Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Cara Mendapatkan Modal Usaha / Bisnis, Kamu Juga Bisa

Cara Mendapatkan Modal Usaha / Bisnis

Tipspemasaran.com kali ini akan berbagi artikel tentang 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha / Bisnis bagi wirausaha pemula. Tiba-tiba kita sudah ada di tahun 2022 ya gaiss. Ditengah keadaan ekonomi yang tak pasti ini banyak orang ingin mulai membuat usaha sendiri. Entah itu untuk tambahan penghasilan atau mungkin terpaksa karena lapangan pekerjaan yang kurang akhirnya memilih membuat lapangan pekerjaan sendiri.

Untuk memulai usaha baru tentunya selain ide kita juga membutuhkan modal usaha berupa uang. Modal usaha ini bisa besar ataupun kecil itu tergantung dari bentuk usaha yang ingin kita buat. Contoh usaha yang sedang banyak digemari saat ini adalah usaha dengan modal kecil tetapi dengan jumlah banyak, misalnya dengan membuka stan stan kecil di berbagai tempat yang ramai.

Nah kembali lagi ke topik bahasan kita yaitu bagaimana langkah dan cara mendapatkan modal usaha untuk pebisnis baru?

Yang pertama kali kita tanamkan pada diri kita bahwa modal usaha itu bukan hanya uang saja, kita memiliki tubuh fisik yang utuh normal itu saja sudah menjadi modal yang tak ternilai harganya. Jadi pikiran kita jangan dipersulit, selalu berfikir positif bahwa mendapatkan modal usaha itu mudah.

Berikut ini Beberapa Cara Mendapatkan Modal Usaha / Bisnis

1. Modal Usaha dari Tabungan Pribadi

Bagi kamu yang mempunyai tabungan pribadi, kamu bisa saja menggunakan tabungan pribadi kamu utnuk modal membuat usaha. Tabungan pribadi ini bisa kamu dapatkan dari misalnya menyisihkan sebagian gaji, atau mungkin uang jajan kamu saat masih sekolah. Jika mempunyai tabungan pribadi kamu tidak perlu bingung untuk mendapatkan modal membuat usaha baru.

Tapi perlu kita sadari juga bahwa dalam membuat usaha atau menjadi wirausaha baik itu menggunakan modal usaha dari pinjaman ataupun uang simpanan sendiri, kita harus menganggap uang yang kita gunakan itu adalah hutang. Jadi kita tetap punya tanggung jawab untuk mengembalikan uang tersebut.

Misalkan kita mempunyai modal usaha 5 juta dari tabungan sendiri untuk digunakan membuat usaha jualan tela krispy di depan swalayan yang ramai pengunjung. Kita harus menganggap modal kita itu tadi adalah hutang, minimal punya rencana kapan kita bisa mengembalikan hutang itu dari usaha yang kita buat. Dalam postingan selanjutnya insyaallah Tipspemasaran.com akan berbagi tips bagaimana membuat Rencana Usaha / Bisnis Plan

2. Menjual atau Menggadaikan Asset

Bagi kamu yang suka menggunakan gaji kamu untuk membeli barang-barang misalnya handphone sampai punya 5, emas dalam bentuk perhiasan atau batangan, motor, surat tanah, dan lainya. Ini bisa menjadi pilihan kedua untuk di jual atau digadaikan untuk mendapatkan Modal membuat usaha.

Menjual atau menggadaikan Asset pribadi bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan modal usaha baru. Karena umumnya dapat cair hanya dalam hitungan hari saja.

3. Meminjam Modal dari Orang Terdekat

Pilihan ketiga yaitu meminjam modal dari orang terdekat bisa itu orang tua, saudara, atau mungkin teman dekat yang punya modal banyak. Untuk bisa mendapatkan modal ini kita harus bisa meyakinkan pemberi pinjaman bahwa usaha/ bisnis yang mau kita buat itu akan sukses berhasil. Jika bisa kita juga memberitahukan kapan kita akan mengembalikan pinjaman tersebut.

Berbeda dengan yang nomer 1 dan 2, cara ini lebih besar tanggung jawabnya, karena ini akan mempengaruhi repotasi kita dimata pemberi pinjaman. Jika kita bisa tepat waktu dalam mengembalikan pinjaman tentunya orang yang dipinjami menjadi lebih percaya lagi dengan kita. Bisa juga malah kita ditawari pinjaman modal lebih besar lagi untuk mengembangkan bisnis kita.

4. Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah

Pinjaman modal usaha dari Pemerintah ini punya keuntungan tersendiri karena biasanya juga disertai dengan pelatihan hingga pendampingan pendirian usaha/bisnis. Pemerintah sangat mendukung pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) begitu juga kamu yang ingin mempunyai usaha sendiri.

Cara mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi;

  1. Memiliki usaha mikro yang dibuktikan juga dengan surat keterangan usaha.
  2. Aset usaha yang dimiliki tidak boleh lebih dari 50 juta rupiah.
  3. Harus merupakan Warga Negara Indonesia dan bukan merupakan pegawai BUMN/ BUMD, TNI/ Polri, ASN
  4. Tidak sedang mempunyai pinjaman di Bank atau KUR.
5. Meminjam Modal dari Bank

Cara mendapatkan modal bisnis selanjutnya yaitu dengan meminjam modal dari Bank. Ada kelebihan tersendiri dari cara ini, yaitu kamu bisa mendapatkan modal pinjaman yang cukup besar. Sebelum melakukan pinjaman kita sebaiknya mengukur kemampuan kita, pilihlah yang bunga nya masih bisa kita jangkau.

Untuk pengangsuran pinjaman juga kita sesuaikan dengan diri kita misal bulanan, atau satu tahun.

6. Mengajukan Pinjaman Online

Jenis-jenis modal usaha lainya yaitu modal usaha dari pinjaman online. Ada banyak pinjaman online dengan berbagai kelebihan salah satunya pinjaman tanpa jaminan. Tetapi kita juga harus berhati-hati dalam melakukan pinjaman online. Sudah banyak berita orang kesusahan karena salah memilih pinjaman online.

Bagi kamu yang tertarik untuk pinjaman online bisa menyimak postingan kami sebelumnya yaitu 10 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Terbaik Yang Terdaftar OJK 2022 

Itulah tadi beberapa 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha / Bisnis yang bisa kamu coba untuk membuat usaha sendiri. Perlu diingat lagi modal usaha baik itu berasal dari tabungan sendiri maupun pinjaman kita harus menganggap modal tersebut adalah pinjaman yang kita punya tanggung jawab kapan mengembalikanya. 

Sekian postingan kali ini semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.