Belajar SEO Shopee: Cara Agar Produk Kita Mudah Di Temukan Pembeli Dan Cepat Laku

Belajar seo shopee 2021

Memanfaatkan marketplace shopee untuk meningkatkan penjualan memang cara yang tepat, bagi Anda yang memang punya produk sendiri.

Akan saya bahas tentang cara mengoptimsasi toko shopee agar menarik pembeli belanja di toko Anda.

Banyak yang bertanya kepada saya tentang bagaimana SEO shopee, untuk itu mari kita belajar bersama disini.

Topik kali ini yakni "Belajar SEO Shopee".

Bagaimana mengoptimasi toko online kita di shopee agar lebih mudah di temukan oleh target market kita atau orang yang membutuhkan produk kita di shopee.

Berjualan di shopee tidak cukup hanya membuat akun dan mengupload produk ,langsung ada yang beli.

....Tidak begitu.

Apabila tidak ada yang tahu toko Anda dan tidak ada orang yang mengunjungi toko Anda, maka penjualan akan sulit terjadi, atau apa yang Anda pajang di marketplace seperti layaknya koleksi pribadi saja.

Lalu...,bagaimana agar produk kita di temukan pembeli yang tertarget?

Jawabnnya, yaitu dengan mengoptimasi toko agar mampu bersaing di berbagai kata kunci sesuai target market produk kita.

Para seller wajib tahu seo shopee, terutama bagi mereka yang memang modal minim dan tidak ada budget untuk membayar iklan di shopee.

"Jika Anda dropship pemula, ini sangat penting bagi Anda juga.

Supaya, tanpa iklan pun produk yang Anda jual di shopee banyak di temukan dan juga meningkat penjualnya.

Sudah jelas yah?

Bahwa tujuan dari belajar SEO shopee itu untuk apa.

...Tentunya, tidak lain agar produk kita lebih mudah di temukan oleh pembeli.

Contohnya begini: Ketika Anda menjual baju gamis, maka ketika orang mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan gamis, maka produk Anda akan muncul di halaman depan.

Tentu saja, ini akan menguntungkan buat kita sebagai penjual ketika produk kita nangkring di halaman depan. Maka, penjualan pun akan meningkat drastis bahkan tanpa beriklan sekalipun.

Tapi problemnya, kita sulit untuk melakukan itu dan bahkan kebanyakan produk kita entah di urutan yang keberapa, sehingga sulit untuk naik dan jelas pembeli akan sulit menemukan produk kita.

Ini bisa Anda terapkan, ketika Anda sedang mencari cara menaikan produk di shopee.

Lakukan ini...

Belajar SEO Shopee: Cara Agar Produk Kita Mudah Di Temukan Pembeli


Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam megoptimasi toko online Anda di shopee supaya bisa muncul di kata kunci tertentu.

Dalam seo shopee, sebenernya sama saja dengan cara mengoptimasi website atau blog agar bisa tampil di halaman depan google, hanya lebih simple atau tidak seribet seo google.

Umumnya...

Optimasi Mesin oencari google ada 2 hal yang harus kita lakukan, yaitu optimasi seo on page dan off page. Ke 2 hal tersebut adalah hal yang harus di lakukan , supaya blog atau website kita bisa mendapatkan rangking yang baik di kata kunci tertentu.

Bedanya apa mas?

Kita tidak perlu tahu html, kita tidak perlu menanam backlink yang berkualitas, kita tidak perlu memikirkan DA dan PA seperti blog atau website. 

"Jadi, tidak seribet itu dalam mengoptimasinya dan bisa dilakukan di dalam marketplace nya.

Setiap saat algoritma shopee juga berubah-ubah, sehingga bisa saja produk yang sudah tampil di halaman pertama hilang karena dianggap tidak memenuhi peraturan kerena perubahan algoritma shopee tersebut.

Anda tidak perlu khawatir, karena yang akan saya bahas disini bukan cara curang. 

Sehingga ketika algoritma shopee berubah pun, tetap tidak akan berpengaruh pada hasilnya.

Saya tidak membahas tentang algoritma shopee, karena jujur saya pun tidak tahu algoritma shopee.

Hanya saja, saya tahu cara mendapatkan pengunjung ke toko kita tanpa mengunakan iklan shopee.

"Yaitu dengan melakukan optimasi seo shopee untuk toko kita agar bisa dengan mudah di temukan oleh para pengnjung yang sedang mencari produk tetentu.

