Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kisah Nyata Pengusaha Sukses Dari Keluarga Miskin Di Indonesia

Kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin di indonesia ini untuk menepis anggapan bahwa untuk menjadi sukses itu haruslah berasal dari keluarga yang kaya raya dan banyak harta.

Padahal setelah saya amati ada banyak sekali Kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin di indonesia, yang sukses membangun suatu bisnis tanpa ada latar belakang keluarga orang kaya ataupun pengusaha.

Jadi ini suatu bukti bahwa sukses tak haruslah menjadi orang kaya dan siapapun bisa menjadi bagian dari Kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin di indonesia selanjutnya asalkan mau menjalani proses berwirausaha dengan baik.

Siapa saja pengusaha sukses tersebut? Ini dia kisahnya :

Kisah Nyata Pengusaha Sukses Dari Keluarga Miskin Di Indonesia

kisah nyata pengusaha sukses

1. Eka Tjipta Widjaja

Melihat kesuksesan seorang Pk Eka Tijipta Widjaja saat ini pasti banyak yang tidak menyangka bahwa beliau dahulunya adalah orang miskin dan memulai kerajaan bisnis Sinar Mas miliknya saat ini benar benar dari nol.

Yakni ketika dia dan keluarganya datang  ke indonesia sebagai imigran dari tiongkok dimana umur beliau pada saat itu baru beranjak sekitr 9 tahun. Kondisi keluarga beliau saat itu benar benar kesulitan secara ekononi dan orang tua beliau juga banyak terlilit hutang. Dari situ beliau memutuskan tidak menyelesaikan pendidikan SD dan memutuskan untuk mencari uang saja.

Berbagai pekerjaan dilakukan terutama berdagang dan berjualan seperti permen, biskuitpun pernah beliaun lakukan, sampa akhirnya beliaupun bisa mendirikan pabrik kertas pertama milik SInar Mas Group yang saat ini menjadi salah satu perusahaan tersebesar di Nusantara.

2. Chairul Tanjung Si Anak SIngkong

Lewat sebuah buku "Chairul Tanjung Si Anak Singkong" kita bisa mengetahui bahwa pak Chairul Tanjung yang merupakan sosok dibalik suksesnya CT Corp yang mebawahi cukup banyak perusahaan besar lain seperti Trans Corp. Mega Crop Dan CT Global. Membangun kerajaan bisnisnya bukanlah berasal dari orang yang kaya.

Karena beliau di waktu kecil juga merupakan orang miskin yang sempat mengalami banyak lika liku kehidupan. Terutama disaat usaha percetakan kecil milik ayahnya harus tutup karena dinamika politik saat itu. Pk Chairul tanjung kecil bersama keluarganya harus tinggal di sebuah losmen kecil yang sempit.

Namun hebatnya beliau tidak pernah patah arang dan putus asa, dan tetap bertekad menyelesaikan pendidikan hingga ke bangku kuliah dimina biaya sekolah dia dapatkan dari hasil berdagang.

Sampai akhirnya setelah lulus kulah beliau dan 2 orang temannya mulai membangun usaha sepatu anak anak yang di ekspor ke italia, dan usahapun berhasil, walaupun akhirnya beiaupun dan 2 orang rekannya memutuskan untuk memulai usaha sendiri sendiri karena perbedaan visi dan misi. Namun dari situlah awal kesuksesan beliau membangun kerajaan bisnisnya hingga sekarang.

3. Dahlan Iskan

Pk Dahlan Iskan Juga salah satu kisah nyata pengusaha sukses yang berasal dari keluarga miskin. Karena beliaupun terlahir dari seorang bapak yang hanya pekerja serabutan dan sang ibu yang hanya pengrajin batik.

Sejak kecil beliau hidup bisa dikatakan serba kekurangan, karena terkadang untuk makan saja sangat sulit, dan beliau hanya memiliki sata stel baju untuk di pakai sehari hari, bahkan orang tua beliau tidak mampu membelikan sepatu untuk sekolah ketika beliau masih SD, yang meyebabkan Dahlan Iskan kecil harus nyeker ke sekolah meskipun jaraknya cukup jauh dari rumah.

Untuk membantu keuangan keluarga dahlan iskan kecil membantu orang tuanya menyabit rumput, mengembala kambing dan pekerjaan serabutan lain, yang membuat beliau tumbuh menjadi orang yang kuat dan bermental baja.

Dan saat ini beliau menjadi salah satu orang sukses di indonesia yang berhasil membangun bisnis dibidang media yakni JPNN yang merupakan jaringan media terbear di indonesia dengan 190 surat kabar, majalah dan tabloid, yang percetakannya tersebar di seluruh indonesia berikut stasiun Tv nya.

4, Sudono Salim

Pendiri Salim Group ini juga salah satu kisah nyata bahwa untuk sukses berwirausaha itu tidaklah harus berasal dari keluarga yang kaya raya. Karena beliau terlahir dari seorang anak petani miskin di china, yang menyebabkan beliau harus putus sekolah pada usianya yang baru menganjak 15 tahun, karena harus membantu keuangan keluarga dengan berjualan.

Dan untuk mecoba peruntungan hidup beliau memutuskan untuk menjadi imigran ke indonesia dengan menumpang kapal dagang belanda, dimana sesampainya di indonesia untuk bertahan hidup beliau menjadi buruh di pabrik tahu dan kerupuk di kudus.

Setelah memiliki sedikit modal beliau memutuskan untuk mencoba bisnis jual beli cengkeh dan tembakau yang sempat membawa beliau menjadi juragan cengkih dan tembakau di kudus pada saat itu sebelum akhirnya bangkrut pada saat jepang menjajah indonesia.

Namun semua itu tidak membuat beliau patah arang, setelah indonesia meredeka, beliau pindah ke jakarta dan membangun bisnis baru di bidang logistik dan persenjataan untuk tetntara. Inilah yang menjadi cikal bakal kesuksesannya mendirikan perusahaan indofood dan perusahaan lain miliknya saat ini.

5. Bob Sadino

Tahukan sahabat, bob sadino memulai bisnisnya dengan berjualan telur ayam negeri dari rumah ker rumah dan menawarkan secara lansung kepada masyarakat. Karena saat itu dia baru saja mengalami kebangkrutan dari bisnis sewa mobil karena mengalami kecelakaan.

Dari hasil menjajakan telur dari rumah ke rumah tersebutlah bob sadino bisa membangun kerajaan bisnisnya yang masih tetap eksis hingga sekarang meskipun beliau telah tiada. salah satu contohnya seperti kemfarm, kemchick dan kemtravel.

Dari sini bisa kita lihat beliau membangun bisnis benar benar dari nol, dan tidaklah dari modal yang besar ataupun berasal dari keluarga yang kaya raya.

Demikianlah beberapa kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin di indonesia. Masih banyak lagi yang lain sebenarnya, namun tidak bisa saya tulis semua disini. Baca juga :Pengusaha makanan internasional