Bisnis Produk Herbal Menjanjikan Untuk Besar, Tapi Jangan Jual Produk Herbal Kalau Belum Membaca Ini!

 Tahukah Anda? Herbal adalah salah satu produk terlaris yang dapat di jual secara online, dengan potensi hasil jutaan rupiah perharinya.

...Jualan produk herbal merupakan peluang usaha online atau bisnis saat ini yang sangat menjanjikan. Tidak salah memang kalau ikut serta memasarkan produk herbal, karena ini akan menambah penghasilan kita, namun sebelum jualan alangkah baiknya Anda simak artikel ini sampai selesai.

bisnis menjanjikan


Apakah saat ini Anda kesulitan menemukan produk untuk di jual?

Ingin jualan di shopee,??" tapi bingung menentukan produknya.

Artikel ini bisa menjadi jawaban untuk Anda...

Anda mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya marketplace atau mall online yang memang paling banyak digunakan oleh masyarakat dala melakukan jual beli.

Tanpa saya sebut, tentunya Anda sudah mengetahui marketplace yang ada di indonesia. bukan begitu?

"Ya, ada shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan lainnya.

Marketplace bisa kita jadikan sarana atau tempat untuk kita memulai sebuah usaha online, yaitu dengan cara ikut serta menjadi penjual di marketplace.

Dengan menjadi penjual online, tentu kita akan punya kesempatan untuk sukses dalam menjalani usaha online. Namun, ada baiknya Anda pelajari dulu tentang cara berjualan di marketplace. Supaya Anda bisa memulainya dengan mudah dan tahu apa yang harus dilakukan supaya produk yang anda jual di marketplace cepat laku.

Pada artikel ini, saya tidak berbicara tentang cara berjualan..

...Melainkan memilih produk untuk dijual yang memiliki potensi yang besar atau memiliki market yang cukup banyak.

Kita akan lebih mudah menjual sesuatu kalau kita tahu market atau pasarnya. Sebenarnya setiap produk pasti ada marketnya, namun besar kecilnya market ini juga salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan dari produk yang Anda tawarkan.

Apabila Anda menjual dan menawarkan produk yang memang diminati atau banyak peminatnya, maka ini akan jauh lebih mudah kita untuk mendapatkan pembeli. Baik mengunakan marketplace maupun berjualan di social media seperti facebook dan instagram.

Produk Paling Banyak Diminati & Memiliki Pasar Yang Besar.

Produk yang bagus dan memiliki target market yang besar memang kita akan mendapatkan keuntungan yang besar pula. Namun, tentu harus di dasari dengan teknik pemasaran yang memadai atau tahu strategi dalam memasarkan produk tersebut. 

Produk yang bagus kalau di pasarkan oleh orang yang pandai dalam pemasaran atau sales top, maka konfrensinya akan semakin besar pula, dan sejelek apapun produk yang di pasarkan. Kalau di pegang oleh para master internet marketing, maka hasilnya tetap lebih bagus.

Jika dipasarkan oleh pemula, apakah hasilnya sama? 

Tentu berbeda, karena umumnya pemula masih kurang memahami konsep atau cara berjualan yang baik dan benar, lebih-lebih lagi bagi mereka yang memang sudah lama jualan, tapi merasa pemula. Karena mindset tersebutlah, yang membuat mereka gagal dalam melakukan pemasaran. 

Kenapa begitu? Contohnya, pemula itu umumnya takut mengambil risiko. Itu wajar, karena ilmu yang mereka pelajari belum banyak atau banyak ilmu tapi tidak ada satupun yang di praktekan karena takut gagal, hingga akhirnya tidak tahu cara yang benar yang mana. Dengan mindset pemula ini, kita akan sulit menemukan strategi baru atau tahu faktor apa yang dapat meningkatkan penjualan produk yang kita jual.

Kembali ke pembahasan..

Salah satu produk jenis produk yang paling banyak diminati saat ini dan seterusnya yaitu produk-produk herbal.

"Ya, ada banyak jenis produk dan yang menurut saya banyak diminati yaitu produk herbal.

Dan kalau Anda lihat sendiri, bahwa hampir produk herbal yang di jual di shopee memiliki tingkat penjualan yang cukup besar atau angka produk terjualnya sangat besar sekali.

Ada banyak jenis produk herbal, sehingga kita harus bisa memilih dan menentukan produk yang ingin kita jual., tentunya yang terbaik yah. Dan berikut ini di antaranya:

  • Herbal untuk Kecantikan
  • Herbal untuk kesehatan
  • Herbal untuk perawatan
  • Dan lainnya.