#Apa yang mempengaruhi produk tampil di halaman depan?


belajar seo shopee


  1. Produk Terbaru: Apabila pengunjung mengklik kata kunci tertentu dan menggunakan filter shopee, yaitu dengan mengklik tombol terbaru. Maka, produk yang akan tampil produk-produk terbaru yang baru saja di upload. Dan bagi Anda yang produknya baru di upload. Bisa saja muncul paling atas di kata kunci terkait, namun itu tidak tahan lama.
  2. Terlaris: Di marketplace memang ada banyak kategori, yang mana ini berfungsi untuk memudahkan para pengunjung mancari produk yang tepat dan terpercaya. Jika, produk Anda baru di upload maka jelas belum ada pembeli, apabila pembeli mengklik terlaris, maka produk kita tentu tidak akan tampil.
  3. Berdasarkan Kota: Ini sama, untuk mempermudah pembeli dalam menemukan penjual di kota mereka, dan biasanya mereka akan mencari penjual yang ada di kota mereka sendiri, agar pesanannya cepat sampai dan juga bisa menghemat ongkir.
  4. Star Seller/ Shopee Mall : Ketika pembeli memfilter toko yang tampil hanya toko yang sudah mendapatkan star seller, jelas ini akan membuat toko Anda yang belum star seller tidak akan tampil. 
  5. Penilaian: Berdasarkan penilaian juga , ini digunakan para pembeli yang memang ingin mencari produk sesuai harapan. 
  6. Berdasarkan kategori: Bisa anda lihat gambar ss dari marketplace shopee yang saya upload diatas, bahwa ada banyak kategori ketika saya membuka kata kunci baju gamis. Ini juga bisa mempengaruhi hasil pencarian di shopee.
  7. Berdasarkan Harga: Ada harga tertinggi dan terendah di shopee, dan ini juga bisa di filter oleh pengunjung. Jika, pembeli hanya ingin menampilkan produk dengan harga terendah sesuai yng di tentukan, maka produk dengan harga yang lebih tinggi tidak akan tampil.
  8. Berdasarkan Gratis Ongkir: Ketika toko Anda tidak menawarkan dan mengikuti program gratis ongkir atau program cashback, maka sudah pasti toko Anda tidak akan muncul, kalau pembeli mengunakan filter shopee yang ini.
  9. Berdasarkan Pengiriman: Ini bertujuan untuk menampilkan pilihan pengiriman, jika pembeli ingin yang tampil hanya yang COD atau mengunakan pengiriman tertentu, maka jelas produk yang tidak menampilkan cod atau mislanya tidak mengunakan jasa pengiriman yang diinginkan pembeli, maka sama produk kita tidak akan muncul.
  10. Dan lainnya....

Terlihat ribet sekali yah kawan-kawan??"

Memang seperti itu sitem yang ada di kebanyakan marketplace, jadi kita harus bisa memenuhi permintaan para konsumen kita ketika ingin produk kita ingin di temukan oleh mereka.

Jadi, baiknya manfaatkan semua fitur-fitur shopee yang ada.

Akan saya bahas lebih mendalam, agar Anda bisa memahami dan bisa tahu cara menaikan produk di shopee atau paling tidak produk kita bisa di temukan pembeli dengan mudah, tanpa mengunakan iklan berbayar. 

Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk mengalakan pesaing kata kunci yang tinggi itu tidak mudah. 

Apalagi...

Toko kita masih baru dan belum memiliki banyak pembeli bahkan belum ada pembeli sama sekali.

....
Ini yang perlu Anda lakukan...!!!


Tips SEO Shopee Agar Produk Cepat Laku

Tips SEO Shopee Agar Produk Cepat Laku



#. Gunakan Judul Yang Menarik & Mengandung Kata Kunci.


Penting bagi Anda, untuk menggunakan judul yang menarik banyak orang untuk mengunjungi dan melihat produk Anda di toko online shopee.

Produk anda akan naik dalam urutan teratas seiring bertambahnya rating dan jumlah pembeli di toko Anda. Jadi, yang penting judul Anda harus mengandung kata kunci serta menarik.

Selain bisa meningkatkan hasil pencarian di shopee, judul yang seo friendly juga akan mampu bersaing di hasil penelusuran mesin pencari dan terindex oleh search engine.

" Ya, selain pengunjung dari shopee..

Anda berkesempatan untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, apabila informasi produk Anda muncul di halaman pertama google.

Shopee ini sangat seo friendly dengan mesin pencari, jadi bisa Anda manfaatkan juga untuk mendapatkan terget market yang tepat.

