel Anda sudah di non aktifkan.

Saran saya, sebaiknya hentikan aktifitas yang seperti itu, karena ini tidak akan berguna dan bermanfaat untuk kalian. Jika memang ingin sukses dalam jangka panjang, Anda harus kreatif dengan ide-ide berlian Anda, sehingga ketika konten Anda viral, Anda juga bisa terlibat didalamnya, bukan memviralkan video orang lain.


Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Jika memang ada yang kurang paham, sebaiknya tinggalkan komentar dan tanyakan apa yang kurang paham. 

"Sebelum ini, saya juga sudah membuat artikel tentang peluang usaha modal 200ribu, bagi Anda yang sedang bingung ingin usaha apa selain menjadi youtuber, usaha tersebut bisa Anda lakukan. Dan jangan lupa, simak juga cara menjadi blogger sukses, siapa tahu bisa menambah wawasan Anda juga.