Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Cara Agar Usaha Kuliner Anda Booming & Banyak Peminatnya

Punya bisnis kuliner lokal, tapi sepi pembeli?? Kini saatnya Anda rubah strategi pemasaran untuk usaha Anda tersebut, saya akan mencoba batu Anda, supaya usaha kuliner Anda banyak pembeli dan diminati banyak orang.

"Jika dulu hanya mengunakan spanduk, banner untuk promosi, kini sudah jauh berbeda. Dan kalau Anda melakukan cara tersebut, bukan tampah ramai. Tapi, uang Anda akan habis untuk biaya iklan seperti itu.

Kalau ada yang lebih murah, terterget dan cepat hasilnya, kenapa harus mengunakan cara lama yang memang sudah kurang efektiv lagi.

"Ya, onlinekan usaha kuliner Anda tersebut. 

Dengan cara ini, saya berani jamin. Usaha kuliner Anda akan booming dan banyak diminati, jika tidak percaya. Silahkan buktikan saja, jika tidak berani. Maka, siap-siap Anda gulung tikar. Karena pesaing Anda telah mendahului Anda dalam menjangkau pelanggannya.

Tidak perlu di tanya lagi, siapa sih yang tidak kenal dengan online? dan hampir setiap hari. Online menjadi rutinitas orang saat ini, rasa ada yang kurang kalau belu buka youtube, atau facebook , instagram dan ini bisa kita manfaatkan untuk mengenalkan usaha kuliner kite kepada mereka melalui sosmed.

agar usaha kuliner cepat terkenal


...Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pemasaran online dan disini Anda akan menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan omzet usaha kuliner Anda.

Apa saja itu? Simaklah ulasan ini dan terapkan.


  1. Pastikan Anda sudah menentukan nama untuk usaha kuliner Anda yang unik & menarik ( Brand usaha kuliner ).
  2. Buat sebuah website.
  3. Buatlah akun sosmed, baik halaman fb, instagram dan youtube.
  4. Sewa selebgram bila perlu.
  5. Buatlah foto atau video yang menarik & menonjol terkait menu spesial Anda.
  6. Manfaatkan iklan berbayar. 
  7. Pastikan Selalu Ada Menu Baru.


"Akan saya bahas lebih mendalam lagi, baca selengkapnya di bawah ini..

Strategi Membuat Usaha Kuliner Jadi Terkenal & Banyak Diminati

"Ya, Anda mungkin sering mendengar tentang pengusaha kuliner sukses dengan memanfaatkan media online sebagai alat pemasarannya. 

Setelah melihat dan mendengar kisah sukses tersebut, mungkin dalam hati. Kapan yah usaha kuliner saya seperti itu, bisa booming dan banyak diminati.? Kalau seperti itu kan, saya bisa cepat kaya.

Hal yang wajar, karena itu manusiawi. Orang tidak ingin hidupnya sengsara dan ingin bahagia serta kaya. Anda berhak berhayal, Anda berhak bermimpi, karena impian itulah yang akan mendorong Anda melakukan sesuatu yang dapat membuat mimpi Anda tersebut menjadi kenyataan.

Jika itu mimpi Anda, saya akan bantu kasih jalan pencerahannya melalu artikel cara membuat usaha kuliner menjadi terkenal dan memiliki omzet ratusan juta bahkan milyaran.

Sudah siapkah Anda?

"Yessss...yesss...yesss...

1. Tentukan Nama Brand Usaha Anda.


Kenapa setiap orang di kasih nama, sudah jelas tujuannya. Yaitu untuk membedakan 1 sama yang lain. Brand untuk usaha kuliner Anda juga sama, untuk membedakan usaha Anda dengan usaha orang lain, karena yang namanya usaha, tentu saja bukan cuma 1 atau 2 yang sama.

Dengan menentukan nama, Anda tidak akan kehilangan pelanggan Anda karena mudah di ingat. Bayangkan ketika usaha Anda sudah besar, tapi tanpa di kasih nama. Maka, pelanggan akan kesulitan menemukan Anda, sehingga tidak ada yang namanya pelanggan royal. 

Contoh kecil, saya menjual produk herbal terkait diet dari sebuah perusahaan tertentu, produknya sudah ada nama. Dan nama itu sudah populer di masyarakat dan saya menawarkan produk tersebut secara online dengan menggunakan nama produk, bukan nama brand saya.

