Bagaimana Cara Jualan Produk di Facebook Lebih Efektiv? Ini Solusi Meningkatkan Penjualan Online Anda

Tipspemasaran.com - Berjualan secara online saat ini sudah menjadi hal yang sangat umum, karena hampir semua dagangan sudah masuk ke dunia online. 

Anda memiliki produk, tapi tidak mau memasarkannya secara online? Maka, Anda akan kehilangan banyak pelanggan dan pemasukan. Karena bisa dipastikan, pesaing bisnis Anda itu sudah aktif dalam dunia online.

Apapun bentuk jualan atau dagangan Anda, manfaatkan juga media online untuk menjangkau pelanggan Anda.

Media social salah satu tempat yang bisa Anda manfaatkan, entah itu facebook , instagram maupun lainnya. 

...Pada pembahasan kali ini, admin akan membahas tentang teknik atau cara jualan online di facebook. Baik secara gratisan maupun berbayar akan saya jelaskan disini.

cara jualan online di facebook


"Apakah ini yang sedang Anda cari??

..Jika iya,,,

Maka, simak sampai selesai postingan saya kali ini ya...

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa salah satu media social atau sosmed yang banyak digunakan yaitu facebook, entah itu anak muda maupun orang dewasa.

Saya yakin, semua orang pasti punya akun facebook..

..Disinilah kesempatan kita, banyaknya orang yang menggunakan facebook...

Sudah pasti akan banyak peluang juga untuk kita menjangkau lebih banyak pelanggan atau pembeli melalui facebook tersebut.

Ada banyak sekali pertanyaan masuk, kurang lebih seperti ini.

"Mas, bagaimana cara jualan produk di facebook? Saya sudah melakukan berbagai cara, tapi hasilnya tetap kurang maksimal.

"Cara promosi di facebook yang efektif bagaimana mas? saya sudah bayar iklan facebook pun hasilnya tetap saja kurang dan bahkan boncos terus.

" Adakah cara promosi gratis di facebook yang efektif dan bisa meningkatkan penjualan?

" Tips jualan di facebook gimana sih?

Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seperti itu, untuk itu disini saya akan membahas terkait hal tersebut untuk Anda semua. Harapannya bisa membantu meningkatkan penjualan produk yang Anda jual.

...Mari kita simak lebih lanjut!!

Cara Jualan Produk Di Facebook Secara Gratis Yang Efektif

Jika Anda baru memulai jualan online dengan facebook, maka cara gratisan bisa Anda lakukan. Ini feketif untuk membantu meningkatkan penjualan, namun jika sudah punya penghasilan, sebaiknya lupakan yang gratis dan manfaatkan yang berbayar yang lebih besar potensinya.

...Memasarkan produk secara online dengan menggunakan facebook sebenarnya tidak terlalu sulit dan juga bukan hal yang mudah, apalagi pemula. Benar begitu yah?

1. Membuat dan membangun kolam di facebook.

Ini cara yang saya lakukan, awalnya ini sangat menyita waktu dan tidak secara langsung mendapatkan penjualan. Karena ini adalah proses awal untuk mendapatkan pembeli, sehingga butuh kesabaran serta kerja keras untuk melakukannya.

"Ya, Anda bisa membuat kolam di facebook untuk mengumpulkan calon pembeli, adapun jenis kolamnya sebagai berikut:

  • Membuat halaman facebook khusus.
  • Membuat dan mengembangkan grup khusus.'

Selain akun facebook, anda juga harus membuat 2 hal tersebut untuk kolam Anda nantinya. Anda bisa mengembangkannya dan mengisi konten yang sesuai produk atau jasa yang Anda jual.

Pada dasarnya, membangun komunitas atau mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama dengan produk yang kita jual. Dengan begitu, maka kita akan jauh lebih mudah mendapatkan pembelinya.

...Hal yang perlu di ingat, jangan langsung menawarkan produk di kolam Anda tersebut. Bangun kepercayaan dan bagikan sesuatu yang memang dibutuhkan oleh member grup atau pengikut halaman Anda.

