Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Modal Kecil

Tips menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil ini saya khususkan buat sahabat yang masih beranggapan untuk menjadi pengusaha sukes itu haruslah punya modal yang besar. Padahal pada kenyataanya banyak sekali orang yang punya begitu banyak uang dan modal besar tapi tidak mampu menjadi seorang pengusaha sukses.

Disisi lain sahabat juga pasti sudah banyak mendengar berita, banyak orang yang sukses bahkan tanpa modal sama sekali dan dia juga bukan berasal dari seorang keluarga yang berada dan kaya raya.

Ini membuktikan untuk menjadi pengusaha sukes itu tidak cukup hanya dengan mempunyai modal yang besar saja, masih banyak faktor lain yang menentukan kesuksesan seorang pengusaha. 

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan beberapa tips menjadi pengusaha sukes dengan modal kecil. yang bisa sahabat terapkan, agar nantinya usaha kecil milik sahabat bisa berkembang menjadi besar dan sahabat bisa menjadi seorang pengusaha sukses.

Yuk Langsung saja kita simak.

Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Modal Kecil

Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Modal Kecil

1. Bergaul Dengan Banyak Pengusaha

Seperti kata pepatah lama, kalau kamu bergaul dengan tukang minyak wangi, sadar atau tidak, kamu akan kebagian wanginya juga.

Begitu juga jika kamu bergaul dengan banyak pengusaha, akan banyak insight dan pelajaran yang bisa di ambil dari mereka. Dengan bergaul dengan banyak pengusaha, sahabat bisa bertanya dan melihat secara langsung bagaimana mereka mengembangkan usaha mereka.

Punya banyak teman pengusaha membuat sahabat memiliki mindset yang benar dalam membangun sebuah bisnis kecil menjadi besar.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk memulai usaha, bergaul dan carilah teman pengusaha sebanyak banyaknya , dan seringlah berinteraksi bersama mereka.

2. Pandai Melihat Peluang


Selanjutnya untuk menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil haruslah pandai melihat peluang usaha yang dibutuhkan di masyarakat namun masih minim persaingan.

Untuk bisa melihat peluang semacam ini, tentu sahabat harus melakukan pengamatan dan survei secara langsung di lingkungan, mana kira kira yang bisa di jadikan peluang.

Kita ambil contoh dari lahirnya aplikasi Go-jek. Sang pencetus go-jek dulunya sering berinteraksi dengan tukang ojek di pangkalan ojek, dan melihat begitu banyak tukang ojek kesulitan mendapatkan penumpang karena hanya menunggu di pangkalan.

Dari situ sang pencetus go-jek bisa melihat peluang, kalau ada sebuah alat yang bisa membuat tukang ojek tidak perlu menunggu di pangkalan dan para penumpang bisa dengan mudah memanggail tukang ojek pasti akan menjadi suatu usaha yang bagus. Dari situ maka lahirlah aplikasi gojek yang fenomenal.

3. Berani Untuk Mencoba


Seorang pengusaha yang sukses tidak pernah takut untuk mencoba dan merealisasikan ide usaha yang sudah mereka dapatkan. Apapun hasilnya nanti, mereka tidak pernah takut mencoba dan menjalankannya dengan sungguh - sungguh.

Karena walaupun sahabat pandai melihat peluang, tapi kalau tidak berani mencoba dan takut mengalami kegagalan, maka selamanya sahabat tidak akan pernah sukses.

4. Belajar Dari Kegagalan


Sangat jarang sekali seseorang bisa sukses di bisnis pertama yang mereka lakukan. Kebanyakan dari pengusaha sukses harus melewati berbagai macam kegagalan lebih dahulu sebelum akhirnya merela bisa mencapai kesuksesan bisnis mereka.

Dari kegagalan bisnis sebelumnya mereka belajar dan mengevaluasi diri apa yang kurang dan apa yang harus mereka perbaiki pada saat harus membangun bisnis kembali.

Kegagalan ini juga adalah guru yang paling berharga, karena sahabat mengalami dan merasakan secara langsung, yang bisa membuat mental sahabat terbentuk semakin kuat.

5. Pandai Mengelola Keuangan Usaha


Kunci sukses lainnya untuk menjadi pengusaha sukses adalah harus pandai mengelola keuangan usaha. Jangan sampai barang habis namun uang juga habis dan akhirnya usaha sahabat bangkrut .

Jadi, pengelolaan keuangan ini juga harus sahabat perhatikan dengan baik, jika ingin mengembangkan usaha kecil menjadi besar, karena banyak yang gagal menjadi pengusaha sukses karena gagal dalam mengelola keuangan usaha.

Diantara yang paling penting adalah, sahabat harus bisa memisahkan keuangan usaha dan pribadi agar tidak tercampur baur, yg bisa menyebabkan keuangan usaha tidak terkontrol dengan baik.

6. Pelajari Ilmu Marketing


Marketing adalah ujung tombak dari keberhasilan suatu usaha, tanpa marketing yang benar, suatu usaha akan sulit bersaing dan tentu akan sulit berkembang.

Apalagi di era sekarang yang persaingan dunia usaha sudah semakin sengit. Tanpa ilmu marketing yang benar, sangat sulit rasanya membuat usaha kecil menjadi besar.

Untuk itu investasikan waktu dan uang sahabat buat belajar tentang pemasaran kepada ahlinya dan kepada meraka yang sudah berpengalaman membantu orang orang mengembangkan bisnis.

Perlu usaha lebih memang, namun tentu tidak ada yang mudah untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Demikianlah beberapa tips menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil, semoga bisa memberikan inspirasi buat sahabat pembaca semua. Baca juga : passive income ibu rumah tangga