Apa yang terjadi? Ketika pelanggan saya yang sudah membeli dari saya, tapi berhubung ada masalah kontak saya hilang dan ketika pelanggan tersebut ingin membeli produk tersebut, pelanggan bingung. Pada akhirnya mencari mencari nama produknya, walaupun ketemu tapi belum tentu ketemu dengan saya lagi, karena nama tersebut juga di pakai banyak orang.

Tapi, beda dengan kita memiliki nama brand sendiri, punya website, punya akun sosmed dan namanya mereka sudah hafal. Ketika orang tersebut kehilangan kontak saya, mereka akan cari kata kunci dengan nama brand milik saya. Sehingga pelanggan tersebut kembali membeli kepada saya.

Mungkin sudah sangat jelas yah?? kenapa membangun branding secara online sangat penting. Jadi, buat Anda saya sarankan untuk menentukan nama usaha kuliner Anda yang unik dan menarik mencerminkan kuliner Anda tersebut, jangan gunakan nama yang sudah famliyar.

2. Buatlah Sebuah Website.


Membangun nama di internet, tentu kita harus punya alamat yang bisa di temukan secara online. Dan website inilah rumah dari usaha Anda di internet.

Anda bisa buat website untuk nama brand Anda, di dalam website menjelaskan tentang usaha Anda tersebut, menu kuliner Anda, kontak Anda, alamat Anda, dan gallery terkait pembuatan, proses masak atau foto-foto kios Anda saat ramai.

Pastikan Anda sudah punya website untuk bisnis kuliner Anda tersebut, karena tanpa ini maka usaha Anda kurang profesional dan dirasa tidak berkelas. Apalagi mengunakan media gratisan seperti saya ini. 

Langsung ke poin berikutnya saja.. 

Poin-poin yang paling penting dalam pemasaran online usaha kuliner, semua penting. Tapi, ini tidak kalah penting. Karena ini akan membuat nama usaha kuliner Anda jadi booming secara online.

3. Buat Akun Social Media.


Bisnis kuliner sebenarnya mudah kalau dipasarkan secara online, karena hampir setiap orang itu suka kuliner yang enak, lezat dan unik. Jika kuliner Anda termasuk kuliner yang seperti itu, maka siap-siap Anda terkenal.

Saya sarankan Anda untuk membuat akun sosmed, baik instagram, facebook dan juga youtube. Ini sebagai alat atau media kita menawarkan kuliner kita ke pengguna internet. Dan dengan media social ini, kesempatan kuliner Anda terkenal itu jauh lebih besar, pasalnya orang itu lebih suka ngumpul di sosmed, apalagi disaat pandemi seperti ini. 

Orang lebih aktif di internet atau mainan hp nya, sehingga ini kesempatan untuk kita memperkenalkan usaha kita.

Buat akun sesuai nama yang sudah di tentukan, upload produk kuliner Anda dan desain atau buat semenarik mungkin, agar setiap yang melihatnya tergiur dan usahakan mau membuat kata-kata ajakan di setiap postingan Anda.

Jangan hanya membuat akun sosmed saja, tapi di kelola sebaik mungkin dan gunakan cara-cara khusus supaya menarik perhatian pengguna internet. 

4. Endorse Selebgram Yang Hobi Makan.


Nama usaha Anda akan cepat dikenal dan ketika ada orang yang berkelas merekomendasikan kuliner Anda, entah itu artis pabik figur maupun hanya selebgram atau artis dunia maya. Tapi, karena mereka juga punya fans, sehingga ini akan membuat namau kuliner Anda di kenal banyak orang dari fans selebgram tersebut.

Anda bisa undang kerjasama dan undang selebgram datang ke kios atau gray Anda. Tanpa Anda kasih tahu apa saja yang perlu dilakukan, si selebgram tersebut sudah tahu apa yang harus mereka lakukan untuk usaha kuliner Anda.

Jika kesulitan untuk mengundang dan makan secara langsung, Anda bisa kirim kuliner Anda ke mereka. Dan tunggu si selebgram tersebut membuatkan video tentang kuliner Anda dan menguploadnya di akun sosmed mereka.

Peluang berhasilnya sangat tinggi, karena seperti yang kita ketahui. Usaha kuliner itu adalah usaha yang sangat menjanjikan keuntungan yang besar, jadi tidak ada ruginya kalau Anda menyewa jasa selebgram. Karena sekali kuliner Anda populer, maka Anda akan kebanjiran order.