Apa yang menjadi acuan agar produk Anda di shopee terindek juga oleh mesih pencari termasuk google?

Simak berikut ini!

  • Judul mengandung kata kunci.
  • Masukan kata kunci di awal diskripsi produk Anda dan tambahkan keyword turunannya.
  • Diskripsi disarankan bukan hasil copy paste atau copy paste tanpa mengeditnya ini kurang efektif untuk indek.
  • Pastikan gambar produk yang Anda upload itu ori, maksudnya sesuai kata kunci dan juga bukan hasil ambil dari produk orang lain yang sama.

Beberapa hal tersebut perlu Anda perbaiki, jika memang belum Anda terpkan.

Produk anda bisa tampil NO.1 di GOOGLE dengan kata kunci yang Anda tergetkan, jadi ini akan meningkatkan jumlah kunjungan ke toko Anda di shopee.

Dengan meningkatnya jumlah kunjungan, sama artinya kesempatan untuk mendapatkan penjualan dari toko online Anda akan semakin besar.

Hal ini, selalu saya lakukan ketika ada produk baru yang akan saya tawarkan melalui marketplace shopee. 

Dan...selalu masuk halaman pertama google di kata kunci yang saya targetkan, walaupun pesaingnya sudah berat. Tapi, karena memang shopee sendiri di desain sesuai pedoman seo. Maka, shopee atau marketplace sangat efektif atau mampu bersaing di mesin pencari. 

Bisa Anda buka kata kunci yang berhubungan dengan produk tertentu yang ada di merketplace. 

Maka, di halaman pertama Anda akan melihat, bahwa sebagian besar marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan lainnya menuduki peringkat halaman depan.

Ini saya contohkan..

seo shopee


Nah, itu membuktikan kalau marketplace itu sangat seo friendly dengan mesin pencari.

Dan seperti yang Anda lihat, hampir halaman satu google dengan kata kunci jual baju gamis itu di kuasai oleh marketplace dan apabila yang terindek itu adalah produk dari toko online Anda. Saya berani jamin kalau toko Anda akan ramai dan penjualan akan meningkat.

Baiknya dimanfaatkan juga...

#. Pilih KeyWord Sedikit Pesaingnya.



..Anda bingung?

Biar saya jelaskan, lanjutkan membacanya saja...

Maksudnya, Anda upload produk di shopee dengan mengincar kata kunci tertentu terkait produk Anda yang minim pesaingnya.

Dengan begitu, maka produk Anda akan mampu bersaing di kata kunci tersebut bahkan bisa di urutan teratas.

Anda bisa manfaatkan fitur iklan shopee untuk riset kata kunci terkait produk Anda yang memiliki pesaing lebih rendah atau pencarian sedikit setiap bulannya.

Kok begitu mas?

Kalau sedikit pencariannya, maka produk kita akan sulit untuk terjual dong??"

Ini adalah strategi saya dalam mencari celah agar produk yang saya jual di shopee bisa di temukan oleh penguna shopee yang sedang mencari produk terkait dengan produk yang saya jual.

Anda tidak perlu pikirkan sedikit atau rendahnya pesaing, yang penting produk Anda laku kan??

Bisa di bayangkan, jika dalam 1 bulan ada 100 orang yang mengunakan kata kunci yang Anda trgetkan dan produk Anda paling atas, maka Anda akan punya kesempatan untuk mendapatkan pembeli.

Itu contoh di 1 produk, dan apabila dalam 1 produk Anda bisa mendapatkan 20 pengunjung per hari, maka apabila produk Anda ada 20 produk yang di tawarkan. Maka, perhari Anda akan mendapatkan kunjungan 400 orang tanpa iklan berbayar.

Dari kunjungan segitu, maka pastinya akan ada yang membeli produk Anda setiap harinya. Karena memang, kalau pengunjungnya benar-benar terterget. 

Pastinya, penjualanpun akan meningkat mesikpun pengunjung Anda sedikit sekalipun.

Ciri-ciri kata kunci pesaing rendah, bisa dilihat dari kategori dan juga produk yang tampil di kata kunci tersebut. 

Berikut saya kasih contoh:

cara riset kata kunci shopee

Bisa di lihat sendiri ss kategori di shopee yang saya upload tersebut, bahwa tingkat pesaingnya sangat rendah. Namun, ternyata kata kunci banyak yang mengunakannya. 

Kalau produk saya tampil di paling atas, maka saya akan kebanjiran order dong?

Jelas, karena itulah saya sarankan kepada Anda juga.

