Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tips Mengatasi Konsumen Yang Suka Membanding-Bandingkan Harga

Setiap penjual tentu pernah menemukan konsumen yang suka membanding-bandingkan harga dengan kompetitor, melihat harga kompetitor lebih murah di bandingkan harga jual yang kita tawarkan, lalu mereka membandingkannya.

Lalu bagaimana cara menghadapi konsumen yang membanding-bandingkan harga seperti itu??".

Saya akan bagikan solusi untuk Anda, supaya mereka tetap membeli kepada Anda walaupun harga jual barang lebih mahal dari kompetitor.

Tidak bisa di pungkiri, secara tidak langsung penjual itu sebenarnya sama, ingin mendapatkan banyak pembeli dan produk kita terjual serta mendapatkan omzet yang besar. Sehingga terkadang, dalam pesaingan pun menjadi tidak sehat.

Salah satunya seperti ini, yaitu perang harga. Untuk itu, saya juga sudah membagikan tentang cara mengatasi perang harga di marketplace.

Anda tidak perlu panik dan bingung, ketika ada konsumen atau pelanggan yang membanding-bandingkan harga dengan harga jual kompetitor Anda. Hal tersebut sudah menjadi masalah umum, dan selagi kita bisa bersikap tenang, pembelipun akan mengikuti apa yang kita sarankan kepada mereka.

Adan setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam menghadapi konsumen yang membanding-bandingkan harga barang dagangan Anda, adapun diantarnya sebagai berikut ini:

Cara Mengatasi Konsumen Yang Suka Membanding-Bandingkan Harga Barang

cara mengatasi konsumen yang membanding-bandingkan harga


1. Tenang & Jangan Memaksa.


Anda harus bisa mengendalikan emosi, nafsu dan tidak menekan konsumen tersebut, cukup dengarkan dulu apa yang ingin konsumen katakan, karena biar bagaimana pun pembeli adalah raja, mereka berhak menentukan untuk membeli di siapa.

Diam bukan berarti membiarkan konsumen tersebut kabur dan tidak jadi beli yah, ini hanya masalah waktu saja. Kita iyakan saja dulu apa yang konsumen katakan, lalu kita jelaskan pelan-pelan kepada mereka tentang produk kita , kenapa beda dengan lainnya atau beda harga dengan produk serupa.

Jangan sampai Anda terbawa emosi, lalu memblokir atau mengabaikan konsumen tersebut. Biasanya tipe pembeli seperti itu adalah orang yang memang teliti dalam berbelanja, dan memilih serta mencari produk yang memang sesuai kebutuhan mereka, kalau kita sudah bisa membuat mereka lebih butuh, maka closing akan terjadi.

Dan kita juga tidak bisa memaksa konsumen, karena kalau sedikit saja kita terlihat memaksa mereka, bisa saja kita di blokir atau di abaikan. Itu yang perlu kita hindari, karena itu masalah waktu saja. Jika memang belum beli sekarang, mereka pasti membeli dilain waktu asalkan kita bisa mengedukasi mereka.

2. Tonjolkan Value Produk Anda.

Terkadang memang konsumen tidak butuh produk apa dan siapa yang menjualnya, karena konsumen itu umumnya lebih mementingkan dirinya sendiri.

Jadi, ketika Anda ingin mereka membeli kepada Anda. Maka, Anda harus bisa menunjukan value terkait produk Anda kepada mereka.

Alasan apa yang bisa meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda daripada yang lainnya. Apabila dirasa produk Anda memang benar-benar di butuhkan dan cocok untuk mengatasi masalah mereka, closing pasti terjadi.

Berikut ini alasan yang bisa Anda gunakan juga, untuk mendapatkan perhatian konsumen yang membanding-bandingkan harga:

  1. Apa yang akan didapat ketika membeli produk Anda. ( Selain Produk Utama ).
  2. Jaminan keaslian produk & keamanan.
  3. Testimoni pembelian & pengguna produk tersebut.
  4. Berikan bonus tambahan apa saja yang relevan atau kebutuhan konsumen & tidak mengurangi profit.
  5. Berikan Panduan atau Bimbingan Gratis, Misalnya produk herbal, maka Anda bisa berikan panduan konsumsi & juga bimbingan supaya hasilnya maksimal.
  6. Dan Lainnya.


Beberapa hal tersebut harus Anda ketahui, dan selain itu ada beberapa hal lagi tentang tips cara mengatasi konsumen pembanding harga. 

Lanjutkan membacanya...!!

3. Buat Mereka Semakin Butuh.

Hal penting ketika Anda ingin cepat closing atau jualan cepat laku, salah satunya yaitu membuat mereka semakin butuh dengan produk Anda.

Apabila Anda bisa menguasai ilmu ini, Anda bisa closing setiap hari dengan jumlah yang besar. Karena seperti yang kita ketahui, setiap pembeli itu memiliki masalah sendiri-sendiri.

Kita bisa cari tahu apa masalahnya, keluhanya apa dan tawarkan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Memang ini salah satu tantangan bagi para seller, karena memang ini butuh riset atau harus gali dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada konsumen.

Jika kita sudah tahu keluhan konsumen, maka kita bisa mengambil hatinya konsumen dengan mudah dan membuatnya semakin butuh dengan apa yang kita tawarkan. 