Cara ini sebenarnya bisa dilakukan untuk membangun branding semua jenis produk jualan online, tinggal di sesuaikan saja selebgram yang akan kita sewa atau endorse.

Bisa manfaatkan endorse ini untuk mengadakan giveaway di sosmednnya, dengan begitu akan membantu meningkatkan jumlah followres secara seketika untuk akun sosmed Anda juga.

5. Pastikan Selalu Mengupload Konten Foto & Video Yang Menarik.


Anda bisa manfaatkan momen tertentu saat Anda kebanjiran orderan, pada saat acara tertentu dan saat ada menu baru yang lebih special dan lainnya. Ini akan mengundang daya tarik dan meningkatkan orderan.

Dan biasanya, akan ada banyak yang memanfaatkan foto tersebut untuk keperluan konten mereka dan umumnya, mereka akan mecantumkan link atau nama akun Anda di sosmed mereka yang menggunakan gamabar atau video Anda.

Ini bisa menghemat biaya pemasaran Anda, karena dengan ini Anda terbantu dan tentunya akan membuat nama usahak kuliner Anda di kenal banyak orang. Lebih-lebih kalau pengikutnya sudah banyak.

Jadi, konsisten untuk membuat dan mengupload gambar di akun sosmed Anda dan upload juga selebgram yang sudah Anda endorse.

6. Manfaatkan Iklan Sosmed Berbayar.


Tingkatkan kepopuleran usaha kuliner Anda 10 kali lipat lebih cepat dengan layanan iklan berbayar, baik instagram ads maupun facebook ads

Ini akan mempercepat pertumbuhan usaha kuliner Anda. Bisnis Anda akan meningkat drastis ketika Anda mau memanfaatkan ini, karena mamang ini cara yang efektif untuk mempercepat perkembangan dan pertumbuhan bisnis secara online.

Dalam membuat iklan, usahakan manfaatkan gambar, video dan teks yang menarik yang bisa membuat akun Anda viral dan banyak mengundang share. Ini kuncinya kalau Anda ingin memnghemat biaya iklan, tapi mendapatkan hasil iklan yang maksimal.

Dalam penargetan lokasi, saya sarankan Anda menargetkan kota atau daerah Anda saja dulu. Tidak perlu meluas, dari kota Anda tersebut dulu atau lokal. 

Jika di kota Anda sudah terkenal, maka ini akan meluas dengan sendirinya, karena memang media online begitu, ketika ada yang share, maka itu akan menimbulkan rasa penasaran dan pada akhirnya datang juga ke kios Anda.

Memang begitu umumnya sekarang yah, kalau mau pasti di foto dulu lalu di unggah ke sosmed. Meraka akan merasa bangga makan-makanan lezat apalagi makanan yang viral, jadi ini akan membuat usaha Anda lebih di kenal. 

7. Pastikan Anda Selalu Ada Menu Baru.


Perlu Anda ketahui, jangan biarkan usaha Anda surut gara-gara sudah tidak viral lagi. Untuk membuat usaha kuliner Anda bisa bertahan lama dan menjadi sorotan publik, pastikan Anda memiliki menu baru setiap saat atau momen tertentu.

Ini akan membuat usaha Anda akan bertahan lama, karena memang saat sudah tidak viral maka umumnya sepi. Sehingga ini untuk mengantisipasi usaha Anda sepi, sehingga hadirkanlah menu-menu baru dan lakukan cara pemasaran yang sama seperti pada poin-poin diatas.

Dan kreatif'lah dalam melakukan pemasaran, supaya menciptakan pengalaman menarik bagi konsumen serta cari tahu cara melipatgandakan penghasilan. Kerena apapun usahanya atau bisnisnya, pasti ada cara tersendiri untuk membuat penjualannya berlipat-lipat ganda dan ada saja konsumen atau pembelinya. 

Sudah saya siapkan artikel cara melipatgandakan penjualan, ini berlaku untuk usaha kuliner Anda. Hanya tinggal merubah gayanya saja, pola tetap sama. Namun, rubah gaya dan sesuaikan dengan usaha Anda.

Mungkin itu cara meningkatkan omzet penjualan usaha kuliner Anda atu strategi memboomingkan usahak kuliner Anda. Hubungi saya, kalau Anda sudah berhasil menerapkan cara-cara pemasaran yang saya share blog ini. Salam sukses.

Post a Comment for "7 Cara Agar Usaha Kuliner Anda Booming & Banyak Peminatnya"