Analisa SWOT Bisnis Adalah Wajib Dilakukan Pengusaha

Analisa SWOT adalah wajib bagi Pengusaha

Tipspemasaran.com -
Analisa SWOT Bisnis adalah suatu cara atau metode perencaan usaha yang tujuannya untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari bisnis yang mau atau sedang kita jalankan. Analisa SWOT ini hukumnya wajib dilakukan oleh pengusaha, dengan begitu pengusaha bisa lebih memahami bisnis yang dijalankan.

SWOT adalah singkatan dari Strenghts yang berarti Kekuatan, Weakness yang berarti Kelemahan, Opportunities yang berarti adalah Peluang, dan Threats yang berarti Ancaman. Metode analisa SWOT ini didasarkan pada pengkajian yang berasal dari faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan serta pengkajian yang berasal dari faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman.

Teknik Analisa Bisnis ini dicetuskan oleh pebisnis dan konsultan manajemen asal Amerika yang bernama Albert S. Humphrey. Beliau ini adalah konsultan handal tentang manajemen organisasi dan juga sebagai pimpinan proyek di Universitas Stanford.

Berikut ini penjelasan dari ke empat komponen Analisa SWOT

  • STRENGHTS / KEKUATAN
Analisa faktor internal SWOT ini lebih ke komponen apasaja yang menjadi kekuatan dari produk/jasa/bisnis yang kita jalankan. Sehingga dengan komponen Streghts ini mempunyai pengaruh positif pada bisnis kita.

Untuk para pebisnis Strenght ini menganalisa apa saja yang menjadi kekuatan, keunggulan, atau mungkin keunikan dari bisnis kita. Sedangkan untuk Analisa SWOT diri sendiri ini menganalisa apa saja kelebihan kita, apa keunikan kita yang membuat kita beda dengan orang lain.

Dengan mengetahui Strenght / Kekuatan ini dapat kita gunakan untuk melakukan pengembangan ataupun peningkatan sehingga semakin memberikan dampat positif untuk bisnis.
  • WEAKNESS / KELEMAHAN
Weakness atau kelemahan adalah juga analisa SWOT yang masuk dalam faktor internal. Jika perusahaan meliputi usaha, jika Produk / jasa meliputi semua yang ada dalam produk / jasa, sedangkan jika diri sendiri meliputi kelemahan yang ada dalam diri sendiri.

Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, karena yang sempurna hanya milik sang pencipta Allah SWT. Bagitu pula dengan sebuah bisnis, produk, jasa, apa lagi diri saya sendiri.

Dengan adanya Analisa SWOT komponen Weakness ini kita dapat mengetahui apa yang menjadi kelemahan, kekurangan dari bisnis kita, sehingga dapat kita gunakan untuk perbaikan kedepanya.

Untuk mengetahui kelemahan dari bisnis kita, kita harus memposisikan diri kita sebagai konsumen. Bisa juga dengan kita melihat bisnis sejenis dengan bisnis kita, kita analisa apa saja yang tidak dimiliki bisnis kita.

Dengan begitu pengusaha dapat mengetahui apasaja yang menjadikan perusahaan lain lebih baik dari perusahaan kita, faktor penyebab yang menjadikan perusahaan kita mengalami kerugian atau kehilangan.

Jika analisa SWOT untuk diri sendiri jadi kita menganalisa dengan memposisikan diri kita sebagai orang lain.
  • OPPORTUNITIES / PELUANG
Komponen Analisa SWOT selanjutnya adalah berkaitan dengan faktor eksternal perusahaan yaitu Opportunities atau peluang. Analisa peluang ini juga bisa kita gunakan sebagai salah satu pertimbangan bisnis apakah layak untuk dikerjakan atau tidak.