Dari beberapa jenis herbal tersebut, kita juga masih harus tahu untuk apa herbal tersebut di gunakan. Dengan begitu, kita bisa menentukan produk yang benar-benar sesuai dengan keinginan atau kebutuhan target market kita.

Dalam kategori kesehatan juga ada banyak, bisa untuk diet, untuk keluhan ini dan itu, khusus untuk kehamilan dan bisa juga untuk keluhan penyakit kronis tertentu.

Jadi, sebelum Anda menjual sesuatu.

Anda harus tahu siapa target market kita dan mengenali kelebihan serta keunggulan produk kita dengan produk yang lainnya. Karena itu akan membuat pekerjaan kita jadi lebih mudah, tentunya tugas dalam memasarkan produk itu sendiri.

Apakah Anda sudah mulai tertarik untuk memasarkan produk herbal juga? Tidak salah kalau Anda memilih menjual produk herbal daripada produk musiman.

Akan saya jelaskan juga, apakah menjanjikan untung besar atau tidak produk herbal tersebut. 

Alasan produk herbal menjanjikan dan menguntungkan?

usaha menjanjikan


1. Memiliki Pasar Yang Besar.

Pasar yang saya maksud yaitu target market yah kawan.

Dengan pasar yang begitu besar, ini akan membuat kita jauh lebih mudah dalam memasarkan produknya.

Orang lebih memilih produk herbal daripada produk obat-obatan khusus yang tidak alami, karena dirasa lebih aman dan hasilnya juga bisa dirasakan dalam jangka panjang bahkan bisa mengatasi keluhan tertentu sampai sembuh.

Kita tahu sendiri, kalau saat ini ada banyak hal yang dapat mempengaruhi penurunan kesehatan, baik pola makan dan gaya hidup kita sehari-hari. dan ini akan membuat kondisi kesehatan kita menurun drastis. 

Terlebih lagi, kondisi saat ini sedang mengalami masa dimana kesehatan seseorang terancam yaitu pandemi covid. Harapanya covid 19 ini hilang dan kita bisa beraktifitas tanpa ada rasa takut dan khawatir yah kawan. Amiin,

2. Bukan Produk Musiman.


Memanfaatkan hari-hari tertentu memang bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari produk musiman yang kita jual. Namun, kita sulit untuk mendapatkan pembeli yang loyal setiap harinya karena memang produk yang kita tawarkan hanya dibutuhkan pada saat musimnya.

Jika tidak musim, maka kita ganti produk lagi dan riset lagi. Tentunya ini akan membuat kita hanya muter-muter pusing.

Tidak melarang Anda menjual produk musiman dan jika ingin menjual pun, itu hak kalian masing-masing. Tapi, tidak ada salahnya juga menjual sesuatu yang selalu orang butuhkan. Karena ini salah satu kunci sukses dalam jualan online.

Menciptakan sesuatu yang orang butuhkan, bukan menjual sesuai keinginan kita tanpa memikirkan siapa yang membutuhkan. Orang tidak akan peduli dengan kita, karena memang orang lebih peduli dengan dirinya sendiri. Jadi, kita harus tahu itu untuk membuat penawaran semakin menjual.

Produk herbal bukan produk musiman, artinya akan ada orang yang butuh setiap harinya. Tanpa ada musimnya, dengan begitu kita akan lebih mudah untuk mendapatkan penjualan setiap hari tanpa harus menunggu hari-hari tertentu.

Itu salah satu kelebihan bisnis jualan produk herbal, namun ada kelebihan ada juga kekurangannya. Apa saja kekurangan atau kelemahan bisnis jualan produk herbal. 

...Akan saya bagikan juga di artikel ini.

3. Keuntungan Yang Besar.


Jika target market besar, produk banyak diminati dan Anda ahli dalam melakukan pemasaran atau tahu caranya closing. Maka, tidak menutup kemungkinan kalau Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih besar tanpa Anda duga.

Anda bisa buka di aplikasi shopee, dengan mengetikan kata kunci di pencarian shopee terkait produk herbal tertentu.

Disitu anda akan lihat, berapa angka penjualan yang didapat dari setiap produk herbal yang di tawarkannya. Tentu sangat fantastis dan bisa dibayangkan saja, kalau setiap penjualan kita profit 50 atau 100ribu, maka bisa Anda kalikan saja dengan produk yang sudah terjual, dan berapa keuntungannya.

Sedikit cerita saja, saya ada mengikuti akun instagram dari salah satu penjual herbal secara online yang kalau tidak salah produk promil herbal bee dimana setiap hari itu ada pembeli yang masuk atau ada saja yang membeli dan padahal harga jual produk herbal tersebut sangat tinggi sampai 1 juta keatas dan bahkan 2 jt lebih.

