Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

9 Tips Dalam Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

Bagi beberapa orang, mempunyai cita-cita agar bisa menjadi pengusaha besar dan sukses adalah sebuah mimpi yang harus dapat dicapai.

Akan tetapi, hanya sebagian kecil orang saja yang dapat mewujudkan mimpi itu.

Pasalnya, cara mengembangkan suatu usaha menjadi besar dari awal tentu tidak semudah anda membalikan telapak tangan. 

...Selain keterbatasan modal usaha, kebanyakan dari mereka juga kurang memahami tentang bagaimana cara memasarkan produk mereka, sehingga hasilnya tidak sesuai harapan.

"Namun, tahukah bahwa Anda semua juga dapat memulai usaha dengan modal yang kecil?

...Nah, untuk tips mengembangkan usaha modal kecil yang dapat anda ketahui, 

Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil


1. Memilih Jenis Usaha Modal Kecil Yang Cocok 

Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan menentukan usaha apa yang memang sangat pas dan juga cocok untuk Anda.

Cobalah memilih usaha yang memang sesuai dengan hobi maupun berbagai hal yang Anda sukai. 

...Dengan begitu, Anda nantinya tidak akan merasa terbebani saat sudah mulai menjalankannya usahanya.

"Jika hobi yang sedang dilakukan selama ini malah akan menghabiskan uang saja, maka Anda dapat mulai berpikir bagaimana caranya supaya hobi yang Anda sedang anda lakukan bisa menghasilkan uang kedepannya.

2. Melakukan Riset Pasar dahulu sebelum Memulai Usaha

Riset pasar tentu akan sangat membantu Anda dalam menemukan peluang yang bisa terjadi pada bisnis dimasa depan. 

,,,Dengan melakukan riset, Anda dapat dengan mudah menemukan apa yang sebenarnya memang sedang dicari dan juga dibutuhkan oleh masyarakat.

"Maka dari itu, bisnis yang Anda lakukan dapat hadir sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang terjadi secara tepat sasaran.

Dengan riset pasar nantinya juga akan dapat membantu dalam menentukan siapa yang memang menjadi pesaing Anda.

...Tapi pesaing bukanlah suatu hal yang harus ditakuti, karena Anda nanti dapat belajar menganalisa apa yang memang sedang menjadi keunggulan dari bisnis Anda dibandingkan pesaing tersebut.

3. Mengalokasikan Modal Bisnis dengan benar dan Tepat

Perlu diketahui jika terdapat dua cara saat akan mengalokasikan modal bisnis.

Pertama adalah dengan melakukan capital expenses, di mana modal nanti akan digunakan dalam membeli semua bahan baku, peralatan, juga perlengkapan bisnis.

Contohnya adalah jika anda nanti memulai bisnis laundry, maka dari pembelian mesin cuci, mesin untuk pengering, sampai stok sabun cuci akan dimasukan dalam pengeluaran satu ini.

..."Yang kedua adalah dengan melakukan operational expenses, yaitu pengeluaran operasional yang nantinya akan mencakup dari biaya listrik, sewa dari gedung, gaji para karyawan, dan semacamnya.

Dengan alokasi yang tepat dan benar, maka nantinya modal yang kecil bisa digunakan secara maksimal, efektif dan efisien.

4. Menggunakan Modal dengan Bijak dan baik

Selalu menghindari untuk membeli barang-barang yang dirasa memang masih belum dibutuhkan. 

...Dikarenakan modal yang dimiliki masih tidak banyak, sehingga jangan sampai modal yang dimiliki malah sudah habis dahulu hanya untuk membeli barang-barang yang masih tidak begitu penting dalam memulai usaha.

Agar lebih aman, Anda dapat membuat rencana barang belanjaan dengan lengkap dan terperinci, supaya nantinya tidak salah langkah saat akan membelanjakan barang dengan modal usaha.