Lanjut yukk...

#. Upload Produk 1 Jenis Menjadi Beberapa.


Mungkin ini asing buat Anda bagi yang baru memulai jualan di shopee 2021 ini.

Kenapa saya sarankan untuk mengupload ulang produk yang sudah di upload, supaya kita bisa menarketkan banyak kata kunci terkait. Karena memang, kalau hanya 1 produk saja yang berjuang , saya rasa kurang maksimal hasilanya.

Jadi, saya menganjurkan Anda untuk menngupload lagi produk tertentu menjadi beberapa, entah 3 postingan atau 5 postingan.

Catatan:

  • Rubah diskripsi agar sedikit berbeda.
  • Rubah gambar utama jangan sama persis.
  • Rubah judul sesuai target dan jangan sama dengan kata kunci di produk sebelumnya.

"Ini berlaku kalau Anda menjual produk tertentu yang tidak ada produk lain yang bsia Anda jadikan bahan agar bisa menunjang produk lainnya.

Namun, apabila toko Anda adalah toko baju gamis contohnya. Maka, Anda cukup upload produk-produk baru sesuai target atau kata kunci dan juga sesuai jenis baju gamis yang Anda jual.

Contoh saya jual madu penyubur saja, maka untuk menargetkan banyak kata kunci saya sulit dan susah untuk bersaing di banyak kata kunci serupa, karena produk yang saya jual hanya sejenis saja. 

Tapi, dengan membuat postingan lebih banyak. Produk saya akan meudah di temukan oleh pembeli, terlebih lagi kalau sesuai cara belajar seo yang sudah saya sebutkan pada poin-poin sebelumnya.

Sayang kalau sampai terlewat membacannya..

Apakah ini tidak melanggar mas endi?

Saya rasa tidak, karena memang saya juga sering melakukan ini untuk mengoptimasi toko-toko saya di shopee dan tidak ada yang kena pinalti atau melanggar, yang penting kita tidak salah dalam menempatkan produk di kategori yang sudah shopee buat.

#. Diskripsi Mengandung Kata kunci.


Ini sudah saya jelaskan pada poin pertama..

Apakah Anda sudah menyimak atau melewatkannya?

Penting bagi kita, membuat diskripsi yang menarik dan juga seo friendly.

Selain memiliki daya jual atau konvrensi yang tinggi, ini juga bisa membantu mesin pencari google menemukan produk kita juga.

....Sehinga, produk kita di shopee akan mendapatkan pengunjung dari search engine juga.

Pada artikel sebelumnya saya sudah menulis cara membuat iklan yang menarik, itu juga berlaku untuk membuat diskripsi di shopee, silahkan buka dan baca saja.

Memahami algoritma shopee bekerja, maka kita akan mengetahui dan punya strategi khusus dalam mengoptimalkan produk kita di shopee agar cepat laku.

Dari pembahasan ini, Anda bisa menyimpulkan apa?

Atau merasa, ahhh ini sudah basi atau tidak efektif?

Baiknya, Anda praktekan dan terapkan dengan baik dan benar sesuai panduan seo shopee di sini, maka Anda akan tahu sendiri apakah ini bisa meningkatkan penjualan Anda di shopee tanpa iklan atau justru kurang bagus untuk penjualan Anda.

Karena memang, sebelum saya buat ini saya sudah membuktikan dan menerapkannya sendiri dan hasilnya sangat baik.

Jadi, bukan sekedar teori saja..

Membuat artikel ini tanpa pengalaman, saya akan sulit menulisnya. Karena yang jelas, saya akan merasa kebingungan ingin mulai darimana dan menulis Apa.

Silakan di praktekan dan selebinya, pelayanan Anda yang menentukan terjadinya penjualan atau tidak.

Karena sehebat apapun Anda dalam memasarkan produk, tapi kalau cs Anda kurang baigus atau tidak menguasai teknik closing, maka ini akan sulit terjadi penjualan. 

"Tapi, untungnya...

Kalau di shopee tidak seperti di wa, jadi walaupun CS nya tidak jago closing, tetap penjualan akan meningkat kalau Anda bisa mendatangkan pengunjung tertarget sesuai market dari produk Anda tersebut.

Pennting: Satu lagi saran saya, jangan hanya mengandalkan trafik dari shopee saja,tapi manfaatkan media lain untuk mendatangkan pengunjung ke toko online Anda di shopee. 

Sehingga ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan Anda di shopee.

Salam Hangat,
~Endi Alimsyah~