Cara Mencari Peluang Usaha Bagi Pemula

Cara mencari peluang usaha bagi pemula adalah suatu hal yang terkadang membingungkan. Karena selain minimnya pengetahuan dan pengalaman, banyak para pemula yang kurang jeli dalam melihat peluang usaha yang ada di sekitar.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi cara mencari peluang usaha bagi pemula, semoga bisa sedikit memberikan arahan  dalam membaca setiap peluang yang ada.

Atau setidaknya cara mencari peluang usaha bagi pemula ini bisa sedikit menjadi pengetahuan untuk bisa mengasah insting sahabat dalam melihat setiap peluang usaha yang timbul dari pribadi maupun lingkungan.

Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya.

Cara Mencari Peluang Usaha Bagi Pemula

cara mencari peluang usaha

1. Amati Permasalahan Lingkungan Sekitar

Peluang usaha yang potensial seringkali muncul dari adanya permasalahan yang banyak dialami oleh masyarakat sekitar. Misalnya sahabat tinggal di kalangan masyarakat nelayan, ternyata nelayan di sana banyak mengalami kendala pemasaran ikan. Tentu ini merupakan suatu peluang usaha yang potensial untuk sahabat membangun pemasaran hingga ke luar daerah.

Contoh lain misalnya sahabat hidup dilingkungan para petani dan di sana ternyata sangat sulit untuk mendapatkan salah satu jenis pupuk tertentu. Jika ada masalah semacam ini di lingkungan ada suatu peluang yang bisa sahabat jadi kan peluang untuk membuka usaha.

Untuk itu sahabat harus rajin mengamati daerah lingkungan tempat tinggal sahabat agar bisa mengetahui permasapan apa yang ada di mereka yang bisa dijadikan peluang usaha.

2.  Melihat Kedalam Diri Sendiri

Setiap manusia pasti di karunia kelebihan dan kekurangan masing masing serta kecendrungan kesukaan terhadap sesuatu yang berbeda beda.

Untuk itu, lihatlah ke dalam diri sendiri lebih detail apa yang menjadi keahlian dan kesukaan sahabat di setiap harinya. Karena dari keahlian dan hobi itu bisa dijadikan modal awal untuk membangun sebuah usaha yang sukses.

Karena suatu usaha yang di bangun berdasarkan usaha dan hobi, biasa akan lebih tahan banting, karena semua dilakukan dengan penuh rasa gembira sehingga segala masalah yang dihadapi seakan tidak terjadi.

Proses penggalian potensi diri ini memang kadang butuh waktu, namun harus sahabat lakukan, untuk menambah kepercayaan diri sahabat dalam memulai suatu bisnis.

3. Amati Bisnis Yang Sudah Ada

Mencari peluang usaha potensial tak harus dari usaha yang baru, melainkan dari bisnis yang sudah berjalan di sana juga ada banyak sekali potensi bisnia yang masih bisa di kembangkan.

Saya ambil contoh dari usaha bakso dan mie ayam misalnya. Usaha ini bisa dikatakan klasik dan hampir di seluruh wilayah Indonesia kita bisa menemukannya, dan ada diantara mereka yang sudah berjalan puluhan tahun.

Ini sebenarnya menunjukan bahwa bisnis ini adalah salah satu peluang bisnis potensial, karena karena sudah terbukti bisa berjalan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Yang harus sahabat lakukan jika ingin terjun ke bisnis ini adalah bagaimana sahabat melakukan diferensiasi bisnis, agar usaha yang sahabat mulai menjadi lebih fresh dan modern dari yang sudah ada, sehingga bisa mendapatkan perhatian lebih dari konsumen.

4. Mencari Informasi Di Internet

Dizaman sekarang semua informasi bisa di dapat dengan mudah melalui internet, termasuk dalam hal mencari peluang usaha.

Di internet ada banyak sekali informasi peluang usaha, bahkan mungkin yang belum pernah sahabat bayangan sebelumnya.karena kita biasa mendapatkan informasi dari daerah lain bahkan dari belahan dunia lain dengan mudah.

Untuk itu, rajinlah browsing di goole, youtube maupun media sosial lain, dan dapatkan ide peluang usaha yang belum pernah ada di daerah sahabat,sehingga sahabat bisa menjadi yang pertama memulai.

5. Bergabung Dengan Komunitas Bisnis

Dengan bergabung bersama komunitas bisnis, sahabat akan mendapatkan pengalaman sekaligus ide ide bisnis yang cukup banyak dari rekan komunitas lain yang sudah banyak makan asam garam dunia bisnis.

Untuk itu, sebagai pemula carilah komunitas bisnis dan bergabunglah bersama meraka,karena di sana sahabat akan banyak mendapatkan ilmu ilmu baru tentang kewirausahaan, termasuk dalam hal mencari peluang usaha.

Karena didalam komunitas pasti akan ada saling sharing, support dan juga berbagi pengalaman yang tidak akan sahabat dapatkan diluar komunitas.

6. Cari Tahu Produk Yang Viral 

Sejak adanya medsos banyak sekali produk produk yang sering viral karena di pakai oleh seorang public pigure ataupun orang terkenal.

Sehingga banyak masyarakat yang ingin mengenakan produk yang sama. Maka dari sini timbullah peluang bisnis yang potensial untuk di jadikan usaha.

Walaupun memang produk viral ini terkadang tidak bertahan lama dan sering silih berganti, maka pastikan sahabat selalu up to date terhadap segala sesuatu yang viral di dunia maya.

Dan sahabat harus selalu siap dengan perubahan tren produk yang terjadi agar tidak ketinggalan momentum dalam menjual produk tersebut.

Demikianlah cara mencari peluang usaha bagi pemula, semoga bermanfaat. Baca juga : Contoh wirausaha yang menarik