Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Leadership Gaya Kepemimpinan Demokratis Efektif untuk Perusahaan

Leadership Gaya Kepemimpinan Demokratis Efektif untuk Perusahaan

Kemampuan Leadership adalah
salah satu kriteria wajib yang harus dimiliki seorang manajer atau pimpinan perusahaan dalam menuntun orang-orang dibawah tanggung jawabnya. Leadership style atau gaya kepemimpinan ada cukup banyak tipenya. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah gaya kepemimpinan Demokratis.

Gaya kepemimpinan Demokratis merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang efektif diterapkan dalam perusahaan atau organisasi. Gaya kepemimpinan ini hampir sama dengan paham politik demokrasi. Dalam pengambilan keputusan semua elemen mempunyai andil yang setara, artinya tidak ada salah satu pihak yang mendominasi.

Apa itu Gaya Kepemimpinan Demokratis?

Gaya kepemimpinan Demokratis adalah cara seorang pimpinan dalam memimpin suatu perusahaan dimana dalam setiap pengambilan keputusan lebih melibatkan kontribusi dari karyawannya. Pimpinan yang menerapkan gaya kepemimpinan ini memberikan kesempatan yang sama besar bagi semua anggota timnya untuk aktif berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

Pimpinan yang menerapkan gaya ini menganggap suara dari setiap anggotanya diperlakukan sama pentingnya. Berbeda dengan gaya kepemimpinan Otokratis yang melakukan pengambilan keputusan hanya berdasarkan penilaian pimpinan dan tidak menerima masukan dari bawahannya. Simak juga bahasan sebelumnya  Leadership gaya kepemimpinan Otokratis efektif untuk perusahaan.

Meskipun semua anggota tim mempunyai hak untuk memberi masukan, saran, dll akan tetapi semua keputusan final tetap berada pada pimpinan. Pimpinan membuka kesempatan sama besar pada anggota perusahaan untuk berpartisipasi aktif memberikan masukan dalam pengambilan keputusan.

Ciri-ciri Gaya Kepemimpinan Demokratis

Dalam Gaya kepemimpinan Demokratis mempunyai beberapa karakteristik atau ciri-ciri yaitu sebagai berikut

1. Pimpinan menginginkan bawahanya selalu melaporkan progres tugas yang dikerjakan

Pimpinan lebih sering berinteraksi denga karyawan atau bawahannya karena lebih sering mencari informasi progres tugas karyawannya. 

2. Pimpinan mengharapkan karyawannya lebih percaya diri 

Dalam hal ini pimpinan dengan Leadership style demokratis menginginkan karyawannya lebih percaya diri dan aktif dalam memberikan masukan. Dengan begitu bawahan atau karyawannya aktif ikut andil dalam pengambilan keputusan. 

Selain aktif ikut dalam pengambilan keputusan, karyawan juga akan menjadi lebih berpengalaman, lebih berkembang dan kreatif.

3. Pimpinan juga mengharap karyawannya bersikap demokratis

Dalam gaya kepemimpinan demokratis karyawan juga diharapkan dapat bersikap demokratis, yaitu misalnya dalam mengambil keputusan juga melibatkan orang lain. Anggota tim didorang untuk saling berbagi gagasan dan pendapat.

4. Karyawan lebih peduli dengan tujuan bersama

Karena sering dilibatkan dalam pengambilan keputusan akibatnya karyawan atau seluruh anggota tim biasanya merasa lebih peduli dengan tujuan atau hasil akhir. Dengan saling terbuka dan saling berbagi gagasan biasanya tim lebih saling menghargai satu sama lain.

Dalam menerapkan gaya kepemimpinan Demokratis seorang pimpinan haruslah mempunyai sifat-sifat dan karakter unggul. Beberapa sifat atau karakter yang harus dimiliki pimpinan dengan gaya Demokratis diantaranya yaitu komunikatif, keberanian, kecerdasan, kreativitas, kejujuran, dan rasa keadilan yang tinggi.