Contoh, Anda menjual berbagai alat pancing.

Dalam membagikan konten, Anda bisa mengisi konten dalam kolam Anda tersebut seperti konten memancing, membagikan resep umpan pancing, tips dan teknik memancing dan lainnya yang sesuai tema.

...Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kepercayaan oleh pengikut Anda. Tanpa menjual pun, mereka akan mencari Anda dan menanyakan kepada Anda terkait umpan atau alat yang Anda gunakan dlm konten tersebut dan ujung-ujungnya jualan juga.

2. Promosi Melalui Grup Orang Lain.

Bagi Anda, membangun grup sendiri mungkin sangat melelahkan dan sulit mendapatkan pengikut. Apkah seperti itu??"

Tenang saja!! ada cara lain yang bisa Anda lakukan dan bahkan bisa lebih cepat mendapatkan penjualan melalui facebook.

"Ya..., memanfaatkan grup yang ada di facebook dengan member yang sudah banyak.

Kita memang dilarang promosi, namun kita bisa mencari celah untuk melakukan promosi digrup tersebut dengan berbagai macam cara. 

Apa saja caranya??"

  1. Memanfaatkan komentar: Anda bisa membantu memberikan jawaban khusus di status member lainnya yang merasa membutuhkan jawaban. Jika grup yang Anda pilih relevan, maka Anda akan dengan mudah menjawabnya. Ini salah satu membangun kepercayaan di grup, sehingga tanpa promosi mereka akan tahu apa yang kita jual dan karena sudah percaya, mereka akan membelinya tanpa ada rasa ragu. " Jangan langsung promosi, karena memang teknik ini sangat rawan di blok admin.
  2. Membuat postingan tentang tips n trik yang dibutuhkan pengguna, dan di harapkan postingan Anda bermanfaat dan bisa membantu para pengguna lainnya. Jangan promosi terang-terangan, gunakan stroy telling untuk melakukannya. Ini cara ampuh jualan online di facebook secara gratisan. Akun anda sebaiknya sudah di buat semenatrik mungkin dan memajang apa yang anda jual.
  3. Bisa mengajak kerjasama dengan admin grup, namun ini bisa dibilang cara yang berbayar. Jadi, Anda juga bisa mengajak kerjasama dengan pemilik grup, tawarkan kerja sama yang menarik dan menguntungkan juga buat admin, saya yakin admin juga akan mau.
Cara jualan di facebook seperti itu, saya lakukan juga sampai saat ini dan ini saya lakukan secara gratis, namun kebanyakan sekarang saya sudah melakukannya dengan cara yang berbayar.

...Lakukan cara tersebut, dengan penuh keyakinan serta mau berusaha lebih keras. Cara promosi berbayar dan gratisan beda, sehingga Anda harus bekerja lebih ekstra kalau mengunakan cara promosi di facebook dengan cara yang gratisan.

3. Membuat banyak akun facebook.


Selain membuat kolam, saya juga membuat banyak akun untuk melakukan promosi di facebook. 

Anda bisa bergabung kegrup khusus yang sesuai jualan Anda, dan menambah pertemanan facebook Anda dengan orang-orang yang butuh produk atau jasa Anda.\

...Kemudian, Anda inbox mereka dan menawarkan jasa/jualan Anda kemereka.

"Teknik ini dinamakan jemput bola, karena kita yang menawarkan kemereka secara terang-terangan.

Memang ini butuh proses yang melelahkan serta akun yang kuat, tapi ini juga efektif untuk dilakukannya. 

Pada intinya, kita add pertemanan kepada orang yang tepat.

"Maka, cepat atau lambat mereka juga akan tertarik dengan layanan kita. Tinggal bagaimana kita mengelola pertemanan tersebut, agar menjadi konsumen. Tentunya, kita harus rajin update setatus yang bisa menggerakan mereka untuk membeli produk yang kita jual.