Ini salah satu alasan kenapa saya mengatakan peluang jualan produk herbal sangat menjanjikan untung yang besar dan bisa ada tekuni.

Hasilnya tentu sangat memuaskan..

Apabila Anda ingin memulai jualan, bisa pilih produk herbal dan nanti saya akan bagikan juga disini tentang apa yang perlu Anda lakukan sebelum menjual produk herbal atau memilih produk herbal yang tepat untuk di jual.

4. Mudah Mendapatkan Pembeli.


Ini menurut saya, karena memang saya juga ada menjual produk herbal dan hanya saja saya begian pemasarannya saja.

Tugas saya mengatur kampanye iklan dan melakukan optimasi atau mengelola websitenya, dan itu saya bagi tugas juga dengan tim saya yang lain.

Jadi, memang mudah memasarkannya dan sedikit sentuhan pada iklan, penjualan bisa meningkat, karena dari iklan yang kita buat. Itu akan memudahkan CS kita atu mempersulit cs kita, kalau tujuannya lebih jelas. Maka, CS kita yang melayani pertanyaan konsumen dan melakukan closing pun akan lebih mudah mendapatkan hati setiap calon konsumen yang masuk.

Dalam hal ini, Anda harus tahu cara membuat iklan yang menarik yang sudah saya share juga di blog tipspemasaran.com ini.

5. Ada Repeat Order.


Apa maksudnya itu mas? Maksudnya dengan menjual produk yang memungkinkan orang membeli berulang-ulang. Maka, ini akan membuat penghasilan Anda akan tetap stabil dan tinggal Anda meningkatkan pelayanannya saja.

"Ya, jualan herbal kita akan mendapatkan pembeli yang royal seperti jual produk kecantikan.

Contohnya make up, setelah habis mereka pasti beli lagi dan lagi, lebih-lebih kalau ada promo gede-gedean. Langsung habiiissss..

Jual herbal juga sama, pembeli tentu menginginkan hasil yang lebih maksimal. Dan yang namanya perawatan atau proses penormalan agar sembuh dari penyakit tertentu, itu membutuhakn proses tentunya.

Walaupun herbalnya cukup bagus sekalipun, tetap saja proses juga dibutuhkan. Karena tidak ada orang deng penyakit yang sudah parah sembuh semalam setelah minum herbal, lebih-lebih penyakit kronis yang sudah parah. Mungkin Ada, tapi jarang terjadi seperti itu.

Nah, karena ingin penormalannya benar-benar maksimal dan benar-benar sembuh. Tentunya, orang tersebut akan melakukan pembelian lagi dan tidak lain order kepada Anda yang sudah ia percaya dan bahkan bisa saja orang tersebut melakukan pembilian partai besar di pembelian yang ke 2 nya.

Anda tinggal memaksimalkan di bagian pelayanan, tingkatkan lagi pada bagian pelayanan agar pembeli tersebut merasa puas dan setelah berhasil pun mereka akan dengan suka rela merekomendasikan produk Anda ke orang lain atau teman dekat mereka.

Ada kelebihan, tentu ada juga kelemahannya. 

Perlu Anda simak juga ..

Kelemahan Dan Kekurangan Jual Produk Herbal

kelemahan dan kekurangan bisnis herbal



#. Pesaingnya Ketat.


Semakin tinggi pohon, semakin besar pula angin yang akan menopangnya. 

....Sedikit berpribahasa yah..

"Ya, dalam bisnis tentu ada banyak saingan atau penjual herbal yang sama atau sejenis.

Karena memang produk jenis itu laris manis dan laku di pasaran, tentu akan ada banyak orang yang akan melirik usaha atau bisnis tersebut.

Semakin banyak yang menjalani, maka semakin ketat pesaingannya dan dalam jualan produk kesehatan terkait herbal, ini juga memiliki pesaing yang besar atau ketat sekali.

Apabila kita tidak bisa mancari celah atau mengatur strategi pemasaran yang lebih baik, maka siap-siap Anda banting setir karena produk Anda tidak ada yang membeli.

...Dalam menghadapi pesaingan, Anda tidak perlu takut. Karena walaupun banyak yang menjual produk sejenis, tentunya setiap orang memiliki pelayanan yang berbeda-beda. 

Termasuk pelayanan yang Anda berikan, dan jika pembeli sudah jatuh hati dengan pelayanan Anda, maka mereka tidak akan mudah berpaling dengan Anda dan akan banyak orang baru yang mebeli produk Anda yang datang dari pembeli yang merasa puas tersebut.