Menganalisa peluang sangat penting dalam sebuah bisnis karena juga menentukan perkembangan kedepanya dari sebuah bisnis. Kita dapat mengamati apa saja peluang yang ada dari bisnis tersebut. 
  • THREATS / ANCAMAN
Komponen analisan SWOT Bisnis yang selanjutnya adalah Threats atau ancaman merupakan faktor eksternal juga. Analisa Threats ini meliputi apa saja faktor diluar perusahaan kita yang mungkin dapat menghambat perkembangan bisnis.

Beberapa hal yang perlu dianalisa misalnya Jumlah pesaing produk sejenis di target pasar kita, Ketersediaan bahan baku, bagaimana minat target pasar kita, atau mungkin regulasi pemerintah, dll.

Kita harus menganalisa semua ancaman yang ada sehingga dapat menentukan apakah kita dapat bertahan dalam bisnis tersebut.

Manfaat Analisa SWOT Bisnis

Pentingkan Analisa SWOT? Apa Manfaatnya?
Sebelum membahas secara detail tentang Analisa SWOT Bisnis terlebih dahulu kita cari tahu manfaatnya. Sehingga kita tahu perlukan kita belajar metode analisa swot.
  • Analisa SWOT Produk adalah besar sekali manfaatnya bagi pebisnis. Karena dengan adanya analisa SWOT produk pebisnis lebih memahami produk / jasa usahanya sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan perusahaanya.
  • Analisa SWOT juga dapat digunakan untuk menganalisa diri sendiri atau SDM. Dengan menggunakan analisa ini kita bisa lebih mengenal diri kita sehingga dapat kita gunakan untuk mengembangkan personal diri kita.
  • Analisa SWOT juga berguna untuk membantu menentukan usaha baru apakah usaha tersebut layak untuk dijalankan atau tidak.
  • Analisa SWOT dapat membantu pengusaha menentukan prioritas apa saja yang perlu didahulukan perusahaanya.
  • Analisa SWOT untuk mengetahui seberapa besar minat dan peluang pasar dari produk/ jasa yang ditawarkan.
  • Analisa SWOT adalah berguna untuk mengetahui tingkat persaingan pasar pada produk / jasa yang ditawarkan.
  • Kita dapat mengetahui yang menjadi kekuatan perusahaan /bisnis kita sehingga dapat kita tingkatkan.
  • Dengan analisa SWOT kita dapat mengetahui kelemahan-kelemahan apa saja yang dimiliki bisnis kita sehingga dapat kita perbaiki.
  • Kita dapat mengetahui semua peluang yang ada dalam bisnis kita.

Contoh Analisa SWOT Bisnis Usaha Makanan

- STRENGHTS
    - Konsep tempat, makanan, minuman, dll misalnya Instagramable kekinian atau kas tempo dulu
    - Lokasi dekat dengan sentra bisnis, ramai
    - rasa lebih enak dan harga terjangkau
    - Memiliki layanan Delivery Order
    - DLL Semakin banyak strenghts maka maka sebuah usaha akan semakin bagus dan layak untuk dikerjakan

- WEAKNESS
    - Modal untuk mengembangkan usaha masih kurang mencukupi
    - Harga alat yang digunakan cukup mahal
    - dll Semakin sedikit weakness dalam sebuah bisnis maka semakin bagus

- OPPORTUNITIES
    - Bisnis sejenis di sekitar tempat usaha masih belum ada
    - Target pasar di sekitar tempat bisnis lebih suka membeli makanan, sehingga permintaan pasar terus ada
    - Adanya Social Media yang sangat membantu pemasaran
    - dll semakin banyak peluang yang ada semakin bagus

- THREATS
    - Harga bahan baku yang sering naik
    - dll semakin sedikit threats semakin baik

Itulah tadi artikel Analisa SWOT Bisnis yang wajib dilakukan Pengusaha, banyak sekali kan manfaatnya gaes. Analisa SWOT ini selain dapat digunakan untu sebuah usaha saya kira juga bisa digunakan untuk apa saja termasuk untuk menganalisa diri kita sendiri. Demikian postingan kali ini semoga dapat bermanfaat.