Nah, itulah cara promosi di facebook secara gratis.

Lalu, bagaimana cara promosi berbayar dengan menggunakan facebook??"

"Yang saya lakukan ada 2 hal tau cara promosi di facebook...

Cara Promosi Di Facebook Berbayar

1. Mengunakan Facebook Ads.

Ada banyak sekali keuntungan untuk kita mengunakan facebook ads, dan berikut ini diantarnya:

  • Bisa menjangkau lebih banyak audiens dengan cepat.
  • Bisa menarketkan orang sesuai minat, perilaku dan juga kota tertentu.
  • Bisa mendapatkan penjualan lebih cepat 
  • Menghemat waktu, tenaga dan tentunya biaya.
  • Penjualan meningkat tentunya.
Bagi pemula, memang ini tidak mudah. Walaupun bisa membuat iklan tayang, tetapi belum tentu penjualan bisa meningkat.'

Ada cara-cara tersendiri dalam membuat iklan facebook agar jualan kita laris manis, tanpa menguasai cara beriklan di facebook ads. Anda bisa saja boncos atau tidak balik modal.

Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya, terkit cara memaksimalkan iklan facebook ads atau membuat iklan facebook ads lebih menarik untuk meningkatkan penjualan.

Bukan hanya itu, saya juga sudah bagikan tentang cara membuat copywiting iklan yang menarik. Bisa Anda simak pada artikel saya sebulumnya di situs tipspemasaran.com ini.

2. Bekerjasama Dengan Admin Grup/ Sewa Grup Khusus.

Selain mengunakan iklan facebook ads, kita juga bisa mendatangkan pembeli yang tertarget.

"Yaitu, dengan memasarkan produk kita dengan di tempat yang tepat dan dengan cara yang tepat...

...Apabila media online yang kita gunakan itu facebook, kita bisa memasarkan produk kita secara online di grup facebook.

"Saya sendiri, banyak menyewa grup facebook untuk memasarkan jualan saya. Hasilnya tidak kalah dengan mengunakan facebook ads, karena saya memilih grup yang memang relevan dengan produk yang saya jual.

Kenapa harus digrup yang relevan??"

Sebenarnya ini pertanyaan yang sudah bisa Anda jawab sih!

Memilih grup yang relevan untuk promosi produk, ini akan memungkinkan kita mendapatkan lebih besar penjualannya. Karena kita memasarkan ke orang yang tepat dan di tempat yang tepat, atau sesuai target market kita.

"Ya...

Sebelum melakukan pemasaran, menentukan atau mencari tahu siapa target market kita itu sangat penting. Pasalnya, dengan mengetahui siapa target market dari produk tersebut, kita akan lebih mudah menemukan pembelinya dan cepat hasilnya.

Anda bisa mencari grup yang aktif dan terawat serta terlihat interaksinya bagus, kemudian hubungi admin untuk menyewa grupnya.

Biasanya, ada tarif sendiri tergantung kualitas grupnya..

...Jadi, tanyakan saja biaya promosi di grupnya berapa.

"Anda bisa gunakan cara yang saya lakukan untuk melipatgandakan penjualan produk anda secara online. 

Nantinya, anda akan paham tentang bagaimana memasarkan produk dengan baik serta tertarget. Jadi, jangan berhenti belajar dan memahami alur jualan online yang tepat yah!

"Tapi jangan lupakan hal yang saya sebutkan diatas pada poin pertama, karena dari grup facebook kita juga bisa menghasilkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah perhari. Sehingga sayang untuk di lewatkan, apa poinnya". 

Bisa scroll ke atas untuk membaca ulang artikel ini supaya benar-benar bisa memahami bagaimana cara promosi produk di facebook yang efektiv.

Teknik atau tips pemasaran sudah saya bagikan banyak di blog sederhana ini, silahkan jelajahi saja isi blog ini ,temukan apa yang anda cari serta butuhkan. Terimakasih!