Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Pemasaran Sukses Bisnis Skincare Online

Tips Pemasaran Sukses Bisnis Skincare Online

Tips Pemasaran Sukses Bisnis Skincare Online
, Produk kecantikan sejak dulu memang tidak pernah habis peminatnya. Apalagi dengan adanya kemudahan yaitu jual beli online yang semakin mempermudah pemasaran produk kecantikan. Akan tetapi kita juga harus tahu kalau produk skincare adalah pasar yang luas tapi juga penuh sesak dengan kompetitor. Jadi kamu harus memilih jalan yang tepat agar memiliki peluang yang besar untuk sukses bisnis skincare.

Cara memulai bisnis skincare online yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mencari referensi atau informasi sebanyak mungkin tentang bisnis skincare. Apalagi jika kamu masih belum familiar tentang dunia skincare, ini penting dilakukan agar kita lebih kenal dan paham dengan produk-produk yang akan kita jual.

Langkah-Langkah Sukses Memulai Bisnis Skincare

1. Cari Referensi Sebanyak Mungkin

Tidak perlu terburu-buru mengambil keputusan karena dalam bisnis yang penuh kompetitor kita membutuhkan banyak energi agar tetap antusias dan semangat menjalankan bisnis. Perbanyak referensi bisa melalui bertanya langsung dengan yang sudah sukses di bisnis skincare atau bisa dari internet. 

Carilah referensi sebanyak mungkin dan lakukan riset tentang produk skincare yang bagus dan banyak peminatnya. Kita harus memanfaatkan semua sumber daya yang kita miliki, hampir semua informasi sudah ada di internet kita tinggal mencari kata kuncinya saja. Untuk mengetahui produk yang bagus coba baca juga artikel kami sebelumnya 5 Ciri-ciri Produk yang Paling Laris dan Bagus Dipasarkan Secara Online maupun Offline.

2. Lakukan Analisa SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats)

Lakukanlah analisa bisnis maupun produk yang ingin kita jual. Kita harus menuliskannya di kertas agar lebih mudah memahami.

Strenght, Tuliskan semua yang menjadi kekuatan atau kelebihan dari bisnis dan produk yang kita jual (Semua dari faktor internal bisnis maupun produk). Bisa mulai dari apa saja sumberdaya yang kita punya, atau mungkin kita sudah pernah menggunakan produk yang mau dijual dan hasilnya sangat memuaskan. Dari yang sebelumnya wajah kita pas-pasan kini tambah cantik 50% atau sebagainya.

Weakness, Tuliskan kelemahan atau kekurangan dari bisnis dan produk yang mau dijual (semua faktor internal bisnis maupun produk). Misalnya kelemahan kita masih belum begitu bisa melakukan pemasaran online, belum bisa cara pemasaran melalui media sosial, dll. Hal ini akan sangat berguna agar kita bisa melakukan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan kita pada bidang yang menjadi kelemahan. Untuk pemasaran online maupun offline baca juga postingan kami sebelumnya ada banyak sekali salah satunya tentang 4 Langkah Cara Jualan Online di Shopee 2022.  

Opportunities, Tuliskan semua peluang apa saja yang ada dalam bisnis atau produk yang mau kita jual (Semua faktor eksternal). Misalnya kita mempunyai banyak teman yang suka menggunakan produk skincare, kita bisa mendapatkan produk skincare dengan harga yang lebih murah, dll.

Threats, Tuliskan semua yang menjadi ancaman dari bisnis maupun produk kita (semua faktor eksternal). Misalkan saja persaingan dari produk yang kita jual sangat padat.  Analisa SWOT ini sudah pernah kita kupas tuntas pada postingan yang sebelumnya yaitu Analisa SWOT Wajib Dilakukan Pengusaha.

3. Pahami target market Bisnis atau Produk kita

Bisnis yang sukses biasanya adalah yang berhasil menemukan target market sejak awal. Tentu saja ini juga berlaku pada bisnis skincare, yang notabene mempunyai target market yang luas. Tidak hanya wanita karir saja yang menggunakan produk skincare, tetapi anak muda, ibu rumah tangga, sosialita, bahkan ada juga laki-laki yang menggunakannnya.

Kita harus memahami betul target market mana yang akan kita incar, dan pahami kebutuhan produk skincare apa yang mereka butuhkan. Ini bisa kita pertimbangkan dengan melihat aspek umur, jenis kulit, karakter, dsb.

4. Ikuti Trend pasar

Kita juga harus memperhatikan trend pasar produk apa saja yang sedang banyak diminati pada saat itu. Misalkan saja pada tahun ini produk yang sedang diminati adalah produk toner dan serum. Kita bisa memanfaatkan moment tersebtu dengan gencar melakukan promosi tentang produk tersebut.

5. Lihatlah kebiasaan calon pelanggan

Yang nomer 5 adalah dengan melihat atau memperhatikan kebiasaan dari pelanggan kita. Masing-masing orang mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda dalam membeli skincare. Misalnya saja ada orang yang jika membeli salah satu produk pasti juga membeli produk lainnay juga.

6. Produk Skincare Unggulan

Pilihlah produk skincare unggulan yang sudah terbukti aman dan banyak digemari para pembeli. Dengan begitu kita akan lebih mudah memasarkan produk tersebut karena sudah banyak yang tahu. Selain unggulan dan laris manis perhatikan juga apakah sudah terdaftar dalam BPOM (Badan Pemeriksan Obat dan Makanan)

Jangan menjual produk skincara yang tidak terdaftar dalam BPOM.

6. Lakukan pemasaran secara Online

Cara melakukan pemasaran secara online ini kita bisa melalui berbagai cara seperti menggunakan media sosial. Kita bisa membuat akun media sosial dari facebook dan instagram misalnya. Pemasaran selanjutnya bisa melalui marketplace seperti shopee, tokopedia, dll. Manfaatkan juga WA kita.

7. Lakukan secara bertahap dan konsisten 

Dengan melakukan secara happy dan bertahap dapat menambah semangat kita dalam berjualan. 

8. Buatlah paket produk 

Biasanya dalam pemasaran produk skincare sudah mempunyai pilihan paket yang ditawarkan sehingga ini bisa kita gunakan untuk pemasaran produk kita. Jika belum ada pilihan paket kita bisa coba buatkan paket skincare dengan berdarakan analisa produk kita dan target market kita.

Demikian itulah tadi Tips Pemasaran Sukses Bisnis Skincare Online. Selain itu kita juga bisa membuat Rencana Usaha yang sesuai sehingga akan memudahkan kita dalam mengembangkan bisnis kita. Simak postingan kami sebelumnya pembahasan tentang Business Plan atau rencana bisnis. kamu juga bisa menyimak postingan-postingan tentang pemasaran online lainnya pada blog ini. semoga bermanfaat..