Kelebihan Gaya Kepemimpinan Demokratis

Setelah menyimak beberapa pemaparan tentang Leadership gaya kepemimpinan Demokratis tentu kita sedikit banyak tau apa saja kelebihan dari sistem kepemimpinan Demokratis. Seperti halnya negara kita saja menganut sistem demokratis tentu kita sudah bisa merasakan sendiri seperti apa gaya kepemimpinan demokratis.

Gaya kepemimpinan demokratis adalah salah satu gaya kepemimimpinan yang sangat efektif. Berikut ini kelebihan Gaya Kepemimpinan Demokratis ;

- Dalam gaya kepemimpinan demokratis biasanya karyawan akan lebih aktif dan produktif karena mereka sering ikut andil dalam pengambilan keputusan.

- Setiap anggota mempunyai kontribusi yang lebih baik

- Semangat, moral, dan rasa percaya diri dari setiap anggota lebih baik

- Setiap anggota menjadi lebih kreatif dan bisa berkembang

- Suara atau gagasan setiap anggota perusahaan dihargai dalam gaya kepemimpinan ini.

Kekurangan Gaya Kepemimpinan Demokratis

Selain mempunyai cukup banyak kelebihan ternyata dalam gaya kepemimpinan demokratis juga mempunyai beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari gaya kepemimpinan demokratis,

- Jika komunikasi setiap anggota kurang baik, jalannya diskusi bisa berubah menjadi suram hal ini dapat merugikan jalannya pengambilan keputusan.

- Pimpinan harus lebih aktif dan bisa menengahi setiap saran ataupun masukan dari anggota. Hal ini cukup merepotkan juga karena pimpinan harus bisa memastikan bahwa setiap anggota bisa merasakan kalau masukannya didengarkan.

- Apabila anggota ataupun pimpinan tidak memiliki kemampuan penyelesaian masalah atau problem solving yang baik, jalannya diskusi juga bisa kacau atau tidak menemukan titik terang.

- Tidak mudah menyatukan banyak pemikiran, maksutnya setiap orang punya pemikiran dan karakter yang berbeda-beda. Tidak mudah untuk bisa menyatukan banyak pemikiran menjadi satu keputusan yang memuaskan semua anggota.

- Pengambilan keputusan mungkin akan berlangsung lama apalagi jika saat diskusi sering terjadi debat kusir. Bukannya menemukan solusi bisa jadi malah memperumit keadaan.

- Dalam beberapa masalah mungkin saja anggota perusahaan tidak memiliki kemampuan atau pengetahuan dalah hal tersebut sehingga tidak memiliki masukan yang berkualitas.

Bidang perusahaan yang cocok untuk gaya kepemimpinan demokratis

Bidang perusahaan yang Cocok menggunakan gaya kepemimpinan Demokratis

Tidak semua perusahaan akan cocok jiga menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, seperti misalnya perusahaan yang membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat, seudah pasti tidak cocok jika menggunakan gaya kepemimpinan demokratis.

Namun cukup banyak juga jenis perusahaan atau organisasi yang cocok dengan gaya kepemimpinan ini. Berikut beberapa contoh perusahaan yang sangat cocok yaitu

- Perusahaan jasa bidang service, Industri usaha bidang jasa service akan lebih bagus jika diantara anggota timnya saling memberikan ide-ide, gagasan, ataupun masukan sehingga membuat mereka semakin kreatif dan berkembang.

- Usaha bidang jasa konsultasi, Sama dengan industri jasa service, dalam bidang jasa konsultasi juga dibutuhkan saling memberi masukan dan gagasan sehingga dapat menambah pengetahuan setiap anggotanya.

- Usaha bidang konten kreatif, bidang usaha ini sudah pasti jelas semua ide2 kreatidf setiap anggota sangat diperlukan. Misal dalam bidang usaha iklan, desain, film, produk dan lain-lain. 

Dengan anggota tim yang kreatif,  profesional dan berpengalaman gaya kepemimpinan demokratis ini akan sangat efektif. Karena Leadership style jenis ini memanfaatkan kreatifitas, bakat, keterampilan, dari setiap anggotanya.