Cara Terbaik Mengatasi Tidak Bisa Input NO. Resi Secara Manual Di Shopee 2021

 

cara mengatasi tidak bisa input resi di shopee 2020

Tidak bisa input resi di shopee, bagaimana mas cara mengatasi tidak bisa input resi di shopee?

...Jangan panik.

Saya juga pernah mengalami hal serupa, karena memang sebagai dropshiper tentu ada banyak cobaannya.

Salah satunya tidak bisa input resi secara manual, karena saat ini seluruh marketplace sudah beralih ke resi otomatis.

Memang ini sangat bagus untuk mempermudah seller dalam mengatur pengirimannya, tapi bagi kita yang dropship tentu saja ini adalah masalah yang serius.

Kadang, sudah adap pembeli dan kita sudah melakukan pembelian pada suplier. Ternyata, pada saat mau input resinya.

Ehhh...sudah tidak bisa dikarenakan harus mengunakan resi otomatis.

Panik dan cemas memang hal yang wajar, karena kalau tiba-tiba pesanan di batalkan karena resi tidak bisa di upload. Maka, uang kita tidak akan cair atau hilang, karena barang sudah di beli dan di kirim ke konsumen kita.

Pengalaman saya waktu itu begini, sedikit cerita yahh..

...Agar ini bisa jadi pelajaran untuk Anda juga dalam berjualan di shopee.

Di toko shopee saya terdapat beberapa pesanan di hari itu, namun saya tidak tahu kalau upload resi secara manual tidak bisa. 

"Jadi, saya seperti biasa lakukan pembelian produk ke suplier dan di kirim ke konsumen.

Setelah pesanan di proses dan saya juga sudah di kasih resi oleh suplier.

TAPI apa yang terjadi...

Sistem pengiriman di shopee sudah beralih ke sistem otomatis, jadi tidak bisa upload resi secara manual dan saya juga berfikir, bagaimana nih kalau sampai di batalkan, padahal produknya sudah di kirim ke pembeli.

"Yang saya lakukan yaitu, menghubungi pihak shopee melalui email.

Melalui email, kurang lebih kata-katanya seperti ini. Bisa Anda gunakan juga, kalau memang memiliki kendala yang sama seperti saya.

Berikut ini kata-kata yang saya kirim ke pihak shopee agar membantu saya melakukan input resi terkait pesanan pembeli di toko saya.

"Yth. Shopee

"Saya mengalami kendala saat input no resi, karena sudah tidak bisa menginput no resi secara manual. Dan pesanan pembeli sudah saya proses, mohon bantuannya! No pemesanan ( kode pesanan ) dan no resi pengiriman telah di buat (isi no resi pengiriman ), Mohon bantuannya untuk menyelesaikan masalah ini."

Terimakasih.

Kirim ke email help@support.shopee.co.id

Isi subjek email atau judul Pengiriman Produk / Indut resi pengiriman.

Aamat email itu support shopee terbaru 2020 yang bisa Anda gunakan untuk meminta bantuan.

Alhamdulillah uang masuk ke rekening juga, dan masih rejeki saya.

...Jadi, jelaskan saja apa yang jadi keluhan Anda. Contoh, kalau tiba-tiba erorr dan tidak bisa upload resi, maka jelaskan saja saya tidak bisa upload resi karena halaman erorr.

Dihari itu juga, bisanya akan mendapatkan balasan yang menandakan pesan Anda telah di terima dan sudah di teruskan oleh CS shopee, dan 1-3 hari sudah beres biasanya, dan saya sendiri hanya 1 hari saja langsung di proses. 

..Sore saya email, lalu besok sore lagi sudah berubah statusnya jadi dikirim.

Bagi Anda yang memang sedang bingung atau mengalami hal yang sama seperti saya, bisa lakukan cara yang sama seperti saya tersebut.

Bagaimana kedepannya untuk mengatasi masalah tidak bisa mengatasi input resi secara manual??"

  1. Mengunakan pihak ke 3 yaitu dengan gabung bersama Crewdible, ini saya jadikan solusi untuk mengatasi tidak bisa input resi secara manual. Dan sekarang mengunakan resi otomatis pun bisa, karena pengiriman dari suplier langsung ke gudang crewdible dan, dari crewdible baru di teruskan ke konsumen, tentunya kita menginfokan kode booking juga agar crewdible memproses mengunakan no resi yang sudah di buat. Dengan mengunakan pihak ke 3 penyedia gudang online, kita bisa dropship dari shopee ke shopee juga tidak masalah, karena tidak akan doble resi.
  2. Bisa merubah alamat, ini berlaku untuk toko dengan alamat jakarta. Walaupun ini akan menambah biaya ongkir, tapi ini akan membuat anda terhindar dari input resi otomatis. Tidak masalah, toko Anda di bekasi, tapi pengiriman dari suplier jakarta. Karena beda dikit saja ongkirnya, untuk itulah saya sarankan untuk merubah alamatnya di sekitar jakarta saja, seperti bogor, bekasi depok atau tangerang yang masih dekat.
  3. Bisa dengan minta bantuan cs shopee seperti tadi yang saya lakukan, tapi ini akan memakan waktu. Karena CS shopee tidak langsung memproses permintaan kita dikarenakan banyaknya antrian bantuan juga. Dan tidak mungkin juga, kalau dalam sehari kita ada orderan 100, maka tentunya ini akan membuat kita pusing sendiri.
  4. Mencari suplier yang bisa di ajak kerja sama terkait pengiriman resi otomatis, ini bisa jadi solusi terbaik juga dalam mengatasi tidak bisa input resi di shopee. Sekarang ini juga saya lakukan dan memang ada sebagian yang tidak mau , tapi tidak apa-apa. Karena banyak yang mau bekerja sama, pasalnya sama-sama menguntungkan kenapa idak.
  5. Dan lainnya.

Mungkin Ada cara lain, tapi saya hanya coba beberapa hal tersebut saja.

Jadi, saya tidak bisa membagikan lebih terkait cara mengatasi tidak bisa input resi secara manual di shopee 2021.

"Sebelum saya coba sendiri, maka rasanya itu kurang bagi saya.

Bisa bagikan ini juga pada teman Anda, siapa tahu memiliki keluhan yang sama. Sehingga ini akan lebih bermanfaat bagi banyak orang.

Anda butuh tips pemasaran yang efektif? Silahkan baca juga artikel saya yang lainnya.

Sampai jumpa..

Salam Hangat,
~Endi Alimsyah~