# Perlu Hati-Hati Dalam Memilih Produk.


Anda harus tahu semua tentang produk yang anda jual tersebut, mulai dari keamanan , bpom dan juga bahan-bahan serta sudah berapa banyak pengunannya. Atau review dari produk tersebut bagaimana, jika baik atau memang memiliki izin resmi, maka Anda bisa menjualnya. 

Dalam hal ini harus hati hati dalam memilih produk herbal untuk dijual, karena ini menyangkut kesehatan seseorang. jadi, pilihlah yang resmi atau legal.

Produk herbal memang aman dan baik untuk kesehatan, tapi ada banyak roduk tiruan yang dijual dengan harga murah, dan sangat mengganggu kesehatan. Jadi, Anda cari tahu baik-baik suplier resminya atau bisa langsung bekerja sama dengan perusahaannya.

# Membutuhkan Edukasi Khusus.


Dalam menjual produk herbal, kita butuh blog khusus yang memuat tentang edukasi terkait produk tersebut dan dalam melayaninya pun tidak se-simple kalau kita menjual produk fashion.

Memang kalau CS kita tidak telatih, maka cs akan sulit mendapatkan penjualan selain itu seperti yang saya jelaskan kalau iklan yang kita buat juga menentukan dan memudahkan CS dalam closing.

Biasanya kita akan mendapatkan pembeli yang ribet, dan banyak tanya mulai dari bpom,manfaat, kelebihan, pemakaian, bahan-bahan dan lainnya. Karena memang, pembeli juga menginginkan produk yang benar-benar asli dan berkualitas serta aman untuk mereka konsumsi.

Ini tidak jadi masalah memang, namun saya jelaskan juga karena takutnya Anda kaget kalau sudah memulai menjual produk herbal terkait kesehatan.

Cara Memilih Jenis Produk Herbal Dan Kelayakan Untuk Dijual


  1. Pastikan keasliannya.
  2. Aman & legal atau ber-BPOM resmi.
  3. Sudah banyak pengunannya.
  4. Review bagus dan tidak bermasalah.
  5. Memiliki perusahaan yang jelas dan memiliki nama dan terdaftar di APLI.
  6. Pilih jenis produk yang bisa menyelesaikan problem tertentu dan membantu.
  7. Pilih kategori yang lebih spasifik atau 1 tujuan.
  8. Cari tahu bahan-bahannya.
  9. Darimana produk berasal.
  10. Alamat perusahann jelas.
  11. Dan  lainnya..

Jangan asal dalam memilih produk untuk dijual, apalagi merk tertentu yang memang belum banyak penggunannya. Pastikan beberapa hal diatas sudah Anda penuhi, jika belum lengkap datanya jangan jual dulu. Gali informasi lebih dalam lagi tentang produknya, asal produknya dan juga kualitasnya.

Itu harus Anda lakukan demi kenyamanan Anda dan juga demi kebaikan konsumen Anda juga. 

Dalam menjual itu mudah, yang penting Anda harus punya tujuan atau prinsip yang jelas. Dan kalau prinsip saya yaitu " Menjual Untuk Membantu", Jadi saya tidak memikirkan hasilnya, tapi lebih ke hasil untuk konsumen kita, karena hasil akan mengikuti kalu kita berusaha menolong dan membantu banyak orang.

Jika tujuan Anda adalah uang semata, maka Anda tidak akan bisa memberikan service atau pelayanan yang baik untuk calon konsumen. Dan lebih memaksa konsumen biasanya dan tentunya ini akan tidak baik untuk kesehatan layanan yang kita punya.

Kesimpulannya:


Anda bisa mendapatkan hasil yang besar dari menjual produk herbal, dengan catatan tahu cara yang baik dan benar dalam melakukannya. Pelajari dan cari tahu informasi selengkap mungkin sebelum memulai menjual produk tersebut, dan berisiko besar kalau kita asal jual produk herbal.

Anda mungkin bisa tambahkan kekurangan dari artikel ini, karena yang pasti banyak kekurangannya. Namun, kami harap ini bisa membantu Anda dan bisa bermanfaat juga buat Anda. 

Dari satu sisi, saya ingin Anda juga membagikan artikel ini kepada teman Anda yang lain. Namun, kalau Anda merasa keberatan dikarenakan tidak ada manfaatnya, maka saya tidak bisa memakasa Anda. Walaupun, tujuan baik sekalipun . Tapi, apa yang dilakuakan atas keterpaksaan hasilnya tidak baik juga.