Cara Menjadi Penulis Online Yang Menghasilkan Uang

Cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang ini, saya tujukan kepada sahabat yang punya keinginan mendapatkan uang dari menulis tapi masih bingung apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara menjual tulisan sahabat.

Semoga setelah sahabat membaca artikel cara menjadi penuis online yang menghasilkan uang ini, bisa sedikit memberikan pencerahan dan membantu sahabat penulis pemula yang masih belum mengerti seluk beluk dunia content writer yang saat ini merupakan salah satu profesi yang banyak dibutuhkan, karena kebutuhan akan konten yang berupa artikel sangatlah banyak, seiring dengan petumbuhan website yang setiap hari selalu berkembang pesat.

Namun sebelum kita bahas. Perlu sahabat ketahui untuk menjadi penulis online yang menghasilkan uang ini tidaklah mudah, dan juga bukan hal terlalu sulit. Yang sahabat perlukan adalah kemauan untuk belajar dan berlatih serta disiplin dalam membuat tulisan.

Karena menjadi seorang content writer nantinya sahabat akan dituntut untuk bisa membuat artikel yang sesuai dengan keinginan client dan harus menyelesaikannya tepat waktu. Disinilah pentingnya disiplin dan profesionalitas menjadi seorang content writer.

Jika sahabat sudah siap akan hal itu, Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya:

Cara menjadi penulis Online Yang Menghasilkan Uang

Cara Menjadii Penulis Online Yang Menghasilkan Uang

1. Mengusasi Ilmu Seo ( Search Engine Optimizition )

Untuk menjadi penulis online. Langkah awal yang harus sahabat kuasai adalah ilmu SEO ( Search Engine Optimizition ).

Kenapa?

Karena maksud dari artikel dibuat oleh suatu blog atau website adalah untuk mendapatkan traffic pengunjung yang berasal dari search engine seperti google, bing , yadex yang merupakan sumber traffik terbesar di dunia onlne. Karena ketika seseorang hendak mencari informasi pasti saat ini menggunakan google dan sejenisnya untuk mendapatkan informasi tersebut.

Untuk itu, setiap artikel yang dibuat haruslah sesuai dengan kaedah SEO, agar artikel tersebut bisa mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari, sehingga bisa mendapatkan traffik.

Point Point Penting Dalam Ilmu Seo Yang Harus Sahabat Ketahui :

1. Cara Riset Keyword
2. Penerapan dan penempatan keyword didalam artikel
3. penggunaan heading

3 hal tersebut harus benar benar sahabat pelajari dan kuasai jika hendak menjadi seorang penulis online yang handal dan bisa mendapatkan gaji sebagai penulis artikel.

Cara belajar SEO nya gimana?

Ada banyak sekali di google dan youtube sahabat bisa searching dan pelajari semuanya, sambil belajar menerapkannya diblog sahabat sendiri.

2. Membuat Blog Sendiri

Kenapa harus membuat blog? agar semua ilmu seo yang sahabat pelajari bisa diterapkan ataupun di praktekkan langsung di blog sahabat, sehingga sahabat tidak membuat tulisan berdasarkan teori saja, melainkan berdasarkan hasil latihan dan juga praktek di blog sahabat.

Selain itu, blog pribadi sahabat juga sebagai modal dan portofolio yang bisa sahabat tunjukan pada saat sahabat melamar sebagai penulis online ataupun membuka jasa penulisan sendiri. Karena tentu calon client ingin melihat bagaimana kualitas tulisan sahabat, apakah sesuai dengan yang mereka inginkan atau tidak.

Lebih dari itu, blog juga bisa sahabat jadikan sebagai sumber penghasilan seperti dari google adsense, mengikuti lomba blog dan lain sebagainya.

3. Melamar Di Situs Jasa Penulisan Artikel

Nah, jika sahabat merasa sahabat sudah menguasi dasar dasar ilmu seo dan sudah mampu membuat artikel yang berkualitas, saya sarankan sahabat jangan langsung membuka jasa penulisan sendiri. Untuk mencari pengalaman, sahabat bisa melamar di situs jasa penulisan artikel yang sekarang ada cukup banyak sekali.

Hubungi mereka satu persatu dan tanyakan pada mereka apakah mereka menerima penulis pemula untuk bergabung bersama team mereka.

Dari sana sahabat bisa belajar lebih banyak lagi tentang dunia content writer, karena biasanya adakan mendapatkan masukan langsung dari ownernya dan juga belajar bagaimana membuat artikel tepat waktu sesuai keinginan clitent.

Jangan fikirkan masalah gaji lebih dahulu, yang terpenting sahabat mendapatkan ilmu dan pengalaman, sebagai bekal bagi sahabat nantinya bergerak secara mandiri.

4. Mecari Lowongan Menulis Di Situs Freelance

Selanjutnya, agar sahabat bisa cepat menghasilkan uang sebagai penulis online, sahabat bisa mencari pekerjaan menulis di situs situs freelance. Karena disana merupakan salah satu tempat orang orang mencari jasa penulisan artikel

Berikut ini salah satu contoh screenshot yang saya ambil dari situs sribu.com

Disana cukup banyak yang memerlukan para content writer yang berpengalaman dan mengerti tentang SEO.

Dan masih banyak lagi stus situs freelance lain yang bisa sahabat gunakan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penulis artikel. Yang terpenting pastikan sahabat sudah menguasai langkah langkah yang sudah saya sebutkan di point pertama dan kedua.

5. Mengikuti Lomba Blog

Untuk lebih mengasah kemampuan sahabat dalam membuat artikel, sahabat bisa juga mengikuti berbagai lomba blog yang sering diadakan oleh brand brand ataupun perusahaan yang bekerjasama dengan komunitas blogger seperti blogger perempuan, blogger kroni, kompasiana dan masih banyak lagi.

Disana sering kali diadakan lomba menulis artikel dengan teman teman tertentu yang sudah di tentukan oleh mereka.

Dan kabar gembiranya, hadiahnya juga gak main main lho, bisa berupa uang tunai, give away dan juga tour, tergantung dari siapa yang mengadakan lomba tersebut. Yang jelas profesi sebagai penulis online ini bukan main main, dan bisa sahabat jadikan sebagai sumber penghasilan jika sahabat sudah ahli dibidang ini.

Demikianlah cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang, semoga bermanfaat dan bisa membantu sahabat penulis pemula dimanapun anda berada.