Contoh Strategi Promosi Produk Paling Efektif Dan Efisien

Strategi promosi sangat penting peranannya dalam upaya meningkatkan penjualan suatu bisnis yang besar maupaun usaha kecil. Karena tanpa strategi promosi yang tepat. Maka tentu tidak dapat menjangkau target market dengan tepat pula dan sulit untuk meningkatkan penjualan.

Apalagi jika bisnis sahabat terbilang masih baru, sangat penting bagi sahahat untuk menyusun strategi promosi produk dengan tepat dan efisien secara berkesinambungan.

Namun bagaimana strategi promosi yang efektif tersebut?

Tenang aja, pada kesempatan kali ini , saya sudah menyiapkan contoh contoh strategi promosi produk yang efektif buat segala jenis usaha, agar bisa meningkatkan omzet penjualan setiap bulannya.

Contoh Strategi Promosi Paling Efektif 

Strategi Promosi

1. Membangun Brand

Berbicara tentang strategi promosi, maka hal pertama yang harus dilakukan pebisnis adalah membangun sebuah brand untuk bisnis mereka. Karena tanpa adanya brand, maka nantinya proses promosi yang sahabat lakukan akan sedikit sulit dan cepat di lupakan oleh konsumen.

Untuk itu, membangun brand ini adalah hal utama yang harus sahabat lakukan sebelum melakukan hal lainnya. Dimulai dari membuat logo, visi dan misi bisnis, serta ingin di kenal sebagai apa bisnis yang sahabat buat.

Dalam pembuatan logopun tidak bisa dibuat sembarangan dan harus menggunakan jasa profesional. Agar hasil karyanya serta logo yang dibuat merupakan karya yang original. Agar tidak ada masalah dikemudian hari seperti pernah beberapa kasus brand yang sudah tekenal terkena kaus plaqiat..

2. Endorse Produk Kepada Selebgram

Dari pada sahabat melakukan posting sana sani di medsos, namun hasilnya masih belum keliatan. Akan jauh lebih efektif jika sahabat melakukan promosi dengan cara endorse produk ke selebgram.

Cara ini sangat efektif, karena umumnya para selebgram memililh pengikut yang loyal, yang sangat percaya dan mengikuti setiap gaya dan apa yang di pakai oleh si selebgram itu sendiri.

Namun tentu sahabat harus bisa memilih dan menyesuaikan promosi produk sahabat dengan niche si selebgram tersebut haruslah sesuai, karena kalau tidak sesuai tentulah akan kurang efektif.

3.. Endorse Produk Ke Youtuber

Seperti instagram, youtube juga merupakan salah satu platforn yang sangat efektif untuk melakukan promosi apapun jenis produknya.

Namun agar lebih efektif dan waktu yang lebih efisien, sahabat bisa promosi dengan cara endorse atupun membuat konten bersama youtuber youtuber yang sudah memiliki cukup banyak follower.

Cara ini sangat efektif untuk memperkenalkan produk sahabat kepada para follower mereka yang biasanya selalu mengikuti setiap kegiatan sang youtuber.

4. Memberikan Gift Away


Memberikan gift away adalah salah satu cara yang banyak dilakukan pebisnis untuk menggaet konsumen agar tertarik untuk membeli produk mereka.

Cara ini terbilang cukup efektif, karena memang banyak orang yang suka mendapatkan hadiah kalau mereka membeli sesuatu, walaupun mungkin nilainya gak seberapa.

5. Strategi Promosi Kupon Berhadiah


Dengan strategi promosi kupon berhadiah, maka akan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk karena ingin mendapatkan kupon undian berhadiah tersebut.

Apalagi, jika hadiah yang diundikan nilainya cukup besar, seperti mobil, sepeda motor dll. Tentu akan semakin merangsang konsumen untuk segera membeli.

Cara semacam ini sangat banyak dilakukan oleh perusahaan besar didalam strategi promosi yang mereka lakukan.

6. Strategi Promosi Buy One Get One


Saya yakin, sahabat pasti sering melihat baik itu di mall, mini market atau bahkan di warung, penawaran dari suatu produk yang jika membelinya akan mendapatkan 1 barang gratis. Istilah kerennya adalah "Buy one get One". 

Tidak harus memberi hadiah dengan barang yang sama, bisa juga dengan memberi barang lain yang banyak dibutuhkan konsumen.

7. Membuat Website Compony Profile

Di zaman sekarang. Website bukan hanya sebagai sarana promosi, melainkan juga sebagai sarana untuk menunjukan profesionalitas dan citra perusahaan bisa dilihat dari website yang mereka miliki.

Karena umumnya, perusahaan yang berkualitas pasti memiliki website yang baik dan menggambarkan segala hal tentang perusahaan tersebut di website tersebut.

Untuk itu, sangat penting bagi sahabat untuk membangun website sebagai salah satu sarana promosi yang efektif dalam jangka panjang.

8. Mengikuti Bazar Di Setiap Daerah

Hampir di setiap daerah di indonesia selalau mengadakan bazar yang di adakan oleh pemerintah daerah untuk mendukung dan sebagai saran promosi produ produk umkm yang ada di daerah mereka.

Nah hal semacam ini tentu jangan sampai sahabat lewatkan untuk mejadi salah satu cara promosi produk sahabat. Karena sangat efektif dan langsung bisa di pekenalkan kepada masayarakat yang datang untuk menyaksikan bazar tersebut.

Dan biasanya bazar yang di adakan oleh pemerintah daerah ini selalu ramai. Jadi gak perlu khwatir tidak ada yang menyaksikan produk yang sahabat tawarkan.

Demikianlah contoh strategi promosi produk paling efektif yang bisa sahabat coba. semoga bermanfaat.