Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Ampuh dan Efektif

5 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Ampuh dan Efektif

5 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Ampuh dan Efektif
- Bisnis dibidang kuliner atau produk makanan akhir-akhir ini sangat digemari oleh banyak orang. Selain karena produk makanan banyak peminatnya, bisnis produk makanan perputaran uangnya juga cepat sehingga cepat dapat untung. Tidak heran saat ini banyak pebisnis pemula maupun senior yang terjun ke bisnis yang menguntungkan tersebut.

Bisa kita lihat dipinggir-pinggir jalan saat ini ada berbagai macam penjual produk makanan maupun minuman. Stand-stand penjual makanan dan minumam berjejer disepanjang jalan, mulai dari cilot, kebab, jagung manis, kue, cireng, ayam geprek, ayam bakar, dan masih banyak lagi.

Usaha tersebut tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa atau senior dalam dunia bisnis saja, tetapi para pebisnis pemula, anak-anak muda juga banyak yang terjun dalam bisnis makanan tersebut. Karena persaingan dalam bisnis makanan sangat ketat maka untuk bisa sukses pengusaha harus bisa bertahan dan berkembang dalam persaingan pasar yang sangat ketat tersebut.

5 strategi pemasaran produk makanan yang ampuh dan efektif

Untuk dapat bersaing dalam pasar yang ketat tersebut seorang pengusaha harus mempunyai strategi pemasaran  produk makanan yang ampuh dan efektif. Strategi pemasaran ini harus kita sesuaikan dengan situasi dalam bisnis kita, sehingga apa yang kita kerjakan lebih efektif. Karena terkadang strategi pemasaran ada yg jika dikerjakan pada bisnis yang berbeda menjadi tidak efektif.

Kita harus mempertimbangkan dimana lokasi bisnis kita, siapa saja target pasarnya, bagaimana karakter para customer, hari apa atau jam berapa biasanya ramai, dll. Jadi sebelum menerapkan suatu strategi pemasaran disarankan kita menganalisa terlebih dahulu situasi dalam bisnis kita. Untuk melakukan evaluasi juga bisa menggunakan analisa SWOT. Silahkan baca juga artikel kami yang sebelumnya tentang Analisa SWOT Bisnis Wajib Dilakukan Pengusaha.

Berikut ini Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Ampuh

1. Manfaatkan Media Sosial

Hari gini siapa sih yang tidak mempunyai akun media sosial, hampir semua orang mempunyai akun media sosial. Media sosial bisa menjadi peluang yang sangat besar bagi para pengusaha. Buatlah fandspage tentang bisnis kuliner / maknan kamu di berbagai media sosial. Rutin posting kegiatan bisnis kamu.

Kita bisa memposting mulai dari proses produksi produk makanan kita, proses finishing atau mungkin packing, hingga pengiriman jika melayani Delivery Order. Sehingga pelanggan bisa tahu kalau makanan yang mereka beli diproses dengan sangat baik dan higienis. Proses pembuatan makanan juga bisa menjadi tontonan yang menghibur.

Sesekali buatlah event di media sosial, misalnya foto selfi sambil memakan produk kita, atau promo gratis jika berhasil menghabiskan, dll. Jalinlah interaksi dengan pelanggan sehingga meraka merasa lebih dekat dengan bisnis kita. Kita dapat menggunakan strategi pemasaran melalui social media secara GERATIS maupun yang versi ber bayar. Silahkan simak artikel kami sebelumnya Rahasia Cara Membuat CopyWriting Iklan Facebook atau FB Ads Yang Menjual

2. Adakan event secara berkala

Event ini tidak perlu dengan hadiah besar tetapi kita lakukan secara rutin. Semua orang pasti suka jika mendapatkan hadiah, entah itu hadiahnya besar maupun hanya kecil-kecilan. Cobalah buat event misalnya foto selfi ataupun kupon undian dalam bisnis kuliner kamu.

Biasanya pemenang akan merasa senang dan kenangannya menjadi lebih berkesan. Tidak jarang juga mereka akan dengan sukarela membagikan pengalamannya baik secara langsung maupun di media sosial. Dengan begitu otomatis produk atau kuliner kita mempunyai saranan promosi yang sangat efektif karena berasal dari pengalaman seseorang langsung.

3. Jaga Kualitas Produk Kuliner Kita

Strategi pemasaran produk makanan yang ampuh nomer 3 adalah dengan menjaga kualitas produk kuliner kita. Sering kita jumpai penjual makanan yang kualitas rasanya berubah-ubah, pembeli biasanya akan kapok jika sekali saja mendapatkan pengalaman tidak baik soal rasa. Biasanya mereka akan enggan untuk beli lagi setelah sekali saja merasa rasanya tidak enak.

Jadi menjaga kualitas produk kuliner kita sangat penting sekali. Percuma saja jika kita mempunyai pemasarang yang sangat bagus tetapi kualitas rasa produk kita kurang bagus. Untuk itu sebaiknya kita menciptakan standard pada produk makanan di bisnis kita. Misalnya seberapa banyak takaran bumbu yang digunakan, itu kalau bisa ada catatan khususnya.

4. Buatlah Kemasan Produk yang menarik dan praktis

Kemasan atau packing juga bisa menjadi salah satu strategi pemasaran produk kuliner yang ampuh. Tampilan kemasan yang menarik dan praktis biasanya juga dapat menarik para pembeli untuk mencoba dagangan kita. Misalkan kita membuat logo yang menarik dengan warna yang membuat lapar yaitu warna orange, merah, kuning. 

Jangan lupa sisipkan juga link sosial media atau nomer wa, dan sebagainya pada kemasan produk kuliner kita. Dengan adanya link sosial media dan nomer wa akan membantu pembeli terhubung dengan bisnis kita. Sehingga kedepannya pemasaran kita menjadi lebih mudah diketahui pembeli.

5. Kirim Makanan ke Instansi Pemerintahan, Sekolahan, dsb

Strategi pemasaran produk makanan yang ampuh selanjutanya adalah dengan mengirimkan produk kuliner atau makanan kita ke instansi pemerintahan, sekolah, ataupun lembaga lainnya yang ada di sekitar bisnis kita. Ini bisa dengan menawarkan produk makanan kita atau bisa juga kita kasihkan secara geratis anggap saja sedekah.

Dengan begitu mereka berkesempatan mencoba merasakan produk kuliner kita. Jika memang rasanya enak, tampilanya menarik, packingnya juga cocok untuk kegiatan mereka, biasanya produk makanan atau kuliner milik kita bisa dijadikan langganan. 

Instansi pemerintahan ini juga sering mengadakan acara gaes, dan biasanya juga membutuhkan makanan, Biasanya mereka akan pesan makanan untuk berbagai kegitatan dan pesannya itu juga tidak sedikit. Misalkan saat sedang ada kegiatan bisa saja mereka pesan makanannya di bisnis kita karena merasa cocok dengan produk kita.

Strategi pemasaran produk makanan ini sudah saya alami sendiri dan benar saja terbukti. Yaitu dengan mengirimkan produk kita secara geratis ke Kantor Desa tempat bisnis kita berada. Jangan lupa pada kemasannya kita cantumkan akun media sosial, wa, ataupun alamat bisnis kita. Karena merasa cocok jadi setiap ada kegiatan di kantor desa pesan makanannya di bisnis kita.

Nah, itulah tadi 5 Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Ampuh dan terbukti Efektif diterapkan hampir disemua jenis bisnis makanan dan kuliner. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan terus jalin hubungan yang baik dengan pembeli.