5. Memilih dimana lokasi yang Tepat Untuk memulai Usaha 

Lokasi termasuk salah satu aspek yang penting saat memulai usaha. Dengan anda memilih lokasi yang ramai dan tepat, tentu akan dapat membuat usaha Anda bisa lebih cepat untuk berkembang.

Bagi usaha yang memang baru dirintis, jangan ragu-ragu dalam memanfaatkan ruangan pada sekitar rumah yang ada misalnya pada teras maupun garasi rumah.

6. Selalu Memanfaatkan Social Media

Tips mengembangkan usaha modal kecil adalah Anda nantinya dapat memanfaatkan kecanggihan dari social media saat ini, dikarenakan dengan menggunakan social media, Anda dapat melakukan berbagai promosi secara gratis dan dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan lebih luas sampai ke luar pulau dan juga luar negeri.

Cobalah mulai mem-posting menggunakan gambar-gambar produk anda yang menarik dan coba memberikan promo-promo setiap harinya, dijamin nanti akan mulai banyak pelanggan yang berdatangan karena penasaran dan ingin mencoba.

Pemasaran dengan menggunakan sosial media yang dapat dilakukan secara gratis ini tentu dapat membantu anda dalam mengembangkan usaha dengan modal yang kecil tersebut.

Mengenai hal tersebut, admin tipspemasaran.com juga telah menyediakan pembahasan terkait cara jualan di facebook secara gratis dengan hasil yang lebih maksimal. 

...Dan strategi tersebut sekarang banyak di manfaatkan oleh para UMKM di Indonesia ini, kini saatnya Anda juga menggunakan atau memasarkan produk, jasa atau usaha Anda secara online, jangan sampai pesaing Anda mendahului.

7. Melibatkan Orang Terdekat Dalam menjalankan Usaha Anda

Anda juga dapat melibatkan orang-orang di sekitar misalnya dengan suami, adik, kakak, saudara, sahabat saat sedang memulai usaha, dikarenakan dengan anda mengajak orang terdekat tersebut pastinya anda mereka tidak akan banyak menuntut ke Anda.

Nantinya, jika usaha yang sudah dirintis mulai berkembang dan besar, Anda dapat mulai merekrut karyawan dari luar dengan menggunakan beberapa kriteria yang dapat di tentukan sendiri.

8. Lebih pandai dalam Membagi Waktu

Saat akan mengembangkan usaha, tentu anda akan dituntut untuk selalu dapat memanfaatkan dan juga menggunakan waktu dengan lebih tepat, efektif, efisien, dan menguntungkan.

Jika perlu Anda dapat membuat timeline sampai 1 bulan ke depan berisi apa saja yang perlu dilakukan, jadi nantinya tidak akan ada waktu yang terbuang dengan sia-sia.

Perlu diingat bahwa juga jika sampai nantinya Anda harus menunda-nunda pekerjaan, Modal bisa terus terpakai tanpa adanya hasil yang signifikan dan Anda juga malah dapat kalah saing dengan kompetitor yang juga sedang membangun usaha yang mirip dengan Anda.

9. Selalu melakukan Inovasi Produk Anda

Pada dasarnya biasanya kebanyakan konsumen akan mempunyai sifat cenderung yang mudah bosan, mereka tentu akan menginginkan produk dengan berbagai inovasi baru.

Jika konsumen memang sudah bosan pastinya konsumen akan langsung pindah ke lain yang tempat yang memang dirasa lebih menarik dari waktu sebelumnya.

Maka dari itu, tips mengembangkan usaha modal kecil ini perlu dilakukan agar calon konsumen anda tidak pergi dahulu.

Ada banyak cara mengembangkan sebuah usaha dengan modal terbatas, terus gali skill Anda dan jangan patah semangat. Apabila Anda ingin tahu cara mendapatkan uang 1 juta dalam sehari untuk modal usaha, sebaiknya Anda baca artikel kami lainnya. Salam!