Modal Usaha Selalu Habis? Ini Dia Penyebabnya

Modal usaha selalu habis ketika sedang memulai usaha adalah masalah klasik yang banyak dialami oleh para pengusaha pemula. Karena mereka tidak mengerti bagaimana memutar modal usaha dan cara mengembangkannya.

Parahnya, ketika dagangan habis duit juga habis. Itu artinya modal usaha selalu habis bukan hanya karena tidak laku, melainkan dikarenakan juga masalah pengelolaan keuangan yang tidak benar.

Hal semacam ini tentu sangat memprihatinkan, karena jika modal usaha selalu habis ketika sedang berbisnis, maka tentu sahabat tidak akan pernah bisa menjadi pengusaha sukses untuk selamanya.

Untuk itu, bagi sahabat yang hendak terjun ke dunia usaha, wajib mengetahui beberapa penyebab usaha tidak balik modal ketika sedang berjualan atau berwirausaha.

Penyebab Modal Usaha Selalu Habis

Modal usaha selalu habis

1. Mencampuradukan Keuangan Usaha Dan Pribadi

Ini adalah salah satu penyebab utama modal usaha selalu habis. Karena jika keuangan usaha dan pribadi sudah dicampur adukan, maka sahabat akan menggunakan uang dengan seenaknya saja. Yang tanpa di sadari akhirnya uang modal juga terpakai.

Mencampur adukan keuangan pribadi dan usaha juga membuat sahabat tidak mengetahui berapa keuntungan atau kerugian yang usaha sahabat dapatkan setiap bulannya. 

Yang sahabat tau hanya memakai uang tersebut untuk segala keperluan, yang akhirnya usaha yang baru sahabat rintis akhirnya bangkrut.

2. Tidak Mencatat Pemasukan Dan pengeluaran Usaha

Tidak mencatat pemasukan dan pengeluaran usaha bisa mengakibatkan pengeluaran tidak terkontrol dan tidak tahu berapa jumlah uang yang sudah dikeluarkan. Karena yang namanya manusia terkadang sangat banyak sekali keperluan dan juga keinginan yang tiada habisnya.

Jadi kalau sahabat melakukan hal ini, maka wajar saja jika modal usaha milik sahabat selalu habis dan usaha tidak bekembang. Karena sahabat tidak memiliki pedoman dan arah yang tepat dalam mengatur uang hasil jualan.

3. Modal Usaha Berasal Dari Hutang

Tidak ada yang salah dengan modal usaha yang berasal dari hutang. Yang jadi masalah adalah kebanyakan dari kita tidak memiliki perencanaan serta mengambil hutang yang terlalu besar, dimana tidak sesuai dengan keuntungan yang di dapat dari usaha.

Akibatnya, setiap bulan selalu minus karena harus membayar cicilan hutang yang cukup besar, sedangkan usaha yang berjalan belum dapat di andalkan sepenuhnya.

Jadi, sebelum sahabat memutuskan untuk meminjam uang untuk modal usaha, alangkah baiknya sahabat pikirkan secara matang dan memiliki gambaran tentang potensi dari bisnis yang akan sahabat jalankan nantinya, berdasarkan hasil survei pasar bukan atas dasar spekulasi belaka.

4. Terlalu Percaya Dengan Orang Lain

Modal usaha selalu habis bisa juga diakibatkan karena sahabat terlalu percaya terhadap orang lain ataupun karyawan yang sahabat pekerjakan tanpa melakukan kontrol secara penuh.

Hal semacam ini sangat fatal, karena pola fikir karyawan hanyalah untuk bekerja dan dapat gajih, sangat sedikit sekali diantara mereka yang mau menganggap usaha sahabat sebagai usaha mereka juga.

Belum lagi jika sahabat mendapatkan karyawan yang tidak jujur, maka akan jauh lebih berbahaya lagi jika tidak melakukan kontrol secara penuh. 

Sudah banyak contohnya usaha yang bangkrut diakibatkan di percayakan sepenuhnya kepada orang lain.

5. Kurang inovasi

Kurangnya inovasi bisa menjadi salah satu sebab modal usaha amblas, karena tanpa adanya inovasi, usaha yang sahabat miliki akan kalah bersaing dengan para kompetitor, yang tentu akan mengakibatkan kurangnya pemasukan dan ujung-ujungnya akan menguras modal usaha.

Inovasi yang saya maksudkan disini, terkait dengan usaha yang sekedar ikut -ikutan tanpa adanya planing serta differensiasi yang membedakan usaha milik sahabat dengan kompetitior yang sudah lebih dahulu menguasai pasar.

Karena walau bagiamanapun setiap kategori usaha sudah ada market leader yang menguasai pasar. Jadi jika sahabat ingin sukses di suatu usaha, harus memiliki konsep yang jelas serta menawarkan nilai lebih dimata konsumen.

6. Lokasi Usaha Tidak Strategis

Selanjutnya modal usaha habis dan tidak balik modal bisa juga di akibatkan karena lokasi usaha yang tidak strategis yang mengakibatkan usaha sepi pengunjung dan membuat barang tidak laku.

Untuk itulah kenapa terkadang banyak orang yang rela berjualan di pingir jalan raya, di taman kota, di sekitar rumah sakit dan pasar, karena memang di situlah tempat- tempat strategis untuk membuka usaha.

Lokasi strategis akan berpengaruh terhadap omzet yang sahabat dapatkan, dan tentu juga akan berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis dan juga modal.

7. Kurangnya Pengatuhan Tentang Marketing Dan Branding

Di era sekarang, ilmu marketing dan branding sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan suatu usaha. karena saat ini sudah semakin ketatnya persaiangan. Maka membuka usaha tanpa pengetahun marketing dan branding yang cukup akan mengakibatkan modal usaha selalu habis dan bangkrut.

Jadi, buat sahabat yang saat ini sering mengalami habis modal. alangkah baiknya kalau sahabat belajar lagi tentang ilmu marketing dan juga branding serta bagaimana cara mengelola keuangan bisnis yang baik. Maka tentu hasilnya akan jauh lebih baik nantinya.

Demikian pembahasan kita kali ini. Baca juga : Ide jualan makanan yang tahan lama