Saya punya client yang menjual produk herbal, nah herbal tersebut untuk program hamil. Jelas target marketnya orang yang sudah menikah dan ingin hamil, ketika mereka melihat iklan "Promil Yang Terbukti Berhasil" yang saya buat untuk client tersebut dan menghubungi wa, jelas sekali orang tersebut butuh solusi agar cepat hamil.

Nah, kalau kita bisa membuatnya semakin butuh. Maka, closing pun akan jadi mudah dan pada penawaran, saya menyarankan kepada client saya untuk selalu mengingatkan kembali masalah konsumen, mulai dari hal-hal yang menyedihkan karena tidak bisa hamil, sering di ejek tetangga, dan rumah tangga tidak harmonis karena tidak ada anak dan sejenisnya.

Ternyata, dengan menambahkan kata-kata tersebut. Client saya mendapatkan omset yang lebih baik dan maksimal dari sebelumnya. Karena memang, dengan kita mengingatkan masalah mereka, mereka akan semakin butuh dan ketika melihat bukti yang nyata dari para pengguna produk client saya, mereka langsung tertarik untuk membelinya. 

Itulah cara menghadapi konsumen yang membanding-bandingkan harga, jangan sampai terlewatkan sedikit artikel ini yah. Karena bagian terpenting kadang terselip di tengah artikel dan sayang kalau di lewatkan.

4. Cepat Respon Pesannya.

Setiap orang yang chat, tentu ingin selalu mendapatkan jawaban dengan cepat dan kadang sebagai seller yang sibuk. Kita menjadi lemah dalam pelayanan yang satu ini, untuk itu kalau memang kita memiliki penjualan yang besar, maka kita harus punya sistem bsinis.

Anda sulit sukses kalau bekerja sendiri, dan ketika Anda sedang melakukan ini, maka yang itu terbengkelai dan seterusnya. Apabila seperti itu, maka Anda akan kelelahan dan hingga pada akhirnya bosan sendiri.

Pastikan ada cs yang selalu on di setiap kontak, supaya Anda bisa memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen Anda. 

Dengan pelayanan yang prima, merak tidak akan membanding-bandingkan harga, karena tanpa di jelaskan pun. Mereka akan tahu kenapa harganya berbeda dengan yang lainnya.

Ini penting sekali, karena saya sendiripun kalau memesan jasa, entah jasa buat artikel, jasa review, jasa backlink pun kalau lama bales, saya jadi malas dan ternyata masih banyak orang yang begitu, padahal kalau fast respon pun saya akan berlangganan dan memesan jasanya lagi.

Kadang 5 jam baru di balas, kadang 1 hari baru di bls dan bahakan ada satu yang sampai sekarang tidak di buka sama sekali padahal on. 

"Bagaimana pendapat Anda, apakah Anda mau berlanganan kepada penyedia jasa tersebut dengan lambatnya membales pesan Anda? 

Tentu tidak, jadi tingkatkan performa chat ini penting sekali.

Baca juga: Cara Dapat Uang 500ribu Sehari

5. Kenali Konsumen Lebih Dekat.

Memang kalau kita menjual sesuatu kepada teman sendiri, rasanya ngeselin juga sih. Mereka tidak takut ketipu dan percaya saja sama kita, tapi minta diskon lah, minta banyak lah dan sejenisnya. Pernah merasakan seperti itu??

Saya rasa pernah, kalau sesekali tidak apa. Karena dari mereka kita bisa mendapatkan banyak pelanggan atau konsumen yang mudah percaya dengan kita. 

Biasanya mereka akan merekomendasikan kepada temannya lagi, jadi ini bisa menjadi cara gratis dalam pemasaran.

Nah, kalau Anda ingin konsumen Anda tidak membanding-bandingkan dengan harga orang lain. "Yang perlu Anda lakukan yaitu, kenali konsumen lebih dekat dan jadikan sahabat Anda.

Banyak kawan, banyak rizki..

Itulah pepatah lama yang memang benar adanya,

Karena dari 1 kawan, akan ada ribuan orang yang tahu kalau kita jualan ini dan itu.

Kalau mereka sudah tahu kita, akrab dan kenal dekat dengan kita, bukan hanya tidak takut ketipu. Tapi, mereka akan merasa tidak enak kalau harus membanding-bandingkan harga dengan yang lainnya dan mereka akan lebih memilih membeli dengan Anda, karena sudah tahu Anda yang jelas-jelas akrab dengannya.

Baca Juga: 5 Strategi Cara Meningkatkan Penjualan Online


Saya hanya bagikan 5 tips cara menghadapi konsumen yang membanding-bandingkan harga, dan ini saya selalu lakukan. 

Silahkan baca sampai selesai dan jangan sampai terlewat bagian terpentingnya, karena cara yang saya bagikan tidak akan efektif kalau bagian terpenting terlewatkan.

Anda punya tambahan? 

Silahkan bagikan juga di kolom komentar, supaya kita semua bisa mendapatkan omset yang melimpah dan bermanfaat bagi banyak orang. Saya pun masih banyak belajar, jadi kalau ada pendapat yang lebih oke punya, bagikan juga